Pemandian Air Panas Toya Bungkah – Keindahan Alam dan Khasiat Kesehatan Menyatu di Kintamani

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

by Tatyana De Keyser

menjadi pilihan wisata yang ramai dikunjungi di kawasan Kintamani. Apalagi, air panas yang ada di tempat ini dikenal bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Sebagai bonusnya, Anda juga bisa melakukan aktivitas berendam air panas sembari menyaksikan pemandangan alam Kintamani yang menakjubkan.

Di sini, Anda akan menemukan kolam air panas alami yang ditempatkan dalam sebuah kolam. Lokasi Pemandian air panas Toya Bungkah itu pun tidak jauh dari Danau Batur. Dengan begitu, Anda bisa menyaksikan keindahan alam Danau Batur secara langsung. Suasananya pun bakal semakin menarik kalau Anda memilih untuk berendam di sore hari, saat matahari mulai terbenam.

Pemandian Air Panas Toya Bungkah 4 Pemandian Air Panas Toya Bungkah   Keindahan Alam dan Khasiat Kesehatan Menyatu di Kintamani

by Jetrani Reza Dias

baca juga: Danau Batur Kintamani Bikin Kamu Semakin Betah di Bali

Pemandangan indah yang bisa diaksikan di sekitar pemandian air panas Toya Bungkah bukan hanya Danau Batur. Anda juga bisa menengok area perbukitan hijau yang menjadi lokasi dari Desa Trunyan. Desa yang satu ini memang sudah lama dikenal sebagai desa wisata. Terutama karena adat istiadat penguburan mayat yang berbeda.

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda pun akan bisa menemukan keberadaan dua jenis kolam pemandian air panas. Jenis kolam air panas yang pertama merupakan kolam yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar. Sementara itu, ada pula pemandian air panas Toya Bungkah yang secara khusus dibangun untuk para wisatawan. Termasuk dibangun dinding penyekat di sekelilingnya.

Pemandian Air Panas Toya Bungkah 3 1024x767 Pemandian Air Panas Toya Bungkah   Keindahan Alam dan Khasiat Kesehatan Menyatu di Kintamani

by Krisbiianto Andy HA

baca juga: Desa Pinggan Kintamani, Wisata Alami Penuh Kesejukan di Dataran Tinggi Bali

Air panas yang ada di Toya Bungkah ini merupakan kejadian yang tercipta secara alami. Toya Bungkah diambil dari dua kata, yakni toya dan bungkah. Dalam bahasa Bali, toya memiliki arti air, sementara bungkah berarti batu. Secara harfiah, toya bungkah memiliki arti air yang keluar dari celah-celah batu. Dan, hal ini pun memang sesuai dengan kondisi pemandian air panas Toya Bungkah yang terletak di kaki Gunung Batur.

Pemandian Air Panas Toya Bungkah 2 1024x1024 Pemandian Air Panas Toya Bungkah   Keindahan Alam dan Khasiat Kesehatan Menyatu di Kintamani

by Tatyana De Keyser

Saat berendam di tempat ini, Anda juga akan bisa merasakan suasana yang relaks. Suhu air panas di sini tidak terlalu tinggi, berkisar di antara 38 hingga 39 derajat Celcius. Untuk membuat suasana semakin santai, tersedia pula beberapa tempat duduk yang ada di tepi kolam. Kalau mau, Anda juga bisa memesan makanan loh di tempat ini. Selain itu, tersedia pula tempat peristirahatan kalau Anda ingin menggunakannya.

baca juga: Pendakian Gunung Batur: Pilihan Wisata Kintamani Bagi Para Pendaki

Pemandian Air Panas Toya Bungkah 1 1024x768 Pemandian Air Panas Toya Bungkah   Keindahan Alam dan Khasiat Kesehatan Menyatu di Kintamani

by ⚜️Jaz⚜️

Lokasi dan Tiket Masuk Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Pemandian air panas ini berlokasi di Desa Pekraman Batur. Untuk menjangkaunya pun tidak terlalu sulit. Anda bisa melakukan perjalanan dari Kota Denpasar menuju ke Kintamani di Bangli. Setelah sampai di kawasan Penelokan, Anda tinggal mencari jalur menuju Danau Batur. Di sini, Anda pun sudah sangat dekat dengan lokasi Toya Bungkah.

Pemandian Air Panas Toya Bungkah memang sudah menjadi area wisata. Tidak heran kalau para pengunjung pun akan dikenakan biaya masuk. Untuk wisatawan lokal, dikenakan biaya sebesar Rp50 ribu per orang. Sementara itu, wisatawan asing dipatok dengan tarif US$10 per orang. Tarif tersebut pun sudah termasuk beberapa fasilitas seperti jus selamat datang, sampo, sabun, serta handuk.

Selain melakukan aktivitas berendam, Anda juga bisa menemukan beragam kegiatan wisata ketika berkunjung ke Toya Bungkah. Termasuk di antaranya adalah pendakian Gunung Batur, berkunjung ke Desa Trunyan, dan lain-lain. Seru deh!