Pantai Padang Bai

Deretan kapal ferry dan speed boat yang ada di Pantai Padang Bai via Backpacklocals

Nama di Bali dikenal sebagai sarana penyeberangan utama menuju ke Pulau Lombok, Nusa Penida, ataupun Kepulauan Gili dan pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara Barat. Namun siapa sangka, pantai di juga tidak kalah indahnya lho dibandingkan dengan deretan pantai lain yang ada di Pulau Dewata Bali?

Pantai Padang Bai yang dimiliki kota pelabuhan ini ternyata menyimpan kecantikan yang luar biasa disamping hiruk pikuk kegiatan kapal di pelabuhan. Pantai Padang Bai, terkenal akan keindahannya karena pasir putihnya yang terhampar luas dan lautnya yang biru dan jernih.

Pantai Padang Bai 1 1024x768 » Pesona Indahnya Pantai Padang Bai

Deretan kapal ferry dan speed boat yang ada di Pantai Padang Bai via Backpacklocals

baca juga: Tukad Unda Bali, Bendungan Cantik untuk Lokasi Prewedding yang Keren

Pantai pelabuhan Padang Bai dari Kota Denpasar berjarak sekitar 53 km ke arah timur, melintasi By Pass Ida Bagus Mantra atau sekitar 30 km dari Kota Amlapura. Pelabuhan Padang Bai ini sangat terkenal di kalangan wisatawan asing, karena digunakan untuk pelabuhan fast boat ke Gili Trawangan.

Nama Padang Bai sebenarnya diberikan oleh Belanda. Dulu desa ini bernama desa Padang. Karena terletak di sebuah teluk yang dangkal dengan perairan yang tenang, Belanda dalam usahanya menjadikan Bali sebagai wilayah jajahan mulai membangun tangsi sekaligus pelabuhan di sana.

Pantai Padang Bai 2 » Pesona Indahnya Pantai Padang Bai

Kafe-kafe pinggir pantai yang ada di kawasan Pantai Padang Bai via Trinity Travel Boston

baca juga: Pantai Bingin, Kesunyiannya Tak Mampu Sembunyikan Keindahannya

Oleh Belanda, teluk Padang disebut dengan Padang Baai. Baai dalam bahasa Belanda artinya Teluk. Setelah Indonesia merdeka, nama desa Padang diubah menjadi Teluk Padang. Namun, para wisatawan dan penulis-penulis buku traveling asing, menyebutnya Padang Bay, yang dalam terjemahannya berarti Teluk Padang. Oleh karenanya sampai sekarang nama Padang Bai yang digunakan.

Pantai Padang Bai memiliki bebatuan karang yang indah dan cantik. Lokasinya yang terlindung di teluk menjadikan arus airnya tenang dan tidak begitu dalam. Bagi pecinta diving, menyelam di area Pantai Padang Bai akan terasa berbeda karena temperatur airnya lebih dingin dan jarak pandang di dalam air rendah. Salah satu spot terbaik untuk menyelam berada tidak terlalu jauh dari pantai dan dapat dijangkau menggunakan perahu nelayan (jukung). Ada pula deretan cafe yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi nongkrong asyik di Pulau Bali.

baca juga: Surganya Surfing di Pantai Balian Bali

Pantai Padang Bai 3 » Pesona Indahnya Pantai Padang Bai

Pantai Blue Lagoon di Padang Bai via Trinity Travel Boston

Terdapat dua pantai yang termasuk dalam kawasan Pantai Padang Bai. Di sebelah timur ada Pantai Blue Lagoon dan di sebelah barat dari pantai adalah pantai Bias Tugel. Pantai Blue Lagoon memiliki pasir yang bertekstur lebih besar seperti merica. Sedangkan Pantai Bias Tugel pasir putihnya bertekstur lebih lembut dengan airnya yang sangat biru.

Lokasi Pantai Padang Bai

Pantai Padang Bai terletak di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, di sisi timur Pulau Bali.

Cara Menuju Pantai Padang Bai

Cara terbaik menuju ke pantai Padang Bai adalah dengan menyewa mobil di Bali. Ini dikarenakan Anda tidak perlu repot mencari peta penunjuk arah dan lebih aman serta nyaman karena driver dapat menunggu Anda di lokasi. Selain itu, ada pula transportasi umum di Terminal Ubung yang melayani perjalanan dari Denpasar menuju ke Pelabuhan Padang Bai.