Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Pohon Bunut Bolong

Instagram photo by agus suadarmanto

Beragam tempat misterius yang menyimpan sisi mistis di Bali. Dari sekian banyak, menjadi satu di antaranya. Pohon ini merupakan salah satu pohon kramat yang memiliki bentuk unik. Berupa sebuah pohon raksasa yang memiliki lubang di bagian tengahnya.

Keunikan Pohon Bunut Bolong ini memang terletak pada bagian lubang tersebut. Lubang pada pohon ini memiliki ukuran yang cukup besar. Pemilik kendaraan roda empat bisa lewat lubang tersebut dengan mulus. Bahkan, pengendara truk biasa melintasi tempat ini dengan lancar dan tanpa hambatan.

Pohon Bunut Bolong 1 Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Instagram photo by RH87

Jalan tempat lokasi Pohon Bunut Bolong memang kerap menjadi perlintasan masyarakat Bali. Terlebih, jalanan ini merupakan jalan alternatif yang menghubungkan antara Jembrana dan Buleleng dengan Buleleng. Selain itu, karena keunikannya, Pemerintah Kabupaten Jembrana juga memasukkan tempat ini dalam katalog tempat wisata di wilayahnya.

baca juga: Asyiknya Liburan di Hamparan Pasir Hitam Pantai Delod Berawah Jembrana

Pohon berlubang raksasa ini terbentuk secara alami lo. Lubang berukuran relatif besar yang ada pada pohon ini terbentuk karena akar-akar yang tubuh seiring dengan usia pohon tersebut. Hingga akhirnya, pemerintah setempat membangun jalan raya yang melintasi tepat bagian tengah akar.

Pohon Bunut Bolong 2 Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Instagram photo by Bari Panduwisata

Keunikan Pohon Bunut Bolong ini sanggup menarik perhatian para wisatawan. Terlebih, keunikannya menjadikan pohon tua raksasa ini jadi objek foto yang menarik. Bagi masyarakat Bali, pohon ini juga menyimpan sisi mistis. Terbukti dengan keberadaan tempat persembahyangan yang berada di samping pohon tua ini.

baca juga: Pantai Perancak Jembrana, Pantai Indah di Bali Barat

Pohon Bunut Bolong 3 Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Instagram photo by agus suadarmanto

Kesan mistis akan semakin terasa pada saat melintasi pohon ini. Terlebih, tidak jarang suasana di sini diselimuti dengan kaabut yang cukup tebal. Bahkan, ada pantangan tersendiri yang harus ditaati oleh para pengunjung. Kalau pantangan tersebut dilanggar, maka akan ada konsekuensi yang harus ditanggung oleh masing-masing pelanggarnya.

Para pengunjung yang tertarik menyaksikan keunikan Pohon Bunut Bolong tidak perlu membayar biaya masuk sepeserpun. Anda bisa datang langsung, karena lokasinya memang berada di tengah jalan. Jangan khawatir mengenai fasilitas pendukung. Di sekitar tempat ini, ada juga beberapa warung yang menjanjakan berbagai jenis makanan dan minuman.

Pohon Bunut Bolong 4 Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Instagram photo by Ria

baca juga: Surfing Seru-Seruan di Pantai Medewi Jembrana, Yuk!

Mitos Pohon Bunut Bolong

Mitos yang berkembang terkait Pohon Bunut Bolong memang tersebar luas di kalangan masyarakat Bali. Konon, mereka yang baru saja menjadi pengantin, tidak diperbolehkan melalui lubang pada pohon raksasa ini. Namun, aturan tersebut tidak berlaku untuk mereka yang masih pacaran. Selain itu, pohon ini juga tidak boleh dilalui oleh kendaraan yang membawa mayat.

Lalu, bagaimana kalau ada rombongan pengantin atau ambulan yang tengah membawa jenazah ingin melintasi jalan ini? Tenang saja. Masyarakat setempat menyadari betul pentingnya jalan tempat berdirinya Pohon Bunut Bolong ini. Masyarakat membangunkan jalan yang ada di samping pohon. Dan, mereka yang dipantangkan melintasi lubang pohon, bisa melalui jalur tersebut.

Lokasi Pohon Bunut Bolong

Pohon Bunut Bolong ini merupakan sebuah pohon yang berlokasi di tengah jalan. Setiap harinya, masyarakat Bali berlalu lalang melintasi lubang yang ada pada pohon ini. Lokasinya berada di Desa Manggisari di Kecamatan Pekutatan, Jembrana. Anda bisa menjangkau tempat ini dari Kota Denpasar dengan berkendara selama kurang lebih 2 jam perjalanan.