Pulau Menjangan Bali, Pulau dengan Keindahan Bawah Laut Mengagumkan

pulau Menjangan Bali

Instagram photo by @menjangan_trip

adalah sebuah pulau kecil yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Keindahan alam bawah laut Pulau Menjangan sangat digemari oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tidak heran kalau wisatawan pun tak pernah bosan saat berkunjung ke sini.

Pecinta diving dan snorkeling pasti merasa puas tatkala dapat melihat keindahan lukisan alam bawah laut Pulau Menjangan. Tak dimungkiri, keelokan terumbu karang beserta ekosistem bawah laut kawasan Pulau Menjangan selalu menghipnotis wisatawan untuk selalu datang berkunjung.

pulau Menjangan Bali 1 1024x633 Pulau Menjangan Bali, Pulau dengan Keindahan Bawah Laut Mengagumkan

Instagram photo by @menjangan_trip

baca juga: Wisata Alam Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali yang Menakjubkan

Dinamakan Pulau Menjangan Bali karena banyak terdapat hewan rusa atau menjangan yang hidup bebas di pulau ini. Terdapat juga pura suci kuno yang dikeramatkan yakni Pura Segara Giri Dharma Kencana. Pura ini dibangun sebagai penghormatan atas jasa Dang Hyang Sidddimantra.

Menurut mitosnya, Dang Hyang Siddhimantra adalah seorang sakti yang menggunakan tongkatnya untuk membelah pulau Bali dan Jawa sehingga terbentuklah Pulau Menjangan ini.

pulau Menjangan Bali 2 1024x683 Pulau Menjangan Bali, Pulau dengan Keindahan Bawah Laut Mengagumkan

Instagram photo by @menjangan_trip

Pulau tak berpenghuni ini memiliki luas sekitar 175 ha. Potensi bawah lautnya terdiri dari gugusan terumbu karang sekitar 45 jenis, 32 jenis ikan karang serta 9 jenis moluska laut. Air lautnya tenang dan berwarna biru serta pantainya berpasir putih halus.

baca juga: Brahmavihara-Arama Buleleng, Wihara Terbesar di Seantero Pulau Bali

Perairan Pulau Menjangan juga merupakan habitat sempurna bagi ikan tuna, gerombolan batfish, penyu laut, gerombolan angelfish, jackfish, atau bahkan ikan hiu. Ikan yang terkenal dari kawasan ini adalah ikan Mandarine Fish, warnanya sangat indah dengan gerakan meliuk-liuk bak penari. Anda dapat menemukan ikan cantik ini ketika bersnorkeling di kedalaman 10-60 meter.

pulau Menjangan Bali 4 1024x683 Pulau Menjangan Bali, Pulau dengan Keindahan Bawah Laut Mengagumkan

Instagram photo by @menjangan_trip

Tips Lokasi Snorkeling Terbaik di Pulau Menjangan Bali

  • Eel Gardens adalah spot terbaik yang berada di sebelah barat Pulau Menjangan. Anda akan menemui kumpulan garden eel dan sea fans pada kedalaman sekitar 40 meter.
  • Secret Bay adalah lokasi yang sangat disukai oleh pecinta macro diving karena perairannya dangkal dan berlumpur di dasar laut. Pada kedalaman 10 meter frogfish, shrimpfish, nudibranch, dragonets, pipefish, seahorses, lionfish, udang laut, belut pita dan masih banyak lainnya akan terlihat sangat cantik jika dijepret dalam kamera.
  • Anchor Wreck. Spot ini dikhususkan bagi penyelam profesional karena pada kedalaman sekitar 45 meter akan tampak bangkai kapal peninggalan Belanda yang tenggelam pada abad ke-19.

baca juga: La Laguna Canggu Bali, Tempat Nongkrong Unik Kekinian di Pantai Berawa

pulau Menjangan Bali 3 1024x719 Pulau Menjangan Bali, Pulau dengan Keindahan Bawah Laut Mengagumkan

Instagram photo by @menjangan_trip

Waktu terbaik untuk datang ke Pulau Menjangan adalah antara bulan April hingga November. Dan jangan lupa membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti makanan, minuman, serta perlengkapan lainnya mengingat tidak adanya penghuni di pulau ini.

Biaya Snorkeling di Pulau Menjangan Bali

Untuk dapat menikmati keindahan bawah laut Pulau Menjangan, dianjurkan menggunakan paket diving yang sudah disediakan. Hanya dengan biaya sebesar Rp 400.000,00 – Rp 600.000,00 per hari serta biaya pemandu sebesar Rp 100.000,00 per kelompok, wisatawan sudah mendapat paket berupa sewa kapal boat+asuransi+sewa peralatan snorkelling lengkap.

Cara Menuju Lokasi Pulau Menjangan Bali

Pulau cantik ini secara administrasi masuk dalam wilayah Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Jaraknya sekitar 60 km dari Pantai Lovina Bali atau 4 jam perjalanan dari Denpasar. Lokasi terdekat untuk sampai di Pulau Menjangan dapat ditempuh dari Pelabuhan Gilimanuk yang berjarak sekitar 15 kilometer saja.