Pulau Penyu Tanjung Benoa, Suguhan Wisata Edukasi yang Menyenangkan di Bali

Pulau Penyu Tanjung Benoa

Pulau Penyu Tanjung Benoa via wisatabaliwatersport

Berwisata sambil belajar tentu sangat menyenangkan. Itulah yang ditawarkan oleh wisata . Selain bisa belajar, anak-anak juga bisa ikut refreshing sambil bermain. Dengan suasana seperti itu, tidak mengherankan kalau Pulau Penyu jadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara.

Ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan seperti bermain penyu dikandangnya, menggendong, masuk ke dalam kolam penyu atau berfoto bersama penyu. Ada beragam bentuk penyu di sini, mulai dari anak penyu yang masih kecil atau disebut tukik hingga penyu yang berusia puluhan tahun yang tentu saja berukuran sangat besar.

Pulau Penyu Tanjung Benoa 1 1024x682 » Pulau Penyu Tanjung Benoa, Suguhan Wisata Edukasi yang Menyenangkan di Bali

Para penyu yang tinggal di Penangkaran penyu Pulau Penyu Tanjung Benoa via Manusia Lembah

baca juga: 10 Tempat Wisata di Bali untuk Anak-Anak yang Seru dan Menarik

Pengunjung juga diperkenankan memberi makan penyu, sehingga pengalaman ini sangat sayang sekali jika dilewatkan. Tidak heran kalau ada banyak rombongan keluarga yang memilih untuk melakukan liburan bersama ke tempat ini. Terlebih ketika membawa anak-anak. Mereka akan sangat senang untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan tukik dan penyu di Pulau Penyu Tanjung Benoa.

Pulau Penyu Tanjung Benoa 2 » Pulau Penyu Tanjung Benoa, Suguhan Wisata Edukasi yang Menyenangkan di Bali

Berinteraksi dengan para penyu via ronarata

Selain dipelihara di Pulau Penyu Tanjung Benoa ini, 50% dari tukik yang sudah berumur 1 bulan dilepaskan ke laut agar mereka dapat beradaptasi dengan habitat aslinya. Tak semua anak penyu dilepaskan, karena sebagian besar dari anak penyu yang dibebaskan tersebut kemungkinan hanya sebagian kecil saja yang dapat bertahan hidup. Hal tersebut dapat terjadi karena tidak dapat dimungkiri adanya predator yang memangsa penyu-penyu itu.

baca juga: Taman Kupu-Kupu Bali, Lokasi Liburan Keluarga Alternatif di Tabanan

Lokasi ini merupakan tempat penangkaran penyu yang dilindungi dan hampir punah seperti penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik dan penyu pipih. Anak-anak dan orang dewasa pasti sangat senang di sini karena mereka dapat melihat dan memegang penyu secara langsung, serta dapat menyaksikan penyu-penyu yang baru menetas dan cara memeliharanya. Woww,…. keren kan!!!!

Pulau Penyu Tanjung Benoa 3 » Pulau Penyu Tanjung Benoa, Suguhan Wisata Edukasi yang Menyenangkan di Bali

Pulau Penyu Tanjung Benoa via wisatabaliwatersport

Selain penyu, terdapat juga bermacam-macam hewan menarik lainnya seperti kelelawar pemakan buah, ular, burung elang, burung kakak tua, serta monyet. Selain dapat berfoto dengan mereka, Anda juga diperkenankan memberi makanan tetapi yang sudah disediakan oleh pengelola.

Cara Menuju ke Pulau Penyu Tanjung Benoa

Untuk menuju ke Pulau Penyu, dibutuhkan sekitar 15-20 menit dengan menggunakan perahu bermotor dari Pantai Tanjung Benoa. Perahu yang digunakan cukup unik karena dibawahnya terdapat kaca sehingga ketika perahu berlayar, pemandangan bawah laut bisa dilihat dari atas perahu. Nama kerennya adalah Glass Bottom Boat. Harga sewa Glass Bottom Boat sebesar Rp. 350ribu per perahu dengan maksimal penumpang 10 orang.

baca juga: Chocolate Factory Bali, Pilihan Wisata Edukasi Sekaligus Kuliner Enak

Tiket Masuk Pulau Penyu Tanjung Benoa

Setelah sampai di Pulau Penyu Tanjung Benoa, perahu tidak dapat mendekati bibir pantainya karena kondisi air lautnya sangat dangkal. Oleh karenanya, pengunjung harus berjalan menyusuri air laut setinggi mata kaki untuk menuju Pulau Penyu. Di lokasi, pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu.

Tiket ini dikenakan sebagai tiket donasi untuk pemeliharaan dan perawatan hewan-hewan yang ditangkarkan di sini. Harga tiketnya untuk wisatawan domestik, dewasa sebesar Rp 10.000 per orang dan anak-anak sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing, dewasa sebesar Rp 20.000 per orang dan anak-anak sebesar Rp 10.000 per orang