Pura Agung Jagatnatha, Wisata Pura Terbesar di Kota Denpasar

Pura Agung Jagatnatha

by Sara Berger

Ada beragam tempat menarik yang bisa dikunjungi selagi berada di Denpasar. Salah satunya adalah . Pura ini bisa menjadi lokasi persinggahan pertama yagn bisa Anda datangi saat berada di ibu kota Provinsi Bali tersebut. Apalagi, pura ini tidak kalah menariknya dibandingkan pura lain.

Pura Agung Jagatnatha adalah pura paling besar di Kota Denpasar. Lokasinya di Jalan Mayor Wisnu serta sangat strategis yakni tepat di sebelah timur Lapangan Puputan Badung dan bersebelahan dengan Museum Bali.

Pura Agung Jagatnatha 1 1024x1024 Pura Agung Jagatnatha, Wisata Pura Terbesar di Kota Denpasar

by I Gusti Lanang Ag. Kharisma W.

Pura ini dibangun dengan posisi menghadap ke barat ke arah Gunung Agung. Dipercaya bahwa Gunung Agung adalah istananya para dewa. Pura Agung Jagatnatha dibangun sebagai tempat pemujaan Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa).

baca juga: Taman Kota Lumintang Denpasar, Sajikan Keindahan Air Mancur Menari yang Memesona

Sejarah Pembangunan Pura Agung Jagatnatha

Pembangunan Pura Agung Jagatnatha tidak serta merta dibangun begitu saja, namun melalui beberapa proses. Diawali dari banyaknya pendatang beragama Hindu yang datang ke Kota Denpasar dan tidak dapat menemukan tempat ibadah. Kemudian diadakan pesamuhan Parisada Hindu Dharma pada 20 November 1961.

Pura Agung Jagatnatha 2 1024x1024 Pura Agung Jagatnatha, Wisata Pura Terbesar di Kota Denpasar

by Sara Berger

Pada pesamuhan ini disetujui dan direalisasikan untuk pembangunan sebuah pura. Akhirnya pada 5 Februari 1963, Gubernur Bali yang menjabat kala itu Bapak Anak Agung Bagus Sutedja, menyetujui dibangunnya pura tersebut. Lalu kemudian nama Pura Agung Jagatnatha diberikan secara resmi.

baca juga: Pantai Segara Ayu Denpasar, Pantai dengan Pemandangan Sunrise Memukau

Saat masa pembangunannya di tahun 1966 sempat terhambat karena terjadi Gerakan 30 September oleh PKI. Sehingga baru dilanjutkan kembali pada 28 Juli 1967 hingga bangunan pura selesai dibangun. Akhirnya pada 13 Mei 1968, Pura Agung Jagatnatha diresmikan dan dibuka.

Pura Agung Jagatnatha 3 1024x576 Pura Agung Jagatnatha, Wisata Pura Terbesar di Kota Denpasar

by Mike C

Berdasarkan bentuknya, pura ini merupakan Pura Kahyangan Jagat dengan bangunan yang indah dipenuhi dengan ornamen-ornamen religius dan penuh dengan nuansa etnik. Di tengah lokasi pura terdapat sebuah Padmasana dengan tinggi sekitar 15 meter. Padmasana ini dibuat sebagai singgasana para dewa.

Padmasana di Pura Agung Jagatnatha terbuat dari batu karang putih dan pada bagian menara terdapat ukiran wajah dan tangan Bhoma (anak bumi). Ukiran ini dipercaya bisa mengusir roh-roh jahat agar tidak mengganggu kesakralan pura. Masuk ke areal pura, terdapat sebuah jembatan berukiran bunga teratai dan katak.

Desain Arsitektur Pura Agung Jagatnatha

Terdapat juga beberapa pelinggih seperti pelinggih Dalem Karang, Pelinggih Ratu Niang, dan Pelinggih Ratu Made. Ada pula bangunan Bale Paselang, Bale Gong, Bale Kulkul, Perniyosan, pemedal agung yang berupa bangunan Kori Agung, serta bangunan candi bentar.

baca juga: Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Denpasar

Tak seperti Pura Kahyangan Jagat pada umumnya yang memiliki 3 halaman yaitu halaman nista, madya dan utama Manda, halaman di Pura Agung Jagatnatha hanya memiliki satu pelataran yang cukup luas.

Pura Agung Jagatnatha 4 1024x683 Pura Agung Jagatnatha, Wisata Pura Terbesar di Kota Denpasar

by Lhina Rismawati

Bukan hanya sebagai tempat peribadatan, pura agung yang satu ini juga dikunjungi wisatawan karena keindahan dan keunikan yang dimiliki. Lokasinya yang berada pada jalur wisata sehingga sangat strategis dan tidak pernah sepi pengunjung, baik yang datang beribadah maupun hanya untuk menikmati keindahan pura.

Pura agung ini juga terbuka 24 jam bagi siapa saja yang datang untuk melakukan ibadah. Termasuk juga kedatangan para wisatawan. Namun, ada hal yang harus diperhatikan. Anda tetap harus menghormati dan tidak mengganggu kelangsungan para umat Hindu yang tengah beribadah di dalam pura ini.