Pura Alas Jagasari, Pura Kuno di Tampaksiring Bali

Pura Alas Jagasari

Desain bangunan Pura Alas Jagasari yang menunjukkan jatidirinya sebagai salah satu pura kuno di Bali via balitouristdestination

Jika Anda merasa ingin melihat pura yang unik dan menarik di Bali, maka mampirlah ke . Di sana, tepatnya pura itu sendiri memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pura lainnya. Pura yang berasal dari gabungan Bale Agung dan Pura Puseh ini dikelilingi hutan kecil layaknya seperti pagar.

Hutan kecil yang memagari Pura Alas Jagasari ini berisi tumbuhan yang digunakan sebagai keperluan upacara keagamaan yang biasanya diadakan oleh pura. Diduga pura yang terletak di Dusun Panempahan, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali ini memiliki kedekatan dengan kerajaan Kediri, Jawa timur.

Pura Alas Jagasari 1 Pura Alas Jagasari, Pura Kuno di Tampaksiring Bali

Pintu gerbang menuju ke area Pura Alas Jagasari via Ulinulin

baca juga: Pura Taman Saraswati Ubud, Pura Cantik dengan Kolam Teratai Indah

Hal ini dibuktikan dengan adanya corak yang menonjolkan masa kerajaan Kediri pada abad X-XI Masehi. Selain itu, di dalam pura memiliki dua arca yang dianggap masyarakat adalah bentuk manifestasi dari sosok Raja Marwadewa atau Sri Kesari Ratna Bumi Banten dan seorang permaisurinya Mahandradatta atau Gunapriya Dharmapadni.

Tak jarang para traveller merasa kagum akan corak corak unik yang dipertontonkan. Selain keunikan coraknya,mereka juga kagum akan keasrian dari daerah Pura Alas Jagasari ini. Udarnya pun sejuk karena dikelilingi hutan kecil itu. Maka tak heran bilamana para Raja pada waktu itu memilih pura ini untuk tempat bersemedi dan menenangkan diri. Kondisi alamnya pun tenang dan hening sehingga dapat berkonsentrasi saat bersemedi.

Pura Alas Jagasari 2 Pura Alas Jagasari, Pura Kuno di Tampaksiring Bali

Suasana di dalam area Pura Alas Jagasari via Panduanwisata

baca juga: Wisata Budaya Menyaksikan Kemegahan Pura Luhur Lempuyangan Bali

Selain itu, daya tarik lainnya para traveller bertandang ke mari tentu saja sejarahnya.Pura ini dibangun saat kerajaan Bali kuno Bali berkuasa yaitu Kerajaan Warmadhewa.Bisa dikatakan begitu karena disinyalir pura ini sudah tua. Hal ini terlihat sangat jelas pada desain bangunan pura yang memiliki perbedaan cukup mencolok dengan pura-pura lain yang ada di Pulau Dewata Bali.

Menurut bentuk dan bangunan dari Pura Alas Jagasari ini sama seperti Pura Pegulingan, Pura Magening dan juga Pura Tirtaempul. Selain itu dibuktikan pula pada nama di prasati yang ada di Pura Sakenan Manukaya. Dalam prasasti tersebut tertulis nama Warmadhewa dan Panempahan saat petugas akan menentukan daerah dan status predikan atau wilayah yang dibebaskan oleh tanggung jawab membayar pajak.

Pura Alas Jagasari 3 Pura Alas Jagasari, Pura Kuno di Tampaksiring Bali

Desain bangunan Pura Alas Jagasari yang menunjukkan jatidirinya sebagai salah satu via balitouristdestination

baca juga: Istana Tampak Siring, Destinasi Wisata Sejarah Eksotis di Bali

Pura Alas Jagasari Pernah Dikunjungi Presiden Soekarno

Tak hanya itu pula, karena keunikannya, pada masa Ir. Soekarno mempimpin RI, beliau berkunjung ke Pura Alas Jagasari ini. Momen penting yang rutin dilakukan di pura ini tentu saja adalah upacara keagaman dan beberapa ritual. Ditambah fasilitas area parkir yang cukup luas sehingga Anda yang akan datang ke sini tidak harus merasa khawatir dengan kendaraanmu. Jadi tertarik ke sini dan merasakan kekentalan aura kerajaannya?

Lokasi Pura Alas Jagasari Bali

Pura ini terletak di Dusun Panempahan yang masuk dalam bagian wilayah Tampaksiring di Kabupaten Gianyar Bali. Buat Anda yang memilih daerah Tampaksiring sebagai lokasi tujuan wisata, mungkin bisa menyempatkan waktunya datang ke sini. Terlebih, kalau Anda adalah sosok seorang pecinta budaya sekaligus sosok yang mengagumi Ir. Soekarno. Wajib datang ke sini.