Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Pura Bukit Sari Bali

Instagram photo by Anastasia Titova

Monkey Ubud Forest bukan satu-satunya tempat berkumpulnya para monyet di sekitar . menawarkan suasana yang serupa. Bahkan, pura ini terletak di tengah-tengah suasana hutan yang masih hijau di Kabupaten Badung.

Pura Bukit Sari sendiri merupakan sebuah puera bersejarah yang dibangun oleh Anak Agung Anglurah made Karang Asem Sakti, yang dikenal sebagai anak angkat Raja Mengwi, Cokorda Sakti Blambangan. Masyarakat Hindu di Pulau Bali pun banyak yang menyebut pura ini sebagai pura yang menyimpan banyak misteri.

Pura Bukit Sari Bali 4 Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Instagram photo by Anastasia Titova

baca juga: Monkey Forest Ubud, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Bali 

Pura Bukit Sari Bali ini dulunya dikenal sebagai pura yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Popularitas Pura Bukit Sari ini mulai muncul pada tahun 1969, saat banyak wisatawan asing yang mampir ke tempat ini. Sejak itu, popularitas pura ini terus meningkat hingga mencapai tahun 1980.

Pura Bukit Sari Bali 3 1024x1024 Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Instagram photo by @gustupurnama

Sayangnya, ada sebuah kejadian tidak mengenakkan yang kemudian berdampak pada popularitas wisata Pura Bukit Sari ini. Kejadian tersebut adalah aksi penyerangan monyet liar kepada seorang kru film yang tengah melakukan aktivitas syuting film di sini.

Pada waktu itu, kera-kera yang ada di tempat ini memang dikenal sebagai kera liar yang kerap melakukan penyerangan kepada para pengunjung. Dampaknya pun nyata. Bahkan, sejak kasus penyerangan tersebut, Pura Bukit Sari Bali dihapuskan dari peta pariwisata Pulau Dewata Bali.

baca juga: Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

Tidak hanya melakukan penyerangan, kera-kera liar di Pura Bukit Sari juga dikenal sebagai kera pencuri. Banyak pengunjung yang mengeluhkan, berbagai barang pribadinya hilang karena dicuri para kera. Mulai dari topi, kacamata, bahkan perhiasan.

Pura Bukit Sari Bali 2 1024x1024 Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Instagram photo by Nang-Bali Rundreise

Kondisi Pura Bukit Sari Bali Kini Berbeda

Namun, itu adalah kondisi beberapa tahun lalu. Saat ini Pura Bukit Sari telah mengalami perubahan yagn drastis. Para wisatawan mulai banyak yang meramaikan tempat wisata religi ini. Terlebih, hal ini didukung dengan para kera yang sudah mulai jinak. Tak kurang terdapat 600 hingga 700 ekor kera yang ada di kawasan Pura Bukit Sari.

Pura Bukit Sari Bali 1 1024x1024 Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Instagram photo by Jean-Claude WINCKLER

Kera-kera yang berkeliaran di Pura Bukit Sari Bali mulai bisa bersikap jinak karena mendapat perlakuan lebih baik dari para pengelola pura. Dulu, kera-kera tersebut dibiarkan tanpa diberi makan. Namun, saat ini suasananya berbeda. Kawasan hutan di Bukit Sari Sangeh yang luasnya mencapai 14 hektare ini dikelola oleh masyarakat Desa Adat Sangeh.

baca juga: Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Wisata Antimainstream di Pulau Dewata

Kera yang mulai jinak pun akhirnya berdampak positif pada popularitas wisata Pura Bukit Sari ini. Tercatat sejak tahun 2000an, mulai banyak wisatawan asing yang berkunjung ke tempat ini. Terlebih, pihak pengelola juga mulai gencar dalam melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan travel dan hotel dalam mempromosikan wisata religi Pura Bukit Sari.

Pura Bukit Sari Bali 5 Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Instagram photo by Hera Dwi Paramita

Lokasi Pura Bukit Sari Bali

Pura Bukit Sari Bali ini terletak di Hutan (Alas) Pala yang terletak di Desa Sangeh, di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Bagi para wisatawan, tidak terlalu sulit kok kalau ingin berkunjung ke tempat wisata bersejarah ini.

Desa Sangeh atau yang kerap disebut dengan nama Bukit Sari Sangeh ini lokasinya berjarak sekitar 21 kilometer dari Pusat Kota Denpasar. Perjalanan dari Kota Denpasar menuju ke pura suci ini paling gampang dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi.