Pura Kebo Edan Gianyar – Pura Bersejarah yang Menyimpan Beragam Purbakala

pura kebo edan gianyar

via globeslice

Banyaknya bangunan pura di Bali selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah . Dilihat dari namanya saja sangat unik dan terkesan aneh. Namun demikian, Pura Kebo Edan tetaplah merupakan lokasi suci bagi umat Hindu Bali sebagai tempat peribadatan yang memiliki sejarah tersendiri.

Nama Kebo Edan terkait dengan dua buah arca yang terdapat di pelataran pura. Arca ini merupakan simbol dari kendaraan Sang Hyang Siwa yang dinamakan Nandini. Arca kerbau ini digambarkan memiliki wajah yang marah dan seakan mengamuk ke arah arca Bhairawa Siwa saat melakukan ajaran Bhairawa yang menempuh jalan Niwerti (memuaskan hawa nafsu) untuk mencapai tujuannya.

pura kebo edan gianyar 3 Pura Kebo Edan Gianyar   Pura Bersejarah yang Menyimpan Beragam Purbakala

via fabulousubud

baca juga: Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Wisata Alam yang Instagramable Banget

Sejarah Pura Kebo Edan Gianyar

Pura Kebo Edan Gianyar diperkirakan dibangun pada sekitar tahun 1284 atau abad ke-13 Masehi. Pendirian pura ini berhubungan dengan masa kejayaan Kerajaan Kediri di tanah Jawa. Ketika itu Prabu Kertanegara yang bertahta menganut ajaran agama Hindu Tantrayana.

Prabu Kertanegara berhasil menaklukkan Bali dan memerintahkan Kebo Parud untuk menjadi Patih di Bali. Sebagai seorang Patih, Kebo Parud bertugas menjadi wakil dari pemerintahan Kerajaan Kediri serta membawa ajaran agama Hindu yakni Siwa dan Bhairawa hingga kemudian ajaran agama ini dianut oleh masyarakat Bali.

pura kebo edan gianyar 1 1024x682 Pura Kebo Edan Gianyar   Pura Bersejarah yang Menyimpan Beragam Purbakala

via globeslice

baca juga: Candi Gunung Kawi Tampaksiring, Candi Megah Penuh Nilai Sejarah di Gianyar

Meskipun kedua ajaran ini berbeda namun memiliki pemahaman yang sama dalam mencapai moksa sebagai tujuan akhir hidup. Dan di Pura Kebo Edan inilah kedua paham tersebut disatukan menjadi Siwa Bhairawa.

Peninggalan Purbakala Bersejarah di Pura Kebo Edan Gianyar

Di lokasi Pura Kebo Edan Gianyar banyak terdapat benda peninggalan purbakala. Setidaknya terdapat 55 buah arca yang digambarkan oleh para arkeolog, diantaranya :

  1. Arca Kerbau Berjongkok, berupa arca seekor kerbau bermuka garang dan beringas seperti kerbau saat marah atau kebo edan.
  2. Arca Bhairawa Raksasa. Arca digambarkan bermata melotot dan didepannya terdapat hiasan dan mangkok yang berbentuk tengkorak manusia. Arca ini seram jika dilihat.
  3. Arca Bhairawa Siwa. Arca ini juga digambarkan memiliki wajah seram dan berdaya mistis. Bentuknya tinggi besar sekitar 3,5 meter dan digambarkan menari di atas mayat manusia. Arca ini merupakan sosok Bhairawa yang bersifat Indria atau selalu bernafsu dalam kepuasan duniawi. Arca besar dan tinggi ini pernah mengalami perbaikan pada tahun 1952 oleh Kantor Suaka Purbakala Bali.
  4. Arca Ganesa. Adalah arca berkepala gajah yang lebih dikenal dengan nama Betara Gana.
  5. Arca Nandi.
  6. Arca Gajah, dan masih banyak yang lainnya dalam kondisi sudah rusak.
pura kebo edan gianyar 2 1024x682 Pura Kebo Edan Gianyar   Pura Bersejarah yang Menyimpan Beragam Purbakala

via globeslice

baca juga: Desa Batubulan Gianyar, Dari Ukiran Khas Tradisional Hingga Tari Barong Bali Ada di Tempat Ini

Lokasi Pura Kebo Edan Gianyar

Pura Kebo Edan dapat Anda kunjungi di Dusun Intaran, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Jika berangkat dari Denpasar memakan waktu 1 jam perjalanan. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena dekat dengan jalan utama di Desa Pejeng. Untuk masuk ke areal pura, Anda harus menyusuri tembok samping ke arah belakang sejauh beberapa meter.

Datang ke Pura Kebo Edan akan menambah pengetahuan Anda mengenai peninggalan budaya yang memiliki nilai sejarah serta berkesan eksotik nan unik. Hal ini pun menjadi modal yang penting untuk bisa lebih mengenal budaya yang ada di nusantara. Setuju?