Pura Bawah Laut Pemuteran, Keindahan Arsitektur Pura Ditemani di Alam Bawah Laut Bali

Pura Bawah Laut Pemuteran

by T a r r y n R o b e r t s

Menengok keindahan pura di daratan sudah hal biasa. Lain halnya dengan berkunjung ke . Di sini, Anda akan bisa menyaksikan keberadaan sebuah pura dengan arsitektur yang unik serta lengkap di bawah laut. Karena lokasinya di bawah laut tersebut, tentu saja cara untuk menikmati keindahan pura ini juga berbeda.

Sepintas, Pura Bawah Laut di Pemuteran Bali ini adalah sebuah cagar budaya yang unik karena berada di kedalaman laut. Namun setelah ditelisik, sebenarnya pura ini memang sengaja ditenggelamkan oleh sejumlah pecinta lingkungan pada sekitar tahun 2000an. Penenggelaman ini bertujuan sebagai upaya konservasi terumbu karang bawah laut.

Pura Bawah Laut Pemuteran 1 Pura Bawah Laut Pemuteran, Keindahan Arsitektur Pura Ditemani di Alam Bawah Laut Bali

by THE BALI ADVENTURE

baca juga: Pura Puseh Batuan Gianyar, Wisata Religi di Pura Tertua Bali

Di wilayah bawah laut Pemuteran yang disebut Taman Pura ini, penyelam akan dengan mudah menemui bangunan pura yang lengkap dengan patung-patung seperti patung Budha ataupun patung Ganesha. Meski baru dibuat pada tahun 2000-an, terlihat kalau patung-patung yang ada di Pura Bawah Laut ini seperti sebuah artefak yang berusia ratusan atau ribuan tahun.

Pura Bawah Laut Pemuteran Merupakan Salah Satu Usaha Konservasi

Upaya konservasi ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari pemilik hotel, pemilik jasa penyelaman, para nelayan hingga penggiat konservasi lingkungan. Tak hanya untuk pemberdayaan dan pelestarian alam, proyek ini memiliki nilai ekonomi serta pariwisata yang menjanjikan.

Pura Bawah Laut Pemuteran 2 1024x768 Pura Bawah Laut Pemuteran, Keindahan Arsitektur Pura Ditemani di Alam Bawah Laut Bali

by Alexandra

Pura Bawah Laut Pemuteran ini kondisinya tertutupi oleh koral yang berwarna-warni. Dengan teknik Bio Rock, bangunan pura-pura di sini diciptakan sehingga dapat menjadi terumbu karang yang nyaman untuk tempat tinggal ikan-ikan dan biota laut lainnya.

baca juga: Pantai Sindhu Sanur, Pantai dengan Pemandangan Sunrise yang Indah

Teknik Bio Rock untuk pengembangan terumbu karang di wilayah Pemuteran sudah dikembangkan selama ± 14 tahun dan nyatanya sampai sekarang sudah berhasil dengan sempurna.

Bio Rock menggunakan kerangka besi yang ditenggelamkan ke dasar laut. Kerangka-kerangka besi ini dialiri listrik sebesar 6-10 volt. Listrik ini mengalir terus menerus hingga terumbu karang dianggap sudah dewasa. Cara seperti ini mampu mempercepat pertumbuhan terumbu karang 2 hingga 6 kali lebih cepat dari pertumbuhan terumbu karang secara alami.

Pura Bawah Laut Pemuteran 3 Pura Bawah Laut Pemuteran, Keindahan Arsitektur Pura Ditemani di Alam Bawah Laut Bali

by T a r r y n R o b e r t s

Para pecinta snorkeling atau diving, pasti tidak melewatkan untuk menyelam ke kawasan Pemuteran. Selain keindahan terumbu karang asli yang berada di sana, kecantikan bawah lautnya ditambah memesona dengan kehadiran patung-patung yang juga ditumbuhi koral-koral. Berada pada kedalaman sekitar 15-28 meter pada area dasar laut seluas 2500 meter persegi ini adalah spot favorit para penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Pemuteran.

baca juga: Pura Kereban Langit Sading, Pura Suci yang Penuh Mitos dan Desain Unik

Areal Pura Bawah Laut Pemuteran ini bukan hanya menjadi objek wisata yang menarik, namun juga dijadikan lokasi untuk para penyelam yang sedang belajar untuk meraih level advance. Wah pasti seru ya, belajar sambil menikmati alam! Tidak heran kalau para wisatawan lokal dan mancanegara yang telah datang ke tempat ini merasa tidak pernah bosan. Mereka pun masih berkeinginan untuk datang ke tempat ini lagi dan lagi.

Lokasi Pura Bawah Laut Pemuteran

Pura Bawah Laut Pemuteran dapat Anda telusuri di kawasan Teluk Pamuteran, Kabupaten Buleleng, Bali. Jaraknya sekitar 115 km dari Denpasar melalui Bedugul atau sekitar 3-4 jam perjalanan. Jika dari penyeberangan Gilimanuk berjarak 40 meter.