Pura Luhur Uluwatu, Pura Cantik dengan Pemandangan Laut yang Indah

Keindahan Pura Luhur Uluwatu Bali

Pura Luhur Uluwatu yang berdiri kokoh di atas tebing curam via skypixel.org

Lokasinya yang berada di atas batu karang yang menjorok ke lautan, membuat ini jadi pura indah tempat favorit para wisatawan. Dari tempat ini, para pengunjung pun dapat menyaksikan keindahan tebing berbatu yang mengagumkan. Dan sejauh mata memandang, para traveler akan disuguhi dengan pemandangan lautan yang biru.

Tidak hanya itu, para traveler juga akan bisa menjumpai keberadaan peselancar yang tengah bermain dengan ombak tak jauh dari lokasi pura. Dan momen terindah untuk bisa menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan di tempat ini adalah pada saat menjelang terbenamnya matahari. Para traveler pun dapat menyaksikan pemandangan sunset yang indah dari sisi tebing yang ada di sekitar pura.

Berada di atas ketinggian 97 meter, Pura Luhur Uluwatu memang mempunyai keunikan tersendiri. Terlebih di depan pura juga terdapat hutan hijau yang luasnya tidak terlalu besar dikenal dengan nama Alas Kekeran. Hutan ini dikenal sebagai penyangga kesucian pura oleh masyarakat Pulau Bali.

Pura Luhur Uluwatu 1024x678 Pura Luhur Uluwatu, Pura Cantik dengan Pemandangan Laut yang Indah

Pemandangan Pura Luhur Uluwatu disaksikan dari sebuah drone via skypixel.org

Sejarah Pura Luhur Uluwatu

Pura ini dikenal sebagai Pura Sad Kayangan yang oleh masyarakat Hindu di Pulau Bali dianggap sebagai penyangga 9 mata angin. Dulunya, tempat ini merupakan lokasi pemujaan oleh Empu Kuturan. Hal itu kemudian dilanjutkan oleh Dang Hyang Nirartha, yang akhirnya moksah atau ngeluhur di pura ini. Dari situlah nama Pura Luhur Uluwati diperoleh.

Lokasi Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu ini berlokasi di Desa Pecatu yang termasuk dari bagian Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasi ini cukup ramai, jadi fasilitas pendukung yang ada di sana pun sangat lengkap. Tidak hanya kondisi jalanan yang nyaman, para traveler juga bisa menemukan berbagai tempat menginap di sini.

Keindahan Pura Luhur Uluwatu Bali 1024x678 Pura Luhur Uluwatu, Pura Cantik dengan Pemandangan Laut yang Indah

Pura Luhur Uluwatu yang berdiri kokoh di atas tebing curam via skypixel.org

Harga tiket Pura Luhur Uluwatu

Untuk bisa masuk ke area Pura Luhur Uluwatu, para traveler harus terlebih dulu membayar tiket masuk. Dewasa dikenakan biaya masuk sebesar 15 ribu rupiah. Sementara untuk anak-anak, dikenakan tarif sebesar Rp 7.500,-. Sedangkan untuk WNA, tarifnya sebesar 20 ribu rupiah untuk dewasa dan 10 ribu rupiah untuk anak-anak.

baca juga: Pura Ulun Danu Bratan, Perpaduan Wisata Religi dengan Pemandangan Indah Mengagumkan

Tak lupa, para traveler juga harus membayar tarif parkir kalau datang ke tempat ini dengan memakai kendaraan pribadi. Tidak terlalu mahal. Parkir bus dipatok sebesar 10 ribu rupiah. Sementara untuk parkir sepeda motor dan mobil masing-masing dipatok seharga Rp1.000 dan Rp2.000.

Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu

Daya tarik lain yang bisa dijumpai ketika berkunjung ke tempat ini adalah perhelatan tari kecak, tari tradisional dari Pulau Bali. Di sini, para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan tari kecak yang biasanya dimulai pada pukul 18.00 WITA.

Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu Pura Luhur Uluwatu, Pura Cantik dengan Pemandangan Laut yang Indah

Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu via balicasa.net

Suasana romantis senja di Pura Luhur Uluwatu, menambah daya tarik para pengunjung untuk bisa menyaksikan pertunjukan tari kecak Uluwatu ini. Para traveler pun biasanya berjejer melingkari aksi para penari. Pertunjukan ini berlangsung selama satu jam, dari pukul 18.00 hingga 19.00 WITA.

baca juga: Pura Taman Ayun Bali, Pura Bersejarah dengan Pemandangan yang Memukau

Harga tiket Tari Kecak Uluwatu 2016

Namun untuk bisa menyaksikan pertunjukan tari kecak di Pura Luhur Uluwatu ini tidak gratis. Pihak pengelola mematok tarif sebesar 90 ribu rupiah per orang untuk para pengunjung yang ingin datang dan melihat pertunjukan tari kecak.