Pura Puncak Mundi Nusa Penida – Pura dengan Pemandangan Indah di Ketinggian 521 Mdpl

Pura Puncak Mundi Nusa Penida

by Aditya Nugraha

Ada satu pura unik di Bali, yakni . Keunikan pura ini terletak pada lokasinya. Pura ini berada di puncak tertinggi yang ada di Nusa Penida. Dengan lokasinya tersebut, para wisatawan tidak hanya bisa menyaksikan keindahan bangunan pura, tapi juga memperoleh bonus pemandangan indah Nusa Penida dari ketinggian.

Kawasan Pura Puncak Mundi Nusa Penida masih sangat asri dan hijau. Banyak pepohonan tinggi yang tumbuh di kawasan ini. Bahkan pengunjung dapat menemui kera-kera liar yang hidup di sekitar lokasi pura. Karena kera-kera di sini masih liar, maka disarankan Anda menjaga barang-barang bawaan Anda. Karena keusilan kera-kera ini bisa saja barang yang Anda bawa akan diambil secara paksa oleh mereka.

Pura Puncak Mundi Nusa Penida 3 1024x1024 Pura Puncak Mundi Nusa Penida   Pura dengan Pemandangan Indah di Ketinggian 521 Mdpl

by Nusa Penida Destinations

baca juga: Mata Air Tembeling Nusa Penida, Pesonanya Menarik Siapa Saja

Pura Puncak Mundi terdapat tiga pura yakni Pura Beji merupakan tempat persembahyangan yang pertama, lalu Pura Krangkeng dan Pura Puncak Mundi yang merupakan stana Ida Batara Lingsir. Pada Pura Puncak Mundi terdapat padmasana yang berbentuk unik dengan pelipit dan empat tiangnya berbeda dengan bangunan padmasana pada umumnya.

Padmasana di Pura Puncak Mundi dihiasi dengan stiliran kala dan motif sulur sebagai simbol dari Siwa Buddha. Lokasinya terbagi menjadi tiga yaitu jaba sisi, jaba tengah dan jeroan. Uniknya, area jaba tengahnya lebih luas dan area jeroan. Bale pekemitan banyak terdapat di area jaba sisi maupun jaba tengah.

Pura Puncak Mundi Nusa Penida 2 Pura Puncak Mundi Nusa Penida   Pura dengan Pemandangan Indah di Ketinggian 521 Mdpl

by We’re Travellers

baca juga: Rumah Pohon Batu Molenteng Atuh Area, Penginapan dan Tempat Foto Instagramable di Nusa Penida

Sejarah Pura Puncak Mundi Nusa Penida

Keberadaan Pura Puncak Mundi diyakini telah ada sejak tahun 50 Saka. Diceritakan saat itu Batara Guru (perwujudan Dewa Siwa) turun ke dunia di kawasan Puncak Bukit Mundi dan menjelma menjadi seorang manusia. Batara Guru menjelma menjadi seorang pendeta (Phandita) nan bijaksana. Beliau dikenal dengan nama Dukuh Jumpungan yang sangat sakti tidak tertandingi. Selain sakti, beliau juga dikenal akan pengetahuannya dalam bidang sastra.

Cara Menuju Lokasi Pura Puncak Mundi Nusa Penida

Pura Puncak Mundi berada di tempat tertinggi di daratan Nusa Penida yakni Puncak Bukit Mundi. Tepatnya masuk dalam wilayah Dusun Rata, Desa Batukandik, Nusa Penida. Jalan yang dilalui penuh tanjakan dan berliku karena letaknya berada di ketinggian sekitar 521 mdpl.

Pura Puncak Mundi Nusa Penida 1 1024x683 Pura Puncak Mundi Nusa Penida   Pura dengan Pemandangan Indah di Ketinggian 521 Mdpl

by Aditya Nugraha

baca juga: Pantai Pasih Uug Nusa Penida, Pantai Tersembunyi dengan Pemandangan Unik

Namun, tidak perlu khawatir akan akses jalan kesana karena sudah beraspal bagus sehingga cukup nyaman dilalui. Untuk sampai ke Pura Puncak Mundi dibutuhkan waktu sekitar 60 menit dari Pelabuhan Nusa Penida. Karena berada di ketinggian, bagi Anda yang ingin melakukan tirta yatra atau sekedar ingin berkunjung ke Pura Puncak Mundi sebaiknya memakai jaket atau pakaian tebal karena hawanya sangat dingin.

 

Setelah melakukan tirta yatra di Pura Puncak Mundi, banyak wisatawan yang menghabiskan waktu berlama-lama di lokasi ini. Karena selain hawanya yang sejuk dan dingin, pemandangan yang tercipta dari ketinggian Bukit Mundi nampak elok dipandang mata. Sebagai tambahan, pujawali di Pura Puncak Mundi dilaksanakan setiap enam bulan sekali yakni pada setiap Budha Umanis Prangbakat.

Datang ke Pura Puncak Mundi, bukan hanya wisata budaya dan religi yang didapat. Namun juga refresing pikiran dari kepenatan sambil memandang hijau dan asrinya pemandangan dari Puncak Bukit Mundi Nusa Penida.