Pura Taman Ayun Bali, Pura Bersejarah dengan Pemandangan yang Memukau

Pura Taman Ayun Bali

Keindahan Pura Taman Ayun Bali yang menarik perhatian para wisatawan via travelimages.nl

Berada di Desa Mengwi, kerap disebut sebagai salah satu pura paling cantik yang ada di Pulau Dewata. Para wisatawan lokal dan asing pun banyak yang berbondong – bondong datang ke tempat ini. Terlebih lokasi Pura Taman Ayu ini tidak begitu jauh dari kota Denpasar. Berjarak sekitar 18 kilometer dari kota Denpasar.

Pura Taman Ayu Bali ini adalah sebuah kompleks pura yang disertai dengan taman cantik di dalamnya. Pura ini berlokasi di Badung, Bali dan merupakan pura cantik yang diakui keindahannya oleh masyarakat internasional. Bahkan taman yang ada di pura ini sempat muncul dalam acara Around the World in 80 Gardens.

Pintu Masuk Pura Taman Ayun Bali Pura Taman Ayun Bali, Pura Bersejarah dengan Pemandangan yang Memukau

Pintu Masuk Pura Taman Ayun Bali via Wikipedia

Sejarah Pura Taman Ayun Bali

Pura Taman Ayun Bali ini merupakan sebuah pura tua yang dibangun oleh Raja Mengwi pada tahun 1634. Menurut buku berjudul Negara Mengwi yagn ditulis oleh Henk Schulte Nordholt, pura ini sempat mengalami proses renovasi pada tahun 1750. Disebutkan kalau pura ini direnovasi dengan menggunakan tenaga arsitek bernama Hobin Ho.

Nilai sejarahnya yang tinggi pun membuat Pura Taman Ayun Bali banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Terlebih pura ini juga mempunyai desain arsitektur yang mengagumkan. Tak ketinggalan, pura ini juga memiliki unsur magis serta nilai seni yang tinggi.

baca juga: Keindahan Pura Ulun Danu Batur di Kintamani

Dalam perjalanan sejarahnya, Pura Taman Ayun Bali ini ternyata pernah mengalami kerusakan parah. Kerusakan itu terjadi pada tahun 1917 ketika terjadi gempa bumi dahsyat yang mengguncang Pulau Dewata. Selanjutnya, dilakukan proses perbaikan besar-besaran pada tahun 1937. Selanjutnya, proses perbaikan kembali dilakukan pada tahun 1949.

Kemegahan Pura Taman Ayun Bali

Pura Taman Ayun Bali juga dikenal sebagai salah satu pura yang berdiri megah di Pulau Dewata Bali. Pura ini berdiri di atas tanah seluas 100 x 250 meter persegi. Di dalamnya, terbagi menjadi pelataran dalam dan pelataran luar yang terpisahkan oleh keberadaan sebuah kolam.

baca juga: Tradisi Pemakaman Unik Warisan Leluhur di Desa Trunyan Bali

Di bagian pelataran dalam, selanjutnya akan terbagi menjadi tiga pelataran. Yang pertama difungsikan sebagai tempat peristirahatan. Di sini, para pengunjung pun bisa pula menyaksikan kemegahan Pura Taman Ayun Bali secara lebih dekat.

Selanjutnya, pelataran kedua mempunyai posisi yang lebih tinggi dibandingkan pelataran pertama. Di sini ditempatkan sebanyak 9 patung penjaga yang ditempatkan di setiap penjuru mata angin. Menurut kepercayaan orang-orang Hindu, sembilan patung itu disebut sebagia simbol Dewata Nawa Sanga.

Meru yang bisa dijumpai di dalam kompleks Pura Taman Ayun Bali 1024x768 Pura Taman Ayun Bali, Pura Bersejarah dengan Pemandangan yang Memukau

Meru yang bisa dijumpai di dalam kompleks Pura Taman Ayun Bali via Wikipedia

baca juga: Pantai Nyang Nyang, Benar-benar Pantai Perawan yang Tersembunyi

Dan yang terakhir, alias pelataran ketiga merupakan pelataran dengan posisi yang paling tinggi. Pelataran ini pun hanya dibuka pada saat pelaksanaan upacara keagamaan. Selain itu, di sini juga terdapat candi beserta meru yang difungsikan sebagai lokasi peribadahan umat Hindu di Bali.

Pura Taman Ayun entrance fee

Pura Taman Ayun Bali 1024x681 Pura Taman Ayun Bali, Pura Bersejarah dengan Pemandangan yang Memukau

Keindahan Pura Taman Ayun Bali yang menarik perhatian para wisatawan via travelimages.nl

Seperti halnya di tempat wisata lain di Pulau Bali, pengelola Pura Taman Ayun Bali pun memberlakukan tiket masuk untuk setiap pengunjung. Mereka yang ingin menyaksikan kemegahan pura ini, diharuskan untuk membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang. Tak ketinggalan, terdapat pula biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah per kendaraan.