Pura Taman Mumbul Sangeh, Pura Tempat Melukat dengan Arsitektur yang Unik

Pura Taman Mumbul Sangeh

by A'dam🔸Marketing🔸Design🔸Travels

Banyak pura yang menjadi tempat wisata menarik di Bali. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah . Pura ini menjadi tempat ibadah umat Hindu Bali sekaligus lokasi persinggahan para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru negara dunia.

Untuk memperkenalkan budaya Bali kepada khalayak ramai, Pura Taman Mumbul Sangeh didesain untuk mendampingi keberadaan Pura Ulun Mumbul. Di Taman Mumbul ini akan Anda temui sebuah area yang hijau, indah dan asri. Terdapat pula sebuah kolam ikan yang kian menambah pemandangan pura semakin asri.

Pura Taman Mumbul Sangeh 1 1024x1024 Pura Taman Mumbul Sangeh, Pura Tempat Melukat dengan Arsitektur yang Unik

by ariyuda

baca juga: Pantai Candi Kusuma, Pantai dengan Suasana Matahari Terbenam yang Memesona

Berkunjung ke Taman Mumbul, Anda akan mendapati dua bagian yang berbeda. Di bagian selatan, tampak sebuah pura cukup besar. Inilah Pura Ulun Mumbul. Di bagian depan pura ini terdapat sebuah kolam ikan yang luasnya tidak terlalu besar. Suasana kian asri dengan hamparan rumput hijau yang tumbuh pada tanah di sekeliling pura.

Pada bagian utara, Anda akan menyaksikan sebuah kolam yang bisa dibilang mirip sebuah danau dengan airnya yang sangat jernih. Pepohonan yang tampak dari kejauhan semakin menambah indah suasana kolam. Di kolam ini juga terdapat sebuah pura, namun lebih kecil yang dinamakan Pura Taman Mumbul.

Pura Taman Mumbul Sangeh 4 1024x1024 Pura Taman Mumbul Sangeh, Pura Tempat Melukat dengan Arsitektur yang Unik

by A’dam🔸Marketing🔸Design🔸Travels

baca juga: Kawasan Wisata Bukit Batu Kursi, Pesona Wisata Indah Lainnya di Pemuteran

Agar pengunjung lebih leluasa menikmati keindahan alam di kolam ini, dibangun tembok pendek yang mengelilingi area kolam. Sehingga pengunjung dapat duduk santai di tembok-tembok tersebut.

Pura Taman Mumbul Sangeh Jadi Lokasi Upacara Melukat

Pura Taman Mumbul Sangeh sangat disakralkan oleh masyarakat Desa Sangeh karena digunakan sebagai prosesi Upacara Melasti. Terdapat Pancoran Solas, yang merupakan aliran air untuk melakukan penglukatan. Untuk melakukan penglukatan, pengunjung terutama umat Hindu melalukan persembahyangan terlebih dahulu.

Pura Taman Mumbul Sangeh 3 1024x1024 Pura Taman Mumbul Sangeh, Pura Tempat Melukat dengan Arsitektur yang Unik

by sintakitut

Kemudian baru masuk ke area pancoran tempat untuk penglukatan. Penglukatan ini diawali dari pancoran Dewi Gangga, lalu Dewi Saraswati hingga seterusnya dan berakhir di pancoran Dewa Siwa yang total seluruhnya ada sebelas pancoran.

baca juga: Objek Wisata Alas Kedaton, Wisata Pura Suci ala Monkey Forest di Tabanan

Oleh karena terdapat 11 pancoran suci sehingga disebutlah dengan nama Pancoran Solas. Sembilan pancoran merupakan Dewata Nawa Sanga, dan yang kedua lagi adalah pancoran Dewi Gangga dan Dewi Saraswati.

Pura Taman Mumbul Sangeh 2 819x1024 Pura Taman Mumbul Sangeh, Pura Tempat Melukat dengan Arsitektur yang Unik

by Aditya Nugraha

Diawali dengan pancoran Dewi Gangga dengan maksud untuk menetralisir pengaruh negatif dan penyeimbang energi. Karena diyakini Dewi Gangga adalah sebagai penyeimbang.

Lokasi Pura Taman Mumbul Sangeh

Jika Anda pencari suasana hening dan jauh dari hiruk pikuk kota, berkunjung ke Taman Mumbul bisa menjadi pilihan alternatif wisata. Lokasinya yang jauh dari jalan raya serta keasrian alam yang ada sangat cocok untuk dijadikan tempat berburu foto apik di Bali.

Masuk ke area Taman Mumbul tidak dikenakan biaya. Lokasinya pun cukup dekat dengan Tanah Wuk yang merupakan lokasi favorit berburu foto selfie. Oleh karenanya, selepas berkunjung ke Taman Mumbul mampir juga ke Tanah Wuk, ya.

Taman Mumbul dapat Anda kunjungi sekitar 1 kilometer dari Objek Wisata Alam Sangeh. Tepatnya berada di kawasan wisata Desa Sangeh, Kabupaten Badung, Bali. Jika berangkat dari Denpasar, Anda dapat menjangkaunya dalam waktu sekitar 60 menit perjalanan. Tidak terlalu sulit, dan Anda juga bisa menuju ke beberapa tepat wisata yang ada di sekitar Pura Taman Mumbul Sangeh ini.