Pura Taman Saraswati Ubud, Pura Cantik dengan Kolam Teratai Indah

Pura Taman Saraswati Ubud

Bisa hunting foto yang keren nih di sini via balihellotravel

ini dibangun untuk pemujaan Dewi Ilmu Pengetahuan, Dewi Saraswati.  Pura ini pun jadi bukti otentik bagaimana kehidupan agamis yang dijalankan sehari-hari oleh masyarakat Hindu di Pulau Bali. Terlebih, pura yang satu ini tak hanya berfungsi sebagai tempat pemujaan, tapi juga memiliki desain interior dan eksterior yang cantik.

Selain sebagai tempat suci, hari turunnya ilmu pengetahuan juga disebut Hari Saraswati. Pada hari Saraswati tiba, seluruh umat Hindu pada hari itu wajib melakukan persembahyangan kehadapan Hyang Aji (Dewi) Saraswati sebagai penguasa ilmu pengetahuan.

Pura Taman Saraswati Ubud 1 1024x682 Pura Taman Saraswati Ubud, Pura Cantik dengan Kolam Teratai Indah

Kolam teratai keren yang menjadi ciri khas Pura Taman Saraswati Ubud

Seluruh umat Hindu mengucapkan syukur dan terima kasih agar senantiasa dituntun ke jalan yang benar atas ilmu pengetahuan tersebut. Tempat khusus untuk melakukan persembahyangan di Ubud adalah Pura Taman Saraswati ini. Tidak heran pula kalau tempat ini juga menjadi salah satu tempat beribadah yang paling ramai di Bali.

baca juga: Istana Tampak Siring, Destinasi Wisata Sejarah Eksotis di Bali

Pura Taman Saraswati ini dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad yang adalah seorang maestro seni terkenal dari Ubud. Pembangunannya merupakan perintah dari pangeran Ubud dan terletak di belakang Cafe Lotus di Ubud, sekitar 40 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.

Pura Taman Saraswati Ubud 3 Pura Taman Saraswati Ubud, Pura Cantik dengan Kolam Teratai Indah

Bisa hunting foto yang keren nih di sini via balihellotravel

Lokasi Pura Taman Saraswati Ubud

Berlokasi di Jl. Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, pura suci ini memiliki perbedaan dengan pura-pura lain yang ada di Bali. Pura ini didesain sangat cantik dengan taman-taman bahkan terdapat kolam yang dipenuhi oleh tanaman teratai.

Kolam teratai ini berpadu serasi dengan keindahan pura yang penuh dengan ornamen seni ukir oleh seniman-seniman Ubud. Begitu cantik, artistik, dan sangat indah penuh dengan aura spiritual. Kolam dengan bunga teratai inilah yang menjadi daya tarik Pura Taman Saraswati.

baca juga: Wisata Budaya Menyaksikan Kemegahan Pura Luhur Lempuyangan Bali

Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud

Terdapat patung Dewi Saraswati yang berdiri anggun di kawasan pura ini termasuk juga patung Jero Gede Mecaling. Terdapat juga sebuah pelataran yang dikelilingi oleh kolam teratai sebagai panggung pementasan tarian kecak.

Ketika Anda berlibur di Bali dan berencana untuk menyaksikan tarian kecak di Ubud, sebaiknya Anda memperhatikan jadwal pementasannya terlebih dahulu. Karena tarian kecak di Pura Taman Saraswati ini hanya diselenggarakan pada hari selasa dan kamis mulai jam 19:30, dengan harga tiket Rp 75.000 per orang. Pertunjukan tarian kecak di pura ini dibawakan oleh group tari Sandhi Suara.

baca juga: Pura Goa Gajah Ubud, Pura Tertua dengan Desain Arsitektur yang Mengagumkan

Bagi Anda yang sudah menginap di kawasan Ubud terutama penginapan di kawasan sentral, Anda bisa mengunjungi Pura Taman Saraswati hanya dengan berjalan kaki saja. Atau bisa juga menyewa sepeda kayuh untuk mengelilingi desa sambil menikmati keindahan alamnya. Tetapi jika di luar Ubud, ada baiknya menyewa sepeda motor ataupun menyewa mobil plus sopirnya agar perjalanan lebih nyaman tanpa kebingungan jalur mana yang dipilih.

Pura Taman Saraswati mengajarkan tentang nilai budaya dan agama masyarakat lokal yang harus dihormati dan dijunjung tinggi. Dan tentunya, tempat ini jadi destinasi wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Terlebih bagi Anda yang doyan berkunjung ke tempat-tempat dengan nilai budaya yang tinggi. Bisa mengenal lebih jauh budaya orang-orang Hindu Bali di sini.