Pura Tirta Sudamala Bangli, Pura Suci dengan Suasana yang Alami di Bali

Pura Tirta Sudamala

by Riri Munaf

Membersihkan diri atau melukat bukan hanya bisa dilakukan di Tirta Empul Tampak Siring. juga bisa menjadi alternatif. Di tempat ini, Anda tidak hanya bisa menyaksikan keberadaan umat Hindu yang tengah melukat. Tapi juga dibarengi dengan suasana pura yang masih alami dan hijau.

Tradisi Melukat di Pura Tirta Sudamala

Di Pura Tirta Sudamala ini, wisatawan yang datang tak hanya untuk melakukan ritual permbersihan diri namun juga untuk menghilangkan aura negatif pada tubuh. Tak hanya itu, air yang mengalir dari pancuran dipercaya dapat memberi kesembuhan dari berbagai penyakit terutama penyakit yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat magis.

Pura Tirta Sudamala 1 1024x767 Pura Tirta Sudamala Bangli, Pura Suci dengan Suasana yang Alami di Bali

by Riri Munaf

baca juga: Candi Gunung Kawi Tampaksiring, Candi Megah Penuh Nilai Sejarah di Gianyar

Lokasi Pura Tirta Sudamala masih sangat asri dan sejuk. Banyak pepohonan besar yang tumbuh menaungi sehingga terasa dingin serta menyegarkan. Di dekatnya terdapat Sungai Banyu Asih yang airnya jernih dan sering dimanfaatkan warga untuk mandi ataupun berendam.

Pura Tirta Sudamala 2 820x1024 Pura Tirta Sudamala Bangli, Pura Suci dengan Suasana yang Alami di Bali

by @mad_in_bali

Pura Tirta Sudamala memiliki 11 pancuran air, 9 pancuran berada sedikit lebih tinggi daripada yang lainnya. Air pancuran ini bersumber dari mata air yang berada dekat dengan sebuah pohon bunut besar. Pohon ini sudah berumur ratusan tahun. Air yang mengalir dari pancuran ini juga dimanfaatkan warga sekitar untuk sumber air minum.

baca juga: Pura Maduwe Karang Kubutambahan, Pura dengan Patung dan Relief Unik di Bali

Sebelum melakukan prosesi melukat, ada beberapa hal yang dipersiapkan yakni Anda harus menggunakan busana adat madya. Artinya pakaian yang dipakai adalah pakaian adat sederhana yang menggunakan kain/kamben serta selendang/senteng. Untuk atasan boleh menggunakan pakaian apapun asalkan sopan.

Pura Tirta Sudamala 3 819x1024 Pura Tirta Sudamala Bangli, Pura Suci dengan Suasana yang Alami di Bali

by @ceperistdodol

Anda harus menghaturkan sesajen yang berupa pejati atau canang sari. Kemudian berdoa dengan memohon ijin untuk melakukan pembersihan diri. Doa yang disampaikan sesuai tujuan dan keinginan masing-masing. Jika enggan membawa pejati dari rumah, Anda bisa membeli di tempat pelukatan.

Selepas sembahyang dan menghaturkan pejati, dilanjutkan dengan mandi di bawah guyuran air pancuran. Setelah melukat usai dilalukan, Anda akan diberi tirta dan bija oleh pemangku.

Tak sembarang orang boleh masuk ke wilayah Pura Tirta Sudamala. Terutama bagi wanita yang sedang hamil tidak diperkenankan untuk memasuki kawasan pura. Ini terkait untuk menjaga kesucian pura.

baca juga: Pura Goa Giri Putri Nusa Penida, Pura Unik yang Berada di Dalam Gua

Berkunjung ke Pura Tirta Sudamala tak hanya untuk membersihkan jiwa raga namun juga untuk mendapatkan ketenangan pikiran dari sumpeknya hiruk pikuk perkotaan.

Pura Tirta Sudamala 4 1024x1024 Pura Tirta Sudamala Bangli, Pura Suci dengan Suasana yang Alami di Bali

by mascot

Lokasi Pura Tirta Sudamala

Pura Tirta Sudamala berada di Desa Sedit, Kelurahan Bebalang, Kecamatan/Kabupaten Bangli, tepatnya di tepian Sungai Banyu Asih. Jaraknya sekitar 1 kilometer dari pusat Kota Bangli. Tidak dikenakan tiket masuk jika ingin melukat di pura ini, namun terdapat kotak donasi untuk pemeliharaan dan pengembangan fasilitas pura.

Rute Menuju Pura Tirta Sudamala

Jalan menuju Pura Tirta Sudamala gampang ditemui. Namun karena jalannya tidak terlalu lebar, kendaraan roda empat harus parkir sekitar 200-300 meter sebelum sampai pura dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Namun jika membawa kendaraan roda dua, masih bisa meneruskan perjalanan hingga mendekati pura dan hanya perlu berjalan sedikit dari tempat parkir untuk menuruni anak tangga.

Nah, kalau Anda ingin mencoba membersihkan diri tapi enggan melakukannya di Pura Tirta Empul Tampak Siring, bisa pula mencoba sensasi melukat di tempat ini. Tidak kalah menariknya, lo.