Puri Anyar Kerambitan, Sajikan Pertunjukan Beragam Kesenian Tradisional Bali

puri anyar kerambitan

via paketbalimurah

di Tabanan menjadi pilihan tempat wisata yang tepat untuk para pencinta kesenian. Di tempat ini, Anda akan menyaksikan penampilan beragam pertunjukan seni budaya tradisional Bali. Ditambah lagi, puri ini merupakan peninggalan kerajaan Bali di zaman dulu.

puri anyar kerambitan 1 Puri Anyar Kerambitan, Sajikan Pertunjukan Beragam Kesenian Tradisional Bali

via paketbalimurah

Puri Anyar Kerambitan diketahui dibangun pada abad ke-17 Masehi. Dulunya merupakan istana tempat tinggal para anggota Kerajaan Tabanan. Meski telah berusia ratusan tahun, kondisi bangunan istana ini pun masih terjaga dengan baik. Para pengunjung tetap bisa menyaksikan keunikan dan ciri khas nuansa Bali di dalamnya.

Di tempat ini, para pengunjung juga akan mendapati sebuah pohon beringin besar yang telah ada sejak tahun 1977. Selanjutnya, di bagian dalam terbagi menjadi beberapa seksi yang disebut dengan nama palebahan. Terdapat beberapa palebahan di bangunan ini, di antaranya adalah Jaba Tengah, Bencingan Puri, Cangem Kodok, Seren Agung, serta Pemerajan Agung.

baca juga: Taman Kupu-Kupu Bali, Lokasi Liburan Keluarga Alternatif di Tabanan

Selain itu, ada pula area suci yang disebut dengan nama Merajan Agung. Di area suci Puri Anyar Kerambitan ini, para pengunjung bisa menyaksikan keberadaan beragam perabotan kuno yang didatangkan dari Cina dan Belanda.

Pertunjukan Seni Tradisional di Puri Anyar Kerambitan

Satu hal yang menarik dari kunjungan ke tempat ini adalah pertunjukan seni tradisional Bali. Ada beragam kesenian yang dipertontonkan sebagai wujud sambutan kepada para pengunjung. Di antaranya adalah Tariang Legong Lekong, Joged Bumbung, Andir, serta Tektekan.

Sambutan ala Bangsawan di Puri Anyar Kerambitan

Tidak ketinggalan, para pengunjung Puri Anyar Kerambitan juga akan memperoleh suguhan santap malam selayaknya seorang bangsawan. Menu yang disajikan di tempat ini pun spesial. Hal ini dilakukan sebagai sarana memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

baca juga: Menyaksikan Kemegahan Patung Budha Tidur Vihara Dharma Giri di Tabanan

Apalagi, tempat ini dikenal sebagai lokasi wisata yang kerap dikunjungi para pesohor. Beberapa tokoh terkenal dunia pun tercatat pernah berkunjung ke sini. Bukti kedatangan mereka pun bisa disaksikan dengan keberadaan foto yang sengaja dipajang oleh pengelola puri.

puri anyar kerambitan 2 Puri Anyar Kerambitan, Sajikan Pertunjukan Beragam Kesenian Tradisional Bali

via paketbalimurah

Sebut saja di antaranya adalah David Bowie, Mick Jagger, King Hussein, ataupun Prince Bartiel dari Swedia. Pada awalnya, tempat ini memang hanya ditujukan untuk tempat penyambutan para tamu. Namun, hal tersebut berubah mulai tahun 1967. Tempat ini secara resmi dibuka untuk umum dan dilanjutkan hingga sekarang.

Lokasi Puri Anyar Karembitan

Para wisatawan bisa berkunjung ke tempat ini dengan tidak begitu sulit. Lokasinya berada di Desa Baturiti yang terletak di Kecamatan Karembitan di Kabupaten Tabanan. Tempat ini berjarak sekitar 28 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Cara paling mudah untuk datang ke tempat ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi, saat ini Anda bisa menjumpai berbagai layanan penyewaan kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil dengan mudah di Bali. Alternatifnya, bisa pula menggunakan layanan taksi online yang terkenal memiliki tarif ramah di kantong.

baca juga: Pulau Penyu Tanjung Benoa, Suguhan Wisata Edukasi yang Menyenangkan di Bali

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda juga bisa menyempatkan untuk datang ke tempat wisata yang berada tidak jauh. Termasuk di antaranya adalah Pantai Kelanting. Selain itu, rumah-rumah warga yang masih terlihat menggunakan desain tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bagaimana? ini tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata lainnya di Bali, kan?