Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem, Wisata Kekinian di Pulau Bali

Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem

Instagram photo by Daniel Raynaldo Tan

Berlibur ke Bali, sempatkan untuk mampir ke . Objek wisata yang sedang hits di kalangan anak muda ini sangatlah unik. Tak heran jika banyak pengunjung terutama anak-anak muda banyak yang datang dan berfoto-foto di lokasi ini.

Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem 4 1024x609 » Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem, Wisata Kekinian di Pulau Bali

Instagram photo by Daniel Raynaldo Tan

Sejak dibuka pada tahun 2015, rumah pohon unik ini tak pernah sepi pengunjung. Kebanyakan yang datang adalah anak muda yang ingin merasakan sensasi lain ketika berlibur. Saat berfoto-foto ternyata objek yang tertangkap kamera terlihat sangat menarik karena diambil dari ketinggian. Karena banyak foto yang beredar melalui media sosial tentang lokasi rumah pohon unik sehingga kian banyak pengunjung yang datang.

baca juga: Air Terjun Tukad Cepung Bali, Keindahannya Terlindung Bebatuan

Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem didirikan oleh Bapak Komang Sakrana, di areal seluas 6 ribu meter persegi atau sekitar 0.6 hektar. Terdapat 2 buah rumah pohon yang sebagian besar terbuat dari bambu. Rumah pohon ini mampu menampung 6 orang saja. Sehingga ketika sedang ramai pengunjung, harus antri terlebih dahulu untuk ikut merasakan sensasi berada di rumah pohon.

Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem 3 1024x683 » Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem, Wisata Kekinian di Pulau Bali

Instagram photo by Dekde

Keunikan dari rumah pohon ini terletak pada akses untuk naik menuju rumah pohon. Pengunjung harus melewati sebuah jembatan yang terbuat dari bambu yang sudah ditata rapi. Jembatan ini lumayan tinggi, dan harus berhati-hati bagi yang takut akan ketinggian.

baca juga: Air Terjun Jagasatru Karangasem, Wisata Air Terjun Memukau di Bali

Sesaat sampai di rumah pohon, pemandangan indahnya Gunung Agung di sebelah barat daya terpampang nyata di depan mata. Sungguh mempesona dan menakjubkan. Jika menghadap timur, pemandangan Pantai Tulamben dan Pantai Amed tampak sangat indah dengan birunya air laut.

Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem 1 1024x768 » Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem, Wisata Kekinian di Pulau Bali

Instagram photo by Valentina Angelina

Keindahan yang terlihat dari atas ketinggian ini sungguh membuat takjub setiap mata yang memandang. Berfoto-foto dari atas rumah pohon inilah yang menjadi momen tak terlupakan ketika berkunjung ke Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem.

baca juga: Bale Udang Mang Engking, Kuliner ala Pedesaan di Denpasar

Puas berdiri dan memandangi keindahan alam dari atas rumah pohon, pengunjung dapat turun untuk melihat sebuah piramida yang terbuat dari susunan bebatuan. Bebatuan yang terbuat dari campuran semen dan tanah liat ini dibentuk bulat-bulat dan disusun dengan rapi hingga membentuk sebuah piramida. Terlihat sangat unik dan menarik. Di piramida ini Anda juga dapat berfoto-foto untuk mendapatkan sensasi unik dari bangunan ini.

Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem 2 1024x1024 » Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem, Wisata Kekinian di Pulau Bali

Instagram photo by Hesti Firza Yuniar

Terdapat juga ayunan-ayunan sederhana serta gazebo-gazebo untuk sejenak beristirahat. Sambil bermain ayunan dengan diterpa sepoi-sepoi angin yang berhembus, menjadikan kedamaian dan kenyamanan. Hilang sudah kepenatan setelah menikmati keindahan panorama di Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem.

Lokasi Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem

Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem terletak di Desa Batu Dawa, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, dan termasuk objek wisata di kawasan Bali Timur. Tempat ini cukup mudah dijangkau. Ditambah lagi, tiket masuknya hanya Rp10 ribu per orang.

Cara Menuju Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem

Lokasinya berdekatan dengan objek wisata Tulamben hanya sekitar 20 menit perjalanan, sehingga sering disebut Rumah Pohon Tulamben. Jadi jika ada yang menyebut Rumah Pohon Tulamben itu maksudnya Rumah Pohon Batu Dawa Karangasem di Desa Batu Dawa. Kalau ditempuh dari Kuta, memerlukan waktu 3 jam perjalanan.