Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, Wisata Budaya Gratis di Gianyar

Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma

via http://balebali.com/

Datang ke museum bisa menjadi perjalanan yang menarik, apalagi museum yang di datangi menyimpan koleksi yang menarik dan unik. yang berada di Bali. Tak hanya koleksi unik yang dimiliki namun juga informasi yang sangat bermanfaat dapat Anda temui di sini.

Seorang A Prayitno memiliki hobi unik yakni mengumpulkan berbagai topeng dan wayang dari seluruh Indonesia bahkan dunia. Hobi yang ia tekuni sejak remaja itu ternyata disambut hangat oleh Hadi Sunyoto yang seorang pengusaha kawat las asal Jakarta. Karena Hadi Sunyoto juga memiliki minat yang sama seperti A Prayitno sebagai kolektor seni.

Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma 3 Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, Wisata Budaya Gratis di Gianyar

via jakartajive.com

Sejarah Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma

Hadi Sunyoto yang nota bene seorang pengusaha, tidak memiliki kesulitan yang berarti dalam mengumpulkan topeng dan wayang dari seluruh Indonesia bahkan dunia tersebut. Semangat A Prayitno yang gigih untuk berusaha melengkapi koleksinya membuat Hadi Sunyoto tertantang untuk membantu perjuangan A Prayitno itu.

baca juga: Krisna Adventure Buleleng, Pilihan Tempat Wisata Keluarga Murah Meriah di Bali

Akhirnya semakin banyak koleksi topeng dan wayang yang mereka miliki, mereka memutuskan untuk membuka sebuah museum agar semua dapat menikmati koleksi yang mereka miliki. Pada tahun 1998 dibangunlah Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma di Bali. Di tanah seluas satu seperempat hektar tersebut ribuan topeng dan wayang akhirnya memiliki rumah tinggal.

Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma 1 Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, Wisata Budaya Gratis di Gianyar

via http://balebali.com/

Bangunan museum ini memiliki karakteristik rumah joglo dengan berbagai ornamen Bali sehingga unsur budaya sangat terasa kental. Koleksi wayang dan topeng yang dimiliki mencapai 1.300 topeng dan 5.700 wayang. Kumpulan koleksi tersebut bisa memuaskan hasrat wisatawan yang mengaku sebagai pencinta budaya.

baca juga: Restoran Bow Bali, Tempat Makan Unik dengan Desain Ruangan Cerah dan Warna-warni

Koleksi wayangnya tak hanya berasal dari Indonesia, ada juga yang berasal dari Malaysia, Jepang, India dan banyak lagi. Bahkan koleksi wayang dari Bali memiliki 8 macam wayang. Koleksi topeng juga didapatkan dari Jepang, Meksiko, Tiongkok, Srilanka, Vietnam, Laos, bahkan negara-negara di Benua Afrika selain topeng asli dari Indonesia tentunya.

Selain ribuan wayang dan topeng, Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma juga memiliki fasilitas lain. Fasilitas itu adalah sebuah panggung terbuka untuk pagelaran seni dan budaya. Panggung terbuka ini bisa menampung sekitar 500 penonton dengan view areal persawahan.

Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma 2 1024x576 Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, Wisata Budaya Gratis di Gianyar

via baliindonesiabudaya

baca juga: Melihat Keunikan Tradisi Perang Pandan Mekare-kare di Desa Tenganan

Terdapat pula sebuah ruangan besar yang bisa digunakan untuk perhelatan musik atau drama. Pertunjukan yang dilakukan di sini sangat digemari karena bangunannya terbuat dari kayu jati, mulai dari lantai, dinding hingga plafon. Sehingga menimbulkan suara musik yang apik dan terjaga.

Lokasi Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma

Museum unik ini dapat Anda temui di Jalan Tegal Bingin, Banjar Tengkulak Tengah, Desa Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali. Tujuannya tak hanya sebagai pelestarian budaya namun juga sarana edukasi dan hiburan. Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WITA dan tidak dipungut biaya untuk dapat melihat keunikan koleksinya.

Dengan aksesnya yang gratis tersebut, tempat ini pun bisa menjadi alternatif liburan yang anti-mainstream di Bali. Terelbih, berkunjung ke Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma ini menjadi sarana untuk memupuk kecintaan terhadap budaya dalam negeri. Kalau bukan kita yang mencintai budaya ini, siapa lagi?