Sejuknya Berada di Guyuran Air Terjun Tegenungan Gianyar

Air Terjun Tegenungan Gianyar

Instagram photo by @egi_rangerhijau

Suasana Sejuk dan menenangkan akan Anda dapatkan ketika berwisata ke . Air yang mengalir dari atas seolah memberi ketenangan serta kesejukan jiwa siapapun yang berada di bawahnya. Seolah membawa pergi semua penat dan stres setelah bekerja seminggu. Maka, segeralah berwisata ke Air Terjun Tegenungan untuk mendapatkan kenyamanan hati.

Air Terjun Tegenungan Gianyar 4 819x1024 Sejuknya Berada di Guyuran Air Terjun Tegenungan Gianyar

Instagram photo by @egi_rangerhijau

baca juga: Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Di sekitar lokasi air terjun, pemandangan dengan pepohonan yang menghijau menjadi daya tarik utama selain guyuran air terjun yang menghujam ke bawah. Obyek wisata alam berupa air terjun ini banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Bukan hanya turis domestik yang datang, wisatawan asing pun turut bersuka cita berlibur di Air Terjun Tegenungan Gianyar.

Air Terjun Tegenungan Gianyar 2 1024x1024 Sejuknya Berada di Guyuran Air Terjun Tegenungan Gianyar

Instagram photo by Sydney Lobo

Setelah masuk dan memarkir kendaraan, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp.10,000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Setelah membayar tiket, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri puluhan anak tangga.

baca juga: Air Terjun Jembong Buleleng, Wisata Alam Wajib untuk Para Pencinta Air Terjun

Jalan setapak berupa barisan anak tangga ini sudah tertata dengak baik dan rapi. Setelah berada di ujung anak tangga, Anda harus menyusuri tepian Sungai (Tukad) Petanu agar bisa melihat Air Terjun Tegenungan dari jarak dekat.

Air Terjun Tegenungan Gianyar 1 1024x767 Sejuknya Berada di Guyuran Air Terjun Tegenungan Gianyar

Instagram photo by Sammy Lee

Selain air terjun utama, di dekatnya juga dibangun tempat-tempat pemandian untuk mandi. Airnya berasal dari sumber mata air alamidan sangat jernih. Karena kejernihannya, air di sini juga dimanfaatkan untuk dimasak sebagai kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat. Penduduk banyak yang mandi dan mengambil air ketika pagi atau sore hari.

Air Terjun Tegenungan memiliki air yang sejuk dan bersih, sehingga sangat cocok untuk berenang, mandi ataupun berendam. Jangan lupa untuk berfoto-foto untuk mengabadikan keindahan berlatar belakang air terjun.

Air Terjun Tegenungan Gianyar 3 1024x1024 Sejuknya Berada di Guyuran Air Terjun Tegenungan Gianyar

Instagram photo by Sydney Lobo

baca juga: Air Terjun Yeh Mampeh, Air Terjun Indah nan Menakjubkan di Bali

Bagi Anda yang mempunyai cukup nyali, bisa melakukan atraksi melompat dari atas air terjun. Namun sangat tidak disarankan karena di lokasi ini tidak terdapat petugas penjaga. Sehingga baiknya tetap menjaga keselamatan pribadi dan tidak melakukan hal-hal yang membahayakan.

Sudah terdapat beberapa fasilitas yang dibangun oleh pemerintah sebagai penunjang kegiatan pariwisata di obyek wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar. Diantaranya area perkir yang luas,  warung-warung sederhana yang menyediakan makanan dan minuman, beberapa restoran dan villa di sekitar lokasi, serta fasilitas kebersihan.

Lokasi Air Terjun Tegenungan Gianyar

Air terjun yang berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali ini memiliki ketinggian 15 meter. Tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang disajikan air terjun ini sanggup menarik perhatian para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, tak sedikit pula wisatawan asing yang tertarik dengan panorama di sini.

Rute Menuju Air Terjun Tegenungan Gianyar

Jika Anda berangkat dari Denpasar, berjarak sekitar 16 kilometer atau ditempuh dalam sekitar 45 menit perjalanan. Lokasinya sangat mudah ditemui karena berada di kawasan Gianyar dan Ubud yang memang memiliki banyak obyek yang wajib dikunjungi. Air terjun Tegenungan mempunyai nama lain yakni Air Terjun Kemenuh. Nama tersebut diambil dari nama desa lokasi air terjun tersebut.