Pantai Balian

di Pulau Bali kini menjadi primadona baru di kalangan para pecinta olahraga surfing. Pantai ini juga dikenal sebagai objek wisata dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Pantai yang terletak di Bali bagian barat ini juga dikenal karena memiliki keunikan yakni pasir pantainya berwarna hitam keabu-abuan.

Ombak yang tinggi di pantai ini membuat para wisatawan terus berdatangan ke Pantai Balian. Ombak yang besar dan tinggi, membuat para peselancar bisa melakukan berbagai atraksi dengan bebas. Meski tentunya kondisi seperti ini akan cukup berbahaya bagi mereka yang baru belajar.

pantai balian 2 » Surganya Surfing di Pantai Balian Bali

Pantai Balian, pantai dengan gulungan ombak tinggi yang menjadi favorit para peselancar via digitalartmedia

Selain berombak tinggi, Pantai Balian juga harus diwaspadai terutama oleh para peselancar. Karena di lokasi pantai ini sering ditemui hiu yang siap memangsa para surfer. Karena merupakan Laut Selatan maka tak heran jika ikan hiu sering berkeliaran di sini, sehingga diharapkan agar peselancar lebih waspada dan hati-hati.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Balian adalah ketika sore hari menjelang matahari terbenam untuk melihat sunset. Dan Anda yang berniat untuk berselancar, sebaiknya datang sebelum jam 11 siang karena pada waktu-waktu tersebut angin darat berembus lebih kencang. Hal ini bisa membuat kegiatan surfingmu menjadi semakin menyenangkan dan penuh tantangan.

Pantai Balian 1 1024x576 » Surganya Surfing di Pantai Balian Bali

Pantai berpasir hitam kecokelatan, suasana unik yang bisa dijumpai di Pantai Balian via bikerkampung86

baca juga: Pantai Balangan Uluwatu Bali, Pantai Indah yang Wajib Dikunjungi di Pulau Dewata

Selain berselancar, ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Balian ini. Termasuk di antaranya adalah bersantai sembari tiduran di pinggir pantai. Pasir yang berwarna hitam bukan berarti pasirnya kotor. Tetapi memang pantai yang berada di kawasan Tabanan berpasir hitam dan inilah ciri khasnya. Anda pun bisa bersantai sembari berjemur di pantai ini.

pantai balian 3 » Surganya Surfing di Pantai Balian Bali

Serangkaian serangan hiu dilaporkan kerap terjadi di perairan Pantai Balian via pemburuombak

Pantai Balian ini juga memiliki keindahan yang mempesona. Tak heran jika pasangan yang baru menikah memutuskan untuk honeymoon di pantai ini. Lokasinya sepi ditambah dengan pemandangan yang memukau menambah suasana romantis. Keindahan saat sunset bisa Anda nikmati sambil duduk santai di atas pasir.

baca juga: Pantai Berawa Canggu Bali, Pantai Indah dengan Suasana yang Sepi

Fasilitas pendukung yang ada di pantai ini juga cukup lengkap. Karena merupakan lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, maka disekitar wilayah pantai banyak dijumpai tempat penginapan ataupun villa untuk kenyamanan wisatawan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi sesuai dengan fasilitas akomodasi yang disediakan. Selain itu banyak pula bar dan restoran yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Lokasi Pantai Balian Bali

Obyek wisata Pantai Balian terletak di wilayah Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan, Bali. Jarak tempuhnya kurang lebih 60 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Denpasar atau sekitar 84 km dari pelabuhan Gilimanuk.

baca juga: Pantai Dreamland Bali, Pantai Impian Baru di Pulau Dewata

Cara Menuju Pantai Balian

Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor atau mobil untuk menuju lokasi, namun disarankan jika belum pernah kesini sebelumnya agar menyewa kendaraan dengan sopir untuk kenyamanan dan menghindari jika tersesat di jalan. Untuk masuk lokasi wisata tidak dipungut biaya masuk, namun dikenakan tarif parkir kendaraan saja, 2 ribu untuk parkir motor dan 5 ribu untuk parkir mobil.