Taman Gili Kerta Gosa, Tempat Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Klungkung

Taman Gili Kerta Gosa

by @yogatraveltree

Berkunjung ke Bali tak lengkap rasanya tanpa mendatangi situs-situs budaya. Salah satu situs budaya yang menjadi kebanggaan warga Bali terutama Kabupaten Klungkung adalah . Objek wisata budaya ini merupakan situs peninggalan Kerajaan Klungkung yang berupa bangunan terbuka (bale). Secara resmi bangunan ini merupakan bagian dari komplek Puri Semarapura.

Taman Gili Kerta Gosa 4 1024x767 Taman Gili Kerta Gosa, Tempat Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Klungkung

by @yogatraveltree

Taman Gili Kerta Gosa sendiri memiliki 2 bangunan utama yakni Bale Kambang dan Bale Kerta Gosa. Bale Kambang merupakan sebuah bangunan besar yang terletak di tengah dan dikelilingi oleh kolam (Taman Gili). Sedangkan Bale Kerta Gosa adalah sebuah bangunan tinggi yang terletak di sudut kanan sesudah pintu masuk taman.

Keunikan dari bangunan di Kerta Gosa terletak pada permukaan langit-langit bale yaitu terdapat lukisan tradisional khas Bali yang bergaya Kamasan (sebuah desa di Klungkung). Lukisan ini berupa gambar wayang yang begitu populer di masyarakat Bali.

Taman Gili Kerta Gosa 1 1024x576 Taman Gili Kerta Gosa, Tempat Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Klungkung

by Fitri Gunawan

Pada mulanya, lukisan-lukisan ini tergambar pada kain dan parba. Kemudian pada tahun 1930 mulai diganti dan dibuat permanen di atas eternit. Lalu direstorasi sesuai aslinya sehingga masih utuh sampai sekarang.

Lukisan-lukisan Kamasan yang digambar di langit-langit Kerta Gosa memberi pelajaran kerohanian yang sangat berharga. Di setiap bagian langit-langit, lukisan dibuat dengan cerita yang berbeda. Ada yang bercerita tentang tiap fase kehidupan manusia dari kelahiran sampai ajal menjemput. Di bagian lain tergambar cerita tentang karma dan reinkarnasi.

baca juga: Brahmavihara-Arama Buleleng, Wihara Terbesar di Seantero Pulau Bali

Tiap lukisan terbagi menjadi 6 tingkatan, yang berada paling atas yakni mewakili nirwana. Lukisan Kamasan juga sering ditemukan pada bangunan pura-pura sebagai hiasan yang memiliki arti beragam. Biasanya mengambil cerita dari kisah-kisah Ramayana atau Mahabharata.

Sebagai peninggalan budaya Kerajaan Klungkung dalam lingkungan Puri Semarapura, Bale Kambang dan Kerta Gosa digunakan sebagai tempat untuk mengadakan rapat kerajaan. Di tempat inilah kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Klungkung dibahas. Selain itu juga digunakan sebagai tempat upacara keagamaan. Utamanya adalah upacara Yadnya yakni upacara potong gigi (mepandes) bagi para putra-putri raja.

Taman Gili Kerta Gosa 2 1024x904 Taman Gili Kerta Gosa, Tempat Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Klungkung

by Bali Media Info

Ketika Klungkung dikuasai oleh Belanda, bale-bale ini digunakan untuk tempat peradilan. Segala perkara mulai dari perkara adat sampai maupun perkara kerajaan disidangkan dan diputuskan di bale ini.

baca juga: Hutan Bambu Penglipuran Bangli, Tempat Wisata Instagramable di Bali

Untuk semakin memperdalam pengetahuan tentang Kerajaan Klungkung beserta peninggalannya, pemerintah setempat membangun Museum Budaya dalam area Taman Gili Kerta Gosa. Museum ini menyimpan peninggalan bersejarah Kerajaan Klungkung dan alat-alat yang digunakan pada pengadilan tradisional Bali pada zaman dulu.

Taman Gili Kerta Gosa Jadi Lokasi Foto Prewedding

Karena Taman Gili Kerta Gosa memiliki arsitektur bangunan yang indah, tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk sekedar mengabadikan keindahan bangunan Kerta Gosa dalam foto. Bahkan pasangan yang akan menikah sering menggunakan lokasi ini sebagai latar dalam foto prewedding.

Taman Gili Kerta Gosa 3 1024x671 Taman Gili Kerta Gosa, Tempat Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Klungkung

by @dwaphotography

baca juga: Telusuri Jejak Pura Puncak Penulisan Bali, Pura Tertua di Pulau Dewata

Lokasi Taman Gili Kerta Gosa Klungkung

Letaknya tepat berada di depan Kantor Bupati Kabupaten Klungkung, atau tepat di jantung Kota Semarapura Ibukota Kabupaten Klungkung. Jika dari Denpasar menempuh jarak sekitar 40 kilometer ke arah timur melalui jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Bagaimana? Taman Gili Kerta Gosa di Klungjung ini menarik, kan? Anda juga akan bisa menjumpai berbagai tempat wisata menarik lainnya di Klungkung ataupun di kabupaten lainnya di Bali.