Taman Kupu-Kupu Bali, Lokasi Liburan Keluarga Alternatif di Tabanan

Kupu-kupu sayap burung sorga di Taman Kupu-Kupu Bali

Kupu-kupu sayap burung sorga di Taman Kupu-Kupu Bali via annelies schrasser

Berkunjung ke Tabanan Bali bersama keluarga, bisa banget lho dijadikan sebagai alternatif lokasi liburan. Taman ini bakal memberikan sarana wisata edukasi untuk anak-anak. Terlebih tempat ini menyimpan banyak jenis spesies kupu-kupu yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Datang ke tempat ini, anak-anak pun bisa belajar banyak hal. Terlebih mereka juga bisa secara langsung menyaksikan keindahan alam dengan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Terlebih di tempat ini, wisatawan tak hanya bisa menengok kecantikan berbagai jenis kupu-kupu, tapi dapat juga berkesempatan untuk melihat proses metamorfosis dari ulat menjadi kepompong dan selanjutnya berubah menjadi kupu-kupu yang cantik.

Taman Kupu Kupu Bali 1024x768 Taman Kupu Kupu Bali, Lokasi Liburan Keluarga Alternatif di Tabanan

Bali via anythingbali.com

Taman Kupu-Kupu Bali ini sebenarnya sudah berdiri sangat lama, diresmikan pada tahun 1996. Hanya saja, popularitas tempat wisata edukasi yang satu ini memang kalah jauh dibandingkan dengan destinasi wisata lain di Bali ataupun Tabanan. Tidak heran kalau kondisi yang akan dijumpai di bagian luar taman ini pun kurang begitu terawat.

baca juga: 10 Tempat Wisata di Bali untuk Anak-Anak yang Seru dan Menarik

Keindahan Taman Kupu-Kupu Bali

Meski begitu, bukan berarti Taman Kupu-Kupu Bali ini bukan menjadi destinasi wisata edukasi yang tidak menarik lho. Di tempat ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan keberadaan kupu-kupu cantik yang ditempatkan pada sebuah kandang yang dilengkapi jaring di sekelilingnya. Pemberian jaring itu dilakukan dengan tujuan agar para kupu-kupu tidak terbang ke luar area taman.

Di tempat ini, terutama pada saat pagi hari, para traveler akan bisa menyaksikan betapa ramainya kupu-kupu yang menjadi koleksi taman ini. Tak ketinggalan, di sini juga terdapat jenis kupu-kupu langka yang banyak menyita perhatian wisatawan. Kupu-kupu tersebut adalah kupu-kupu sayap burung sorga yang mempunyai nama latin Omithoptera paradisea.

Kupu kupu cantik yang bisa dijumpai di Taman Kupu Kupu Bali 1024x719 Taman Kupu Kupu Bali, Lokasi Liburan Keluarga Alternatif di Tabanan

Kupu-kupu cantik yang bisa dijumpai di Taman Kupu-Kupu Bali via hachitourtravelbali

baca juga: Pura Tirta Empul Tampak Siring dan Keunikan Tradisi Melukat

Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat menyaksikan keberadaan hewan lain di tempat ini. Mulai dari lebah, kalajengking, laba-laba serta berbagai jenis serangga langka dan unik. Dengan suasananya yang rindang, para pengunjung pun tidak perlu khawatir kepanasan dan bakal merasa betah saat datang ke tempat ini.

Kupu kupu sayap burung sorga di Taman Kupu Kupu Bali 1024x754 Taman Kupu Kupu Bali, Lokasi Liburan Keluarga Alternatif di Tabanan

Kupu-kupu sayap burung sorga di Taman Kupu-Kupu Bali via annelies schrasser

Seperti halnya ketika berkunjung ke tempat wisata lain, di sini para wisatawan bisa pula membawa pulang oleh-oleh. Oleh-oleh itu tentunya adalah suvenir yang berkaitan dengan kupu-kupu. Ada berbagai jenis kupu-kupu yang telah diawetkan dan dikeringkan yang merupakan salah satu suvenir khas dari Taman Kupu-Kupu Bali.

Lokasi Butterfly Park Bali

Taman Kupu-Kupu Bali atau yang juga banyak dikenal dengan nama Butterfly Park Bali ini terletak di Dusun Sandan Lebah yang masuk bagian dari Desa Wanasari, Tabanan. Lokasi Butterfly Park Bali ini terletak kurang lebih 60 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Perjalanan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk Taman Kupu-Kupu Bali

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8.00 WITA hingga pukul 16.00 WITA. Meski begitu, alangkah baiknya kalau datang ke tempat ini pada pagi hari. Utamanya sebelum pukul 10.00 WITA. Tak lain karena pada momen tersebut, para pengunjung bisa menyaksikan kupu-kupu yang beterbangan dan menyesap madu dari bunga.

Mengenai harga tiket masuknya, para pengunjung akan dikenakan retribusi sebesar Rp75.000,00 per orang. Sementara untuk anak-anak, dikenakan biaya setengah harga, yakni Rp37.500,00.