Taman Ujung Karangasem, Wisata Istana Air Lokasi Foto Prewedding Favorit di Bali

Taman Ujung Karangasem

Tidak hanya pantai dan wisata alam. Tapi juga memiliki tempat bersejarah yang menarik. adalah salah satunya. Tempat ini dikenal luas sebagai lokasi foto prewedding favorit di Bali dan dikenal sebagai sebuah istana air peninggalan Kerajaan Karangasem. Di zaman penjajahan Belanda, Taman Ujung ini disebut dengan nama Waterpaleis yang artinya istana air.

Taman Ujung Karangasem 1 1024x684 Taman Ujung Karangasem, Wisata Istana Air Lokasi Foto Prewedding Favorit di Bali

Instagram photo by @dineshjay_photocinema

Para calon pengantin memilih Taman Ujung Karangasem sebagai lokasi foto prewedding favorit karena bangunan ini memiliki arsitektur yang mengagumkan. Taman yang dikenal dengan nama Taman Sukasada ini dibangun pad atahun 1909 atas permintaan dari Raja Kerajaan Karangasem, I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar Anak Agung Agung Ketut Karangasem Anglurah.

Taman Ujung Karangasem 2 819x1024 Taman Ujung Karangasem, Wisata Istana Air Lokasi Foto Prewedding Favorit di Bali

Instagram photo by @lianikon

Pembangunan Taman Ujung Karangasem ini dilakukan dengan menggunakan jasa arsitektur Belanda van Den Hentz dan arsitektur dari Cina bernama Loto Ang. Meski begitu, bangunan istana air ini dibuat dengan menggunakan desain arsitektur khas Bali. Pembangunan istana ini, mulanya adalah sebagia perluasan dari Kolam Dirah yang telah dibangun pada tahun 1901.

Pembangunan istana air ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Bayangkan saja, baru pada tahun 1921, pembangunan Taman Ujung resmi rampung. Selanjutnya, istana yang tercatat sebagai hak kepemilikan pribadi dari keluarga Kerajaan Karangasem ini dibuatkan sebuah prasasti marmer yang bertuliskan dalam dua bahasa, yakni bahasa Bali dan Melayu.

Taman Ujung Karangasem 3 1024x1024 Taman Ujung Karangasem, Wisata Istana Air Lokasi Foto Prewedding Favorit di Bali

Instagram photo by @komangreksa

Sayangnya, keberadaan istana air ini tergerus oleh perkembangan zaman. Pada awal pembangunannya, Taman Ujung Karangasem ini memiliki luas mencapai 400 hektare. Namun, saat ini luas kompleks istana air ini hanya mencapai 10 hektare. Alasan berkurangnya lahan pada istana ini karena sebagian besar wilayahnya dibagikan kepada rakyat pada masa reformasi tanah.

baca juga: Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Wisata Antimainstream di Pulau Dewata

Selain itu, Taman Ujung Karangasem ini juga pernah mengalami kerusakan yang sangat parah. Kerusakan itu terjadi tepatnya pada tahun 1963. Kerusakan tersebut diakibatkan karena bencana letusan Gunung Agung yang dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Bali.

Taman Ujung Karangasem 4 1024x681 Taman Ujung Karangasem, Wisata Istana Air Lokasi Foto Prewedding Favorit di Bali

Instagram photo by @artagloryphotography

Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Bali juga pernah melakuka perbaikan pada kondisi bangunan di tempat ini. Termasuk di antaranya adalah proses renovasi pada tahun 2000. Proses renovasi tersebut dilakukan dengan tanpa melakukan perubahan pada desain asli bangunan.

baca juga: Rock Bar Bali, Resto Atas Tebing dengan Pemandangan Eksotis Tepi Pantai

Lokasi Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung ini terletak di Banjar Ujung yang masuk dalam wilayah Desa Tumbu di Kecamatan Karangasem, Bali. Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini, cara terbaik yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan jasa sewa kendaraan pribadi. Terlebih, ketersediaan transportasi umum menuju ke tempat ini cukup minim.

Tiket Masuk Taman Ujung Karangasem Bali

Para wisatawan yang tertarik dengan keindahan arsitektur bangunan di istana air Taman Ujung Karangasem tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Tiket masuk yang dikenakan oleh pengelola tempat wisata ini hanya Rp10.000,00 per orang. Selanjutnya, ada biaya parkir mobil sebesar lima ribu rupiah.

baca juga: Taman Wisata Tirta Gangga, Taman Indah Peninggalan Kerajaan Karangasem di Bali

Foto Prewedding di Taman Ujung Karangasem

Seperti yang telah diungkapkan di atas, tempat wisata ini lebih dikenal sebagai lokasi foto prewedding dibandingkan sebagai tempat wisata sejarah. Keunikan arsitektur bangunan di tempat ini menjadikannya sebagai tempat yang menarik. Hadir dengan perpaduan desain arsitektur Bali, Eropa, serta Cina. Bagi yang ingin melangsungkan sesi foto prewedding di sini, akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp600.000,00.