Taman Wisata Bali Mini, Ragam Wisata Edukasi Budaya Pulau Dewata Ada di Sini

Taman wisata bali mini

via indoholidaytourguide

menjadi tempat untuk liburan edukasi budaya yang tepat di Pulau Dewata. Tempat ini didirikan sengaja menjadi tempat yang memperlihatkan kekayaan budaya di Bali. Keberadaan tempat ini mengambil inspirasi dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ada di Jakarta.

Taman Bali Wisata Mini ini didirikan oleh Pande Ketut Krista, seorang warga bali yang cinta dengan kebudayaan di sana. Pendiriannyailakukan pada tahun 1996. Pembangunan tempat ini pun membutuhkan area yang luas, mencapai 5 hektare. Ditambah lagi, tempat ini sengaja berada di kawasan Ubud yang terkenal sebagai pusat seni budaya di Pulau Bali.

taman wisata bali mini Taman Wisata Bali Mini, Ragam Wisata Edukasi Budaya Pulau Dewata Ada di Sini

via indoholidaytourguide

Pertunjukan Gebuh Seraya di Taman Wisata Bali Mini

Salah satu seni budaya yang secara rutin dipertunjukkan di Taman Wisata Bali Mini adalah Gebuh Seraya. Gebuh Seraya ini merupakan kesenian yang berasal dari Desa Seraya. Dalam pertunjukan ini, para wisatawan akan bisa melihat keberadaan 24 orang yang berada dalam satu panggung. Dari 24 orang tersebut, 12 di antaranya bakal berperan sebagai seorang petarung bersenjata pentungan rotan.

baca juga: Agrowisata Bali Pulina Ubud, Sensasi Perkebunan Kopi Termahal

Para petarung tersebut pun akan mempertunjukkan kebolehannya dalam menangkis setiap serangan yang dilancarkan oleh musuh. Dalam waktu yang sama, pertunjukan ini juga dibarengi dengan iringan musik yang secara khusus dimainkan oleh seniman dari Desa Seraya. Iringan musik tersebut tentu saja merupakan iringan musik tradisional khas desa setempat.

Selain menjadi lokasi pertunjukan Gebuh Seraya, tersedia pula beragam fasilitas pendukung yang bisa digunakan oleh para wisatawan di tempat ini. Saat lapar, terdapat restoran serta kafe yang terletak di area taman. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu bingung saat ingin mencari makanan. Ditambah lagi, tempat ini juga memiliki area parkir yang luas serta bisa menampung bus pengunjung.

Cara Menuju Lokasi Taman Wisata Bali Mini

Lalu, bagaimana cara menuju lokasi taman wisata edukasi budaya Bali ini? Tidak terlalu sulit. Seperti yang telah disebutkan di atas, tempat wisata ini terletak di kawasan Ubud. Tepatnya di Banjar Nyuh Kuning di Desa Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar. Untuk menuju ke tempat ini, Anda memerlukan perjalanan selama sektiar 1 jam perjalanan dari Kota Denpasar.

baca juga: Pura Taman Saraswati Ubud, Pura Cantik dengan Kolam Teratai Indah

Cara menuju ke kawasan Ubud pun tidak terlalu sulit. Ada beragam jenis transportasi yang bisa digunakan. Anda bisa menemukan ragam penyewaan mobil di Kota Denpasar. Baik kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Tempat Wisata di Sekitar Taman Wisata Bali Mini

Saat berkunjung ke taman wisata ini, bisa pula menyempatkan waktu untuk berkunjung ke beberapa tempat menarik lain yang ada di kawasan Ubud. Apalagi, Ubud dikenal sebagai destinasi wisata yang populer. Ubud memang bukan tempat yang memiliki pantai indah. Namun, Ubud menjadi tempat yang tepat untuk merasakan nuansa yang khas pedesaan.

baca juga: Menikmati Pesona Wisata Alam Bukit Campuhan Ubud yang Mengagumkan

Beberapa tempat menarik pun bisa dijumpai di tempat ini. Mulai dari Mandala Wisata Wenara Wana, Bukit Campuhan, hingga beragam museum seni budaya yang sangat menarik. Nah, dengan ragam pilihan tempat wisata tersebut, jangan ragu lagi untuk memilih Ubud sebagai destinasi wisata di Bali. Hotel-hotel murah hingga mewah pun bisa dijumpai dengan gampang di tempat ini loh.