Tari Kecak Uluwatu, Wisata Budaya dengan Sajian Pemandangan Sunset Menakjubkan

tari kecak uluwatu

via uluwatukecakdance.com

Tari Kecak merupakan salah satu kesenian tradisional khas Bali. Anda bisa menyaksikan pertunjukan Tarian Kecak Uluwatu saat berkunjung ke sana. Tarian ini diciptakan pada tahun 1930 oleh seorang seniman tari Bali, Wayan Limbak. Ketika berlibur ke Bali, Anda pun bisa menyaksikan pertunjukan Tari kecak sebagai hiburan yang sangat sayang jika dilewatkan.

Yang unik dari adalah pertunjukan dilakukan di atas tebing di kawasan Pura Uluwatu. Dari atas tebing Uluwatu inilah, penyajian alam laut kian tampak indah dan memesona. Pantaslah jika kawasan Uluwatu ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

tari kecak uluwatu 2 1 1024x685 Tari Kecak Uluwatu, Wisata Budaya dengan Sajian Pemandangan Sunset Menakjubkan

by adiyusyfa

baca juga: Restoran Bali Asli, Sajian Kuliner Khas Pulau Dewata dengan Pemandangan Memesona

Selain untuk datang ke Pura Uluwatu yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, tentu juga untuk menyaksikan pertunjukan Tari Kecak yang dipentaskan setiap hari. Selain itu, Anda dapat menyaksikan keindahan sunset karena panggung pertunjukkan dirancang agar penonton bisa sekaligus melihat sunset.

Tari Kecak ini dimainkan oleh sekitar 50 orang penari. Para penari tersebut duduk melingkar sambil mengucapkan kata “cak-cak-cak-cak” dengan serentak. Drama yang dipentaskan mengusung cerita Ramayana. Oleh karenanya ada penari yanng berperan sebagai Rama, Sinta, Rahwana, Hanoman serta Sugriwa.

tari kecak uluwatu 3 Tari Kecak Uluwatu, Wisata Budaya dengan Sajian Pemandangan Sunset Menakjubkan

via uluwatukecakdance.com

Para penonton yang menyaksikan duduk melingkar dengan wisatawan yang lain. Semua penonton menghadap ke penari yang akan mementaskan pertunjukan Tari Kecak. Ada sebuah tungku di tengah-tengah penari sebagai perlengkapan pertunjukan.

baca juga: Big Garden Corner Sanur, Tempat Berburu Foto Instagrammable Baru yang Asyik di Bali

Sebelum masuk ke lokasi Pura Uluwatu ini, wisatawan akan diminta untuk mengenakan kain selendang di pinggang. Jika kebetulan Anda mengenakan pakaian pendek di atas lutut, maka harus menggunakan sarung. Hal ini dikarenakan Pura Uluwatu adalah lokasi yang suci dan untuk menghormati ketika berada di tempat peribadatan. Wanita yang sedang haid diperbolehkan untuk menyaksikan pertunjukan Tari Kecak ini.

Jadwal Pementasan Tari Kecak Uluwatu

Jadwal pementasan Tari Kecak Uluwatu adalah setiap hari pada pukul 18.00 – 19.00 WITA. Anda bisa mendapatkan harga tiket termurah dengan menghubungi travel agen yang menyediakan paket wisata Tari Kecak Uluwatu. Tiket untuk anak-anak, diberlakukan bagi anak-anak yang berusia diatas tiga tahun. Yang masih di bawah tiga tahun tidak dipungut biaya tiket alias gratis.

tari kecak uluwatu 1 1024x680 Tari Kecak Uluwatu, Wisata Budaya dengan Sajian Pemandangan Sunset Menakjubkan

via uluwatukecakdance.com

Karena banyaknya wisatawan yang ingin menonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu ini, sebaiknya datang 1 jam lebih awal untuk memilih posisi tempat duduk yang strategis. Jika Anda tidak membeli tiket di agen perjalanan, Anda bisa membeli di depan panggung sebelum pertunjukan dimulai.

baca juga: Pura Blanjong Sanur, Wisata Sejarah di Sela Keindahan Pantai Pulau Dewata Bali

Tentu harga yang dikenakan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh travel agent. Biasanya travel agent akan memberi harga khusus untuk pembelian tiket lebih dari 20 orang. Meski begitu, tiket ini cukup layak. Terutama karena pengalamannya yang memang tidak terlupakan.

Jika ingin menonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu, sebaiknya hindari akhir pekan. Karena dipastikan wisatawan yang ikut menyaksikan pertunjukan Tari Kecak akan penuh dan ramai. Anda bisa datang pada hari Senin atau Selasa, jika ingin lebih menikmati pertunjukan dengan posisi duduk yang lebih longgar karena penonton lebih sedikit yang datang.

Lokasi Pertunjukan Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak Uluwatu dapat Andak saksikan di kawasan Pura Uluwatu, di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.