Tebing Hijau Undisan, Hidden Grand Canyon Ala Bali

tebing hijau undisan

via bali.mehthesheep.com

layak disebut sebagai salah satu Hidden Grand Canyon di kawasan Pulau Bali. Hanya saja, Grand Canyon yang satu ini memiliki nuansa yang berbeda, karena dipenuhi oleh warna hijau, sesuai dengan namanya. Suasana yang tenang cocok bagi Anda yang ingin melakukan meditasi.

Seperti namanya, tebing ini memiliki warna hijau cantik yang berasal dari lumut yang menempel di seluruh tebing. Walau begitu, warna dari lumut justru memberikan keunikan yang menarik banyak pengunjung. Tak hanya tebingnya, namun Tebing Hijau juga memiliki aliran sungai yang membelah tebing serta bebatuan di sekitar aliran sungai yang menambah daya pikat.

tebing hijau undisan » Tebing Hijau Undisan, Hidden Grand Canyon Ala Bali

via bali.mehthesheep.com

Keindahan Tebing Hijau Undisan

Jika Anda perhatikan, lekukan lekukan di Tebing Hijau Undisan sekilas terlihat seperti bentuk wajah. Dua tebing yang hampir berhimpit ini dialiri sungai dengan aliran sungai yang tak deras. Namun, Anda perlu waspada sebab aliran air di Tebing Hijau dapat berubah menjadi deras lantaran debit air bertambah, dan biasanya terjadi ketika turun hujan.

Tak hanya Tebing Hijau Undisan, di sekitar tempat ini juga terdapat air terjun. Air terjun ini bernama Waterfall Tangkup atau air terjun Slau. Uniknya, air terjun ini sedikit di tutupi tebing di sampingnya. Airnya jernih dan menyegarkan oleh sebab itu digunakan penduduk setempat untuk mengairi sawah. Jika Anda datang di waktu yang tidak tepat, genangan air di Air Terjun Slau tidak ada airnya.

baca juga: Air Terjun Peguyangan Nusa Penida, Kolam Alami Tepi Jurang yang Anti-mainstream

Aturan Di Objek Wisata Tebing Hijau Undisan

Kawasan Tebing Hijau termasuk area yang disakralkan oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, Anda wajib mematuhi beberapa aturan yang dibuat sehingga Anda tak mengalami kejadian yang tak diinginkan. Anda dilarang berbicara kasar dan tidak sopan juga tak boleh membuang sampah sembarangan. Apabila Anda menemukan sampah sebaiknya Anda pungut dan memasukkannya ke kantong celana atau tas Anda dan buang ketika Anda menemukan tempat sampah. Kebersihan harus tetap dijaga jika Anda ingin Tebing Hijau tetap asri alamnya serta menghormati tempat yang disakralkan.

Lokasi Tebing Hijau Undisan

Tebing Hijau berlokasi di Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Seperti namanya, Tebing Hijau biasa disebut Hidden Green Canyon. Lokasinya yang tersembunyi tentu memiliki medan yang cukup berat untuk mencapai objek wisata yang satu ini. Jalanan menuju Tebing Hijau masih dibuat seadanya oleh masyarakat setempat dan pengelola wisata. Satu-satunya akses menuju Tebing Hijau ialah tangga yang dibuat dari tanah serta bambu-bambu yang berfungsi sebagai pembatas dan pegangan. Tak hanya itu, jalanannya juga sangat curam.

baca juga: The Garden Bali, Tempat Penitipan Sekaligus Liburan Anak yang Edukatif

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam seperti persawahan, hutan dan sungai. Air sungai yang Anda lewati juga cukup deras sehingga Anda harus tetap berhati-hati. Perjalanan menuju Tebing Hijau yang cukup sulit akan terbayarkan dengan pemandangan indah Tebing Hijau.

Di Tebing Hijau Undisan tidak memiliki fasilitas seperti toilet, warung ataupun tempat duduk sehingga Anda yang lapar wajib membawa bekal sendiri dan jika ingin istirahat Anda dapat menggunakan bebatuan sebagai tempat duduk. Untuk memasuki objek wisata, Anda tak dipungut biaya alias gratis. Anda wajib berhati-hati untuk menuju lokasi serta tetap menjaga perilaku Anda selama di kawasan Tebing Hijau.