Tradisi Mepantigan Bali, Seni Budaya Beladiri Berlumpur yang Unik

tradisi mepantigan bali

by Taman Mesari Luxury Villas

Indonesia terkenal dengan beladiri pencak silatnya. Secara khusus, ada pula tradisi yang tidak kalah dibandingkan seni beladiri lain. Biasanya, tradisi ini pun jadi pertunjukan yang menarik bagi para wisatawan. Oleh masyarakat umum, mepatigan juga kerap disebut dengan nama gulat lumpur, karena dilakukan areal sawah berlumpur.

Menurut bahasa, memiliki arti saling membanting. Tidak heran kalau masyarakat pun melihatnya punya kemiripan dengan seni beladiri gulat. Tradisi ini kini ramai dipertunjukkan, bahkan para wisatawan asing kerap turut serta meramaikan kegiatan ini. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut bergembira meramaikannya.

tradisi mepantigan bali 4 1024x787 » Tradisi Mepantigan Bali, Seni Budaya Beladiri Berlumpur yang Unik

by Linda

baca juga: Hotel Maxone Ubud, Suasana Menginap Berbeda di Tengah Suasana Tradisional Ubud

Perbedaan Antara Tradisi Mepantigan Bali dengan Pencak Silat

Menurut Putu Witsen Widjaya yang dikenal sebagai praktisi mepantigan senior di Bali, ada beragam perbedaan antara mepantigan dengan pencak silat. Dalam mepantigan, pelakunya lebih banyak menggunakan gerakan kuncian serta bantingan. Dalam praktiknya, mepantigan pun dipadukan dengan berbagai budaya tradisional Bali untuk menarik perhatian wisatawan.

tradisi mepantigan bali 3 » Tradisi Mepantigan Bali, Seni Budaya Beladiri Berlumpur yang Unik

by Taman Mesari Luxury Villas

Mereka yang turut serta dalam tradisi mepantigan Bali pun beragam. Witsen Widjaya mengatakan kalau tradisi ini berguna dalam meredam aksi kekerasan di Bali. Apalagi, dalam mepantigan, seseorang diajarkan untuk bersikap belas kasihan serta punya rasa hormat kepada lawannya.

baca juga: Serunya Pengalaman Naik Gajah di Taro Elephant Safari Park Ubud

tradisi mepantigan bali 1 » Tradisi Mepantigan Bali, Seni Budaya Beladiri Berlumpur yang Unik

by @tjs91

Pertunjukan Tradisi Mepantigan Bali di Ubud

Para wisatawan bisa dengan mudah menyaksikan pertunjukan mepantigan di Bali. Salah satu kawasan yang secara rutin memperlihatkan pertunjukan ini adalah di Ubud. Apalagi, Ubud dikenal sebagai daerah yang penuh dengan areal sawah hijau. Oleh karena itu, mepantigan pun bisa dilakukan dengan mudah tanpa kesulitan mencari area perhelatan.

tradisi mepantigan bali 2 1024x1024 » Tradisi Mepantigan Bali, Seni Budaya Beladiri Berlumpur yang Unik

by @dwichintya29

Dalam pertunjukan tradisi mepantigan Bali di Ubud, para pelakunya akan tampil dengan mengenakan seragam pakaian tradisional Bali. Terutama penggunaan celana yang dililit kain serta udeng pada bagian kepala. Sejatinya, mepantigan bisa dilakukan di mana saja. Baik di pantai, ruang terbuka ataupun yang lain. Namun, di Ubud pertunjukan dilaksanakan di sawah berlumpur.

baca juga: Seniman Coffee Studio, Kedai Kopi dengan Desain Ruangan Berseni Tinggi di Ubud

Lalu, di mana saja pertunjukan tradisi mepantigan Bali bisa disaksikan di Ubud? Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Pertama, wisatawan dapat memilih berkunjung ke Museum/Hotel Arma Ubud. Kedua, bisa pula memilih untuk datang ke Pondok Mepantigan Bali yang beralamat di Jl. Pasekan, Pondok Batu Alam No. 1, Br. Tubuh Batubulan, Gianyar. Pertunjukan ini biasanya dilaksanakan setiap Kamis malam.

Kejuaraan Dunia Tradisi Mepantigan Bali

Meski bukanlah seni beladiri yang populer di tanah air, siapa sangka kalau tradisi mepantigan Bali ternyata punya kompetisi tingkat dunia. Kompetisi tersebut pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010. Para pesertanya pun berasal dari berbagai negara, seperti Denmark, Korea Selatan, Jepang, Inggris, Belanda serta Swedia.

Tradisi mepantigan Bali ini pun kerap menjadi pilihan aktivitas liburan yang menarik. Secara khusus, wisatawan mancanegara memang punya ketertarikan tinggi terhadap kegiatan ini. Apalagi, di luar negeri para wisatawan susah memperoleh atraksi gulat lumpur seperti yang diperlihatkan pada kegiatan mepantigan ini.

Nah, apakah Anda tertarik untuk turut serta dalam kegiatan yang menarik ini? Bisa menjadi alternatif kegiatan liburan keluarga yang menarik, lho!