Tukad Unda Bali, Bendungan Cantik untuk Lokasi Prewedding yang Keren

Tukad Unda Bali

Foto prewedding cantik di Tukad Unda Bali via wulanwisata_2

adalah sebuah dam atau bendungan yang dibangun disalah satu sungai terbesar di Pulau Dewata Bali. Debit airnya cukup besar dan terus mengalir sepanjang tahun. Dalam bahasa lokal setempat, tukad berarti sungai dan unda berarti lapisan. Sehingga dapat diartikan Tukad Unda adalah sungai yang airnya berlapis-lapis.

Dari penampakannya, bendungan ini terlihat sangat unik. Air terjunnya merata dan datar tampak seperti tirai panjang yang tertata rapi dan sangat indah. Pasangan yang akan menikah biasanya berfoto dengan dilatari air terjun laksana tirai ini dengan ditemani beberapa anak desa setempat yang sedang bermain air. Cipratan air dari anak-anak yang sedang bermain ini menambah kesan romantis dan natural.

baca juga: Serunya Petualangan ala Indiana Jones di Totem Room Escape Bali

Tukad Unda Bali 1 Tukad Unda Bali, Bendungan Cantik untuk Lokasi Prewedding yang Keren

Anak-anak kecil yang kerap memanfaatkan sesi foto prewedding untuk mencari uang via placestoseeinyourlifetime

Anak-anak kecil pemeran figuran dalam sesi foto prewedding di Tukad Unda ini biasanya meminta bayaran dengan kisaran 30 ribu sampai 50 ribu per anak. Hhhmm… Upah yang cukup lumayan sebagai model untuk menambah kesan romantis dalam foto-foto calon mempelai. Tak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunjugi Tukad Unda di Klungkung ini. Anda yang hanya ingin berfoto-foto pun bisa dengan mudah dan gratis untuk mengambil pemandangan alam yang disuguhkan.

baca juga: Berburu Foto Keren di Museum 3 Dimensi Dream Museum Zone Bali

Tukad Unda Bali 2 Tukad Unda Bali, Bendungan Cantik untuk Lokasi Prewedding yang Keren

Bisa berpose keren kalau berkunjung ke Tukad Unda Bali via placestoseeinyourlifetime

Masyarakat sekitar Tukad Unda bermata pencaharian sebagai petani. Maka tak heran, keberadaan dam ini juga digunakan sebagai irigasi untuk mengairi sawah-sawah penduduk. Selain untuk irigasi, airnya yang deras dan tak pernah kering juga digunakan untuk mandi, mencuci, atau bahkan memancing. Pasir di sungai besar ini pun sering kali ditambang oleh penduduk sekitar sebagai sumber penghidupan.

Tukad Unda Bali 3 Tukad Unda Bali, Bendungan Cantik untuk Lokasi Prewedding yang Keren

Pemandangan indah Tukad Unda Bali via Rhesa Febrin Saputra

Ketika Anda menghadap utara, akan terlihat pemandangan indah Gunung Agung yang menjulang tinggi. Banyak terdapat pohon-pohon rindang sehingga suasananya sangat asri. Jika musim hujan tiba, debit airnya bertambah dan airnya berwarna kecoklatan. Sedikit tips, jangan berfoto prewedding ketika musim hujan ya… Karena tentu airnya deras, dan sangat berbahaya. Jangan sampai hanya karena untuk mendapatkan keindahan foto sampai mengorbankan nyawa….

Tukad Unda Bali 4 Tukad Unda Bali, Bendungan Cantik untuk Lokasi Prewedding yang Keren

Foto prewedding cantik di Tukad Unda Bali via wulanwisata_2

Lokasi Tukad Unda Bali

Tukad Unda terletak di Desa Lebah Banjar, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Jaraknya cukup dekat dari kota Denpasar, hanya sekitar 62 km dengan waktu tempuh 1,5 jam saja. Atau berjarak 44 km dari Bandara Ngurah Rai, dengan waktu tempuh sekitar 55 menit dengan kendaraan bermotor. Tukad Unda akan menjadikan foto prewedding Anda sangat spektakuler dan tak terlupakan.

Cara Menuju ke Tukad Unda Bali

Rutenya adalah dari Bandara Ngurah Rai carilah jalan By Pass Ngurah Rai melalui Jalan Tol Bali Mandara hingga ke Patung Titi Banda. Dari Patung Titi Banda ambil arah timur melalui Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan Jalan Pantai Watu Klotok lalu belok kiri menuju Jalan Raya Tojan.

Dari Jalan Raya Tojan lanjutkan menuju Jalan Raya Puputan. Di perempatan jalan puputan (terdapat Patung Kanda Pat Sari) belok ke kanan ke Jalan Diponegoro. Tepat sebelum jembatan terdapat sebuah patung. Dari patung tersebut Anda lurus saja sampai menemukan area parkir. Di area parkir itulah, Anda sudah sampai di Tukad Unda Klungkung.

Tukad Unda di Klungkung ini sangat mudah di akses karena dekat dengan jalan raya, bahkan dapat dilihat dari atas jembatan penghubung antar kota Klungkung dengan Kecamatan Dawan.