Wisata Alam Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali yang Menakjubkan

Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali

Instagram photo by chabib muhammad

Satu lagi objek wisata alam yang patut dikunjungi ketika sedang berlibur di Bali yakni . Kawasan hijau yang memiliki luas sekitar 1,3 hektar ini adalah yang terluas di wilayah Denpasar dengan dominasi tumbuhan bakau.

Wisata ini menyuguhkan taman bakau dengan suasana hijau yang menyegarkan. Sangat cocok untuk sekedar refresing pelepas penat, mencari ketenangan alam, cocok untuk bersantai dan menjauhi polusi kota.

Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali 1 1 1024x1024 Wisata Alam Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali yang Menakjubkan

Instagram photo by Devansa Dipda Putra

baca juga: Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Wisata Antimainstream di Pulau Dewata

Untuk pengunjung yang ingin berkeliling hutan dapat dengan mudah menapaki jembatan-jembatan yang terbuat dari kayu. Jembatan-jembatan ini mengitari seluruh kawasan sehingga sambil jalan-jalan, Anda juga dapat sesekali mengambil foto sambil beristirahat.

Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali 2 Wisata Alam Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali yang Menakjubkan

Instagram photo by @mangroving

Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali ini adalah hasil kerja sama pemerintah dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Di tengah lokasi hutan terdapat tower pemantau yang dapat digunakan untuk melihat seluruh kawasan hutan dilihat dari ketinggian.

baca juga: Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Biaya Foto Prewedding di Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali

Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WITA, wisata alam hutan bakau ini tak pernah sepi pengunjung. Mulai dari wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara selalu datang berkunjung. Bahkan pasangan yang akan menikah memilih lokasi ini sebagai lokasi foto prewedding karena lokasinya yang ciamik dan eksotis serta romantis. Untuk foto prewedding dikenakan tarif Rp 300.000/photo pre-wedding/rombongan.

Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali 4 1024x683 Wisata Alam Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali yang Menakjubkan

via http://mybaliphotography.com/

Koleksi Flora dan Fauna Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali

Sebagai wilayah hutan bakau terbesar di Denpasar, hutan mangrove ini memiliki koleksi sebanyak 19 jenis tumbuhan bakau, yang terdiri dari 12 jenis mangrove sejati dan 7 jenis asosiasi mangrove. Yang dominan merupakan jenis Rhizophora mucronata, Avicennia marina, Rhizophora apiculata dan Sonneratia alba.

baca juga: Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali 3 1024x1024 Wisata Alam Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali yang Menakjubkan

Instagram photo by chabib muhammad

Terdapat sekitar 66 jenis burung yang ditemukan di sini. Kebanyakan merupakan spesies burung air seperti oriental darte, grey heron, little pied cormorant, javan pond heron, intermediate egret, great egret, lesser whistling duck, black-crowned night heron, Eurasian curlew, and kingfisher. Selain dari jenis burung, juga terdapat spesies dari jenis reptil serta amfibi yang sering ditemukan seperti ular bakau, katak, iguana, kadal, kura-kura softshell Asiatik, dan masih banyak lagi.

Waktu terbaik untuk datang adalah ketika matahari masih belum tinggi atau ketika pagi hari atau siang hari. Waktu ini adalah yang terbaik untuk menikmati semilir kesejukan udara pagi atau momen terbaik untuk melihat sunrise atau sunset dari atas menara pemantau.

Lokasi Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali

Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali lokasinya sangat mudah diakses karena berada di pinggir Jalan Raya By Pass Ngurah Rai. Jika dari bandara Ngurah Rai dapat ditempuh dalam 20 menit saja dengan berkendara.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali

Panorama hijaunya bakau di Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali ini disulap menjadi objek wisata yang modern. Untuk tiket masuknya pun cukup murah yakni Rp 10.000/orang. Untuk rombongan dewasa sebesar Rp 6.000/orang dan untuk rombongan anak-anak sebesar Rp 1.500/orang.