Wisata Pemandian Air Panas Banjar, Sumber Air Panas Berusia Ratusan Tahun di Bali

Pemandian Air Panas Banjar

Pancuran air berbentuk kepala naga yang ada di kolam Pemandian Air Panas Banjar via Dolanbareng

Sumber Air Panas Yeh Panes bukan satu-satunya sumber air panas di Bali. Ada pula yang tidak kalah populernya. Bahkan, pemandian air panas ini menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan serta masyarakat lokal Bali di Kabupaten Buleleng.

Objek wisata Pemandian Air Panas Banjar ini paling terkenal di wilayah Bali Utara. Banyak wisatawan domestik maupun asing yang berkunjung ke pemandian ini untuk merasakan sensasi berendam di air hangatnya. Sudah sejak ratusan tahun lalu lokasi ini digunakan sebagai tempat pemandian. Selain dapat berendam di air hangatnya, Anda juga dapat merasakan kucuran air panas dari pancuran-pancuran yang berbentuk kepala naga.

Pemandian Air Panas Banjar 1 1024x680 Wisata Pemandian Air Panas Banjar, Sumber Air Panas Berusia Ratusan Tahun di Bali

Pancuran air berbentuk kepala naga yang ada di kolam Pemandian Air Panas Banjar via Dolanbareng

baca juga: Wisata Sumber Air Panas Yeh Panes di Penatahan Bali

Di Pemandian Air Panas Banjar  ini, terdapat 3 buah kolam yang memiliki lebar, panjang dan kedalaman yang berbeda-beda. Para pengunjung pun bisa memilih salah satu dari tiga kolam pemandian yang ada. Termasuk di antaranya adalah kolam yang ditujukan untuk anak-anak. Kolam pertama terletak di tingkat paling atas dengan panjang sekitar 12 meter dan lebarnya 1,5 meter. Kedalamannya 1 meter dan terdapat 8 buah pancuran air panas.

Kolam kedua terletak di bawah dari kolam pertama. Merupakan kolam terluas dari ketiga kolam yang ada karena memiliki panjang 12 meter dengan lebar 10 meter. Kedalamannya pun bervariasi mulai dari 1 meter yang dekat pancuran dan semakin menjauh kedalamannya bisa mencapai 2 meter. Perlu perhatian ekstra bagi anak-anak yang berenang di kolam ini agar tetap hati-hati.

Pemandian Air Panas Banjar 2 Wisata Pemandian Air Panas Banjar, Sumber Air Panas Berusia Ratusan Tahun di Bali

Kolam pertama dan kolam kedua di Pemandian Air Panas Banjar via wisata-bali

baca juga: Pasir Hitam di Pantai Soka Bali Tak Kalah Pesonanya dengan Pantai Pasir Putih Loh!

Kolam yang ketiga berada di sebelah barat kolam kedua dan agak terpisah dari kolam lainnya. Terdapat 3 pancuran dengan tinggi pancuran sekitar 3 meter. Kolam ketiga ini lebih dangkal, hanya sedalam pinggang orang dewasa. Air yang mengucur dari pancuran ini digunakan oleh pengunjung sebagai pijat relaksasi di punggung.

Objek wisata Pemandian Air Panas Banjar sudah dikelola dengan baik, terbukti sudah terdapat berbagai fasilitas penunjang yang sudah dilengkapi seperti tempat parkir kendaraan yang memadai, ruang ganti dan bilas, toilet, warung-warung makan dan restoran, bahkan toko-toko penjualan souvenir dan belanja oleh-oleh. Tidak perlu jauh-jauh mencari oleh-oleh saat tengah berkunjung ke tempat yang satu ini.

Pemandian Air Panas Banjar 3 Wisata Pemandian Air Panas Banjar, Sumber Air Panas Berusia Ratusan Tahun di Bali

Pengunjung yang tengah berendam di Pemandian Air Panas Banjar via Balisolo

baca juga: Liburan Romantis dan Seru di Ladang Bunga Marigold Bali

Lokasi Pemandian Air Panas Banjar

Nama lainnya adalah Banjar Hot Spring, dan lokasinya terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Jika ditempuh dari Singaraja, memakan waktu sekitar 30 menit dengan menempuh jarak 19 kilometer. Dan jika berangkat dari Kuta, bisa ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan tanpa macet atau berjarak sekitar 90 kilometer.

Tiket Masuk Pemandian Air Panas Banjar

Tiket masuk yang dikenakan berbeda antara orang dewasa dan anak-anak, yakni Rp 5.000 untuk per orang dewasa dan Rp 3.000 per anak. Kolam pemandianbuka setiap hari dari jam 08:00 pagi sampai jam 06:00 sore. Hindari datang ketika weekend atau masa liburan sekolah, karena dipastikan obyek wisata ini akan penuh sesak oleh pengunjung