Wisata Religi Bali: Pura Luhur Rambut Siwi Jembrana

Pura Luhur Rambut Siwi

sumber gambar: mustangcorps.com

Penduduk Pulau Bali mayoritas beragama Hindu. Hingga tak heran banyak dibangun pura sebagai tempat peribadatan. Salah satunya adalah . Pura suci ini merupakan salah satu Pura Dang Kahyangan jagat yang berada di Kabupaten Jembrana Bali.

Pura Dang Kahyangan adalah tempat suci yang diperuntukkan untuk menghormati para guru suci seperti pandeta, para Empu dan Maha Rsi. Pura Rambu Siwi ini berkaitan dengan perjalanan suci Dang Hyang Dwijendra atau Dang Hyang Nirartha. Dang Hyang Nirartha diberi gelar Pedanda Sakti Bawu Rawuh yang berjasa dalam menanamkan ajaran agama Hindu.

Pura Luhur Rambut Siwi 1 Wisata Religi Bali: Pura Luhur Rambut Siwi Jembrana

sumber gambar: nakarasido.com

baca juga: Pantai Perancak Jembrana, Pantai Indah di Bali Barat

Struktur Bangunan Pura Luhur Rambut Siwi

Pura Luhur Rambut Siwi merupakan kompleks pura yang terdiri dari 9 pura suci termasuk Pura Pesanggrahan yang terletak di pinggir jalan raya. Pura Luhur Rambut Siwi sebagai pura utama berdiri megah di puncak tebing di tepi pantai. Sebagai pendamping terdepan adalah Pura Taman.

Ada pura-pura lain yang juga berdiri persis di puncak tebing seperti Pura Gading Wani, Pura Melanting, Pura Penataran, dan Pura Dalem Ped. Di kaki tebing yang sejajar dengan pantai ada juga Pura Segara, Pura Goa Dasar, serta Pura Goa Tirta.

Pura Luhur Rambut Siwi 2 Wisata Religi Bali: Pura Luhur Rambut Siwi Jembrana

sumber gambar: mustangcorps.com

baca juga: Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Denpasar

Yang terakhir yakni Pura Goa Tirta adalah tempat untuk mengambil air suci. Dalam kosakata bahasa Umat Hindu di Bali dikenal dengan sebutan “tirta”. Sedangkan, bagian inti dari kompleks Pura Luhur Rambut Siwi ini adalah Pura Penataran dan Pura Luhur Rambut Siwi.

Pura lainnya adalah sebagai pura Pesanakan. Pada pelataran utama Pura Luhur Rambut Siwi terdapat beberapa bangunan suci, seperti Padma, meru tumpang tiga linggih Ida Betara Pedanda Sakti Bawu Rawuh (Dang Hyang Nirartha), meru tumpang dua stana Batari Dewa Ayu Ulun Danu, Pengayeng Betara Gunung Agung, Gedong, Taksu , palinggih Rambut Sedana, Peselang, serta sejumlah bangunan suci lainnya.

Pura Luhur Rambut Siwi 3 1024x768 Wisata Religi Bali: Pura Luhur Rambut Siwi Jembrana

Sumber gambar: Tempoedoeloebali

Untuk memasuki lokasi pura ada tiga akses masuk yakni dari sisi utara, timur dan barat. Namun, jalan utamanya adalah lewat lapangan parkir utama di sisi sebelah barat, yang terpisah dari kompleks pura yang dipisahkan oleh sebuah sungai yang bermuara di pantai dekat pura. Para pengunjung pun diharuskan untuk meniti jembatan untuk bisa menyeberangi sungai ini. Dari situ, pengunjung tinggal naik tangga yang cukup terjal hingga masuk gerbang utama.

baca juga: Pura Bukit Sari Bali, Pura Tengah Hutan dengan Ratusan Monyet Menghiasinya

Lokasi Pura Luhur Rambut Siwi Jembrana

Ketika Anda melakukan perjalanan ke arah Bali Barat, atau melakukan perjalanan ke Pulau Jawa dari Denpasar, maka Anda akan menemui Pura Pesanggaran yang merupakan bagian dari Pura Luhur Rambut Siwi. Lokasi Pura Luhur Rambut Siwi sendiri berada agak jauh dari jalan raya utama.

Letaknya berada di atas tebing di pinggir pantai dan berlatar belakang pemandangan alam laut Samudera Hindia. Suasananya indah, damai, tenang dan penuh dengan aura spiritual. Tak heran jika tempat ini menjadi lokasi ideal untuk meditasi ataupun menenangkan diri.

Secara administrasi Pura Luhur Rambut Siwi berada di wilayah desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali. Karena berada di pinggir jalan raya utama Denpasar-Gilimanuk, sehingga banyak sekali pemeluk agama Hindu yang bersembahyang untuk meminta keselamatan sebelum melanjutkan perjalanan kembali.