4 Jenis Pohon Keramat dan Mistis di Bali yang Dipercaya Sebagai Rumah Makhluk Halus

Pohon Keramat dan Mistis di Bali

via Tanah Nusantara

Pohon raksasa bakal bisa dengan mudah Anda jumpai ketika berkunjung ke Bali. Tidak hanya eksis, pohon-pohon tersebut juga kerap dianggap sebagai pohon keramat dan mistis di Bali. Masyarakat Bali pun memperlakukan pohon itu secara spesial. Hal itu dibuktikan dengan pemberian sesajen yang berada di area dekat dengan pohon keramat. Beberapa pula disertai dengan lokasi pemujaan.

Pemberian sesajen itu berkaitan dengan keberadaan makhluk lain yang menghuni pohon keramat dan mistis di Bali itu. Masyarakat Bali percaya kalau sesajen tidak mereka berikan, penghuni pohon keramat bakal menganggu orang-orang yang ada di sekitarnya. Menariknya, tidak semua jenis pohon dianggap memiliki penghuni.

Masyarakat Bali secara khusus percaya kalau ada 4 jenis pohon keramat dan mistis yang menjadi tempat tinggal favorit makhluk halus. Mau tahu jenis-jenis pohon keramat tersebut?

1. Pohon beringin

Pohon Keramat dan Mistis di Bali 1 » 4 Jenis Pohon Keramat dan Mistis di Bali yang Dipercaya Sebagai Rumah Makhluk   Halus

via Pixabay

Pohon beringin menjadi jenis pohon keramat dan mistis yang perlu Anda ketahui keberadaannya di Bali. Pohon ini memiliki ciri khusus pada akar gantung yang dimilikinya. Keberadaan akar gantung pada pohon beringin juga membuat pohon yang satu ini terlihat begitu mengerikan.

baca juga: Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Salah satu pohon beringin yang dianggap keramat oleh masyarakat Bali bisa Anda temukan di Banjar Batu, Desa Batubulan. Di sini, Anda akan menjumpai keberadaan pohon beringin raksasa yang diperkirakan berusia mencapai 500 tahun. Konon, setiap orang yang berusaha untuk menebang pohon ini, merasa ketakutan ketika berada di dekatnya.

2. Pohon kepuh

Pohon Keramat dan Mistis di Bali 4 1024x685 » 4 Jenis Pohon Keramat dan Mistis di Bali yang Dipercaya Sebagai Rumah Makhluk   Halus

via Tanah Nusantara

Jenis pohon keramat dan mistis berikutnya di Bali adalah pohon kepuh. Pohon ini merupakan salah satu kerabat jauh dari pohon kapuk randu. Seperti pohon kapuk randu, pohon kepuh punya batang yang besar dan menjulang tinggi. Biasanya, pohon ini bisa dijumpai berada tidak jauh dari area pemakaman.

Pohon kepuh yang berada di kawasan Bandara Ngurah Rai menjadi salah satu pohon kepuh keramat. Pohon ini telah berusia puluhan tahun. Dulu, lokasi pohon kepuh ini berdekatan dengan Pura Tegal Melakang. Namun, karena proyek perluasan bandara, pura tersebut kemudian dipindahkan.

baca juga: Pendakian Gunung Agung, Pilihan Aktivitas Penuh Petualangan di Tempat Suci Puncak Para Dewa

3. Pohon Bambu

Pohon Keramat dan Mistis di Bali 2 » 4 Jenis Pohon Keramat dan Mistis di Bali yang Dipercaya Sebagai Rumah Makhluk   Halus

via Joko Warino

Jenis pohon yang dipercaya keramat dan mistis oleh masyarakat Bali selanjutnya adalah pohon bambu. Pohon yang kerap tumbuh secara berkelompok ini memang terkenal sebagai pohon yang seram. Tak heran kalau melintasi area dengan pohon bambu ketika malam hari, membuat bulu kuduk kerap berdiri.

baca juga: Pohon Banyan Raksasa Munduk, Destinasi Wisata Tersembunyi Pohon Raksasa Berusia 7 Abad

4. Pohon gedang renteng

Pohon Keramat dan Mistis di Bali 3 » 4 Jenis Pohon Keramat dan Mistis di Bali yang Dipercaya Sebagai Rumah Makhluk   Halus

via Pertanianku

Gedang dalam bahasa Bali memiliki arti pepaya. Pohon pepaya dengan jenis gedang renteng, dipercaya sebagai pohon yang keramat dan bernuansa mistis. Masyarakat Bali percaya kalau pohon gedang renteng menjadi tempat bersandar favorit siluman leak. Tujuannya adalah untuk mengisap aura mistis yang dimiliki oleh pohon gedang renteng.

Itulah 4 jenis pohon angker serta bernuansa mistis yang menjadi kepercayaan masyarakat Bali. Anda boleh percaya atau tidak. Namun, ketika berada di Bali, pastikan untuk menghormati kepercayaan tersebut. Jangan sampai Anda berlaku tidak sopan dan menyalahi aturan kepercayaan masyarakat Bali.

Apalagi, kepercayaan ini juga memiliki dampak positif sebagai salah satu upaya menjaga lingkungan oleh masyarakat Bali. Sebagai buktinya, Anda bisa menemukan banyak pepohonan berusia tua yang masih berdiri dengan kokoh di Bali. Hal yang cukup langka di daerah lain di Indonesia, kan?