4 Pilihan Transportasi Laut Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali


Transportasi laut menggunakan kapal milik Pelni memang bukan pilihan utama para pelancong yang liburan ke Bali. Padahal, transportasi menggunakan kapal laut, bisa menjadi sarana yang murah meriah untuk berlibur. Kapal-kapal tujuan Bali, memiliki lokasi berlabuh di Pelabuhan Benoa Bali.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan transportasi kapal laut Pelni tujuan Bali. Selain menawarkan biaya perjalanan yang murah, lokasi pemberhentiannya juga menguntungkan. Pelabuhan Benoa memberi jangkauan yang sangat mudah ke Kota Denpasar. Apalagi, terdapat Tol Bali Mandara yang bisa Anda manfaatkan.

Pilihan Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali

Kapal-kapal milik Pelni yang berlabuh di Pelabuhan Benoa cukup banyak. Secara total, Anda akan menemukan 4 kapal yang beroperasi di pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo III tersebut. Empat kapal yang dimaksud adalah:

1. KM Awu

Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali 4 » 4 Pilihan Transportasi Laut Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali
KM Awu merupakan kapal milik Pelni yang menyediakan rute perjalanan diawali di Kotawaringin Barat, Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya, kapal ini berhenti di Pelabuhan Perak Surabaya. Dari Pelabuhan Perak, KM Awu akan melakukan perjalanan cukup panjang ke Pelabuhan Benoa hingga lokasi pemberhentian terakhir ada di Kota Kalabahi, Pulau Alor.

Dengan rute seperti itu, KM Awu menjadi solusi yang tepat kalau Anda ingin menempuh perjalanan laut dari Surabaya. Waktu perjalanan dari Surabaya menuju Tanjung Benoa, sekitar 24 jam. Anda bisa beristirahat selama berada di dalam kapal. Waktu keberangkatannya di pukul 9 pagi dan sampai di Bali pukul 10. Harga tiketnya murah, hanya Rp187 ribu per orang.

2. KM Tilongkabila

Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali 1 » 4 Pilihan Transportasi Laut Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali
Lain halnya dengan KM Tilongkabila yang menjadi penghubung Bali dengan wisatawan yang berasal dari Sulawesi. Kapal ini mengawali keberangkatannya dari Labuan Bajo di Nusa Tenggara Barat menuju ke Pelabuhan Lembar di Lombok. Dari Lembar, Anda akan diajak untuk singgah ke Pelabuhan Benoa.

baca juga: Pelabuhan Benoa Bali, Pintu Masuk Jalur Laut Menuju Kota Denpasar

Sesampainya di Pelabuhan Benoa, KM Tilongkabila akan menyusuri rute yang sama menuju Labuan Bajo, Dari Labuan Bajo, KM Tilongkabila akan berhenti di pelabuhan terakhir yang ada di Kota Bau-Bau. Dalam perjalanannya, KM Tilongkabila singgah di berbagai kota besar di Sulawesi, seperti Makassar, Gorontalo, Kendari, Luwuk, dan sebagainya.

3. KM Leuser

Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali 2 » 4 Pilihan Transportasi Laut Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali
KM Leuser menawarkan rute perjalanan laut yang sangat panjang, menghubungkan Kota Surabaya dengan Merauke. Dalam perjalanan panjangnya itu, KM Leuser singgah pertama kali di Pelabuhan Benoa. Dari Surabaya menuju ke Benoa, memakan waktu sekitar 24 jam.

Selanjutnya, KM Leuser melakukan persinggahan ke berbagai provinsi, seperti Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, serta kota-kota di Papua. Lokasi pemberhentian terakhirnya adalah Kota Merauke. Harga tiket KM Leuser Surabaya-Pelabuhan Benoa, hanya Rp187 ribu per orang.

baca juga: Wisata Tirta Srinadi Klungkung, Bisa Bermain Air Sampai Puas dengan Tarif Murah di Sini!

4. KM Binaiya

Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali 3 1024x768 » 4 Pilihan Transportasi Laut Kapal Pelni Tujuan Pelabuhan Benoa Bali
KM Binaiya memiliki rute perjalanan yang hampir mirip dengan KM Tilongkabila. Kapal ini menjadi penghubung Pelabuhan Benoa dengan beberapa wilayah di Indonesia Timur, termasuk Makassar, Bima, ataupun Labuan Bajo. Hanya saja, kapal ini juga turut melakukan perjalanan ke Pulau Kalimantan, tepatnya di Kota Bontang.

baca juga: Be Pasih Mesambel Matah, Kuliner Seafood Tradisional Bali yang Enak dan Menyegarkan

Itulah 4 pilihan kapal milik Pelni tujuan Pelabuhan Benoa Bali yang dapat mengantarkan Anda berlibur dengan biaya murah ke Pulau Dewata. Ingat, Indonesia itu punya lautan yang luas. Sangat disayangkan kalau opsi transportasi laut tidak dimanfaatkan semaksimalnya.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki