5 Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali Sehari-hari

aktivitas ibadah masyarakat Hindu Bali

via flickr.com/Mio Cade

Setiap umat beragama memiliki aktivitas ibadah yang rutin dilakukan. Bagi umat Islam, ibadah rutin tersebut adalah menjalankan salat 5 waktu. Masyarakat Hindu Bali pun punya aktivitas rutin yang sama. Aktivitas ibadah masyarakat Hindu Bali tersebut memperlihatkan sosok religius yang begitu membedakan orang Bali dengan penduduk dari pulau lain.

Aktivitas ibadah masyarakat Hindu Bali yang dilakukan setiap hari menjadi bukti keimanan mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa. Aktivitas tersebut mereka lakukan dengan pengharapan terhadap perlindungan serta berkah Tuhan. Nah, berikut ini adalah 5 aktivitas ibadah yang dimaksudkan:

1. Mesodan

Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali 1 » 5 Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali Sehari-hari

via thepictame.com

Setiap rumah masyarakat Hindu Bali akan memiliki pelinggih atau sanggah yang menjadi tempat stana Dewa. Di situ, Anda akan menjumpai cangkir kecil yang di dalamnya terdapat kopi dengan disertai beragam jenis jajan. Persembahan yang disebut dengan mesodan ini merupakan tradisi ketika pagi hari.

Saat melakukan persembahan, masyarakat Hindu Bali juga melengkapinya dengan canang dan dupa. Tidak ketinggalan, mereka juga melafalkan mantra persembahan dan disertai gerakan ngayap, yakni gerakan maju mundur pada jari. Ketika sore hari, persembahan yang disebut dengan sodan tersebut akan diambil kembali.

2. Mesaiban

Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali 2 1024x768 » 5 Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali Sehari-hari

via blissfulbali.com

Aktivitas ibadah harian selanjutnya disebut mesaiban. Tradisi ini dilakukan dengan menempatkan nasi dan lauk di atas potongan daun kecil yang kemudian ditempatkan di luar rumah. Mereka akan melakukan aktivitas ini setelah proses memasak dilakukan dan sebelum makan. Aktivitas ibadah masyarakat Hindu Bali yang satu ini bertujuan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah pangan yang telah mereka peroleh.

3. Mejejaitan

Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali 3 » 5 Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali Sehari-hari

via balifantastic.com

Mejejaitan merupakan aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Hindu Bali sebagai sarana untuk membuat keperluan keagamaan. Mejejaitan dibuat dengan beberapa bahan, seperti slepan atau daun kelapa tua, busung atau daun kelapa muda, semat yang berasal dari irisan bambu kecil, dan ibung yang memiliki bentuk seperti daun lontar. Mejejaitan biasanya hanya dilakukan oleh perempuan. Bahkan, cara pembuatan jejaitan diajarkan sejak kecil.

baca juga: Laklak Pisang Khas Tabanan, Jajanan Tradisional Mirip Crepes yang Enak

4. Metanding

Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali 4 1024x768 » 5 Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali Sehari-hari

via thenews-today.info

Metanding merupakan cara pengaturan sesajen yang kemudian digunakan untuk upacara keagamaan. Metanding canang yang menjadi aktivitas ibadah masyarakat Hindu Bali sehari-hari biasanya dibuat dengan jejaitan daun pisang yang kemudian diberi taburan bunga di bagian atasnya.

Proses pembuatan petanding biasanya dilakukan oleh lebih dari satu orang. Apalagi, ketika metanding yang dibuat begitu kompleks, menandakan adanya pelaksanaan upacara besar. Selain itu, metanding bagi masyarakat Bali merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh perempuan Bali.

baca juga: Patih Kebo Iwa, Sosok Pahlawan Pelindung Kerajaan Bali di Masa Lalu

5. Mebanten canang

Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali 5 » 5 Aktivitas Ibadah Masyarakat Hindu Bali Sehari-hari

via flickr.com/Mio Cade

Mebanten canang merupakan aktivitas ibadah masyarakat Hindu Bali yang dilakukan sebelum persembahyangan. Ketika melakukan ibadah ini, diperlukan bahan-bahan seperti canang, tirta, dupa, serta bunga yang ditempatkan pada pelinggih. Tidak ketinggalan, Anda juga akan mendapati permen atau biskuit kecil sebagai persembahan.

Aktivitas ibadah yang satu ini juga dilakukan oleh setiap orang yang beragama Hindu. Jadi, Anda tidak hanya akan menjumpai perempuan Bali yang tengah melakukan aktivitas mebanten canang. Ada pula laki-laki yang melakukan ibadah harian yang satu ini.

Itulah 5 aktivitas ibadah masyarakat Hindu Bali yang dilakukan setiap hari. Selama berlibur ke Bali, Anda akan begitu sering mendapati aktivitas ini. Pastikan untuk tidak menganggu aktivitas ibadah mereka, ya!