5 Aktivitas Wisata Asyik dan Seru saat Berlibur ke Tanah Lot Bali

aktivitas di tanah lot Bali

Tanah Lot menjadi tempat wisata populer yang jadi destinasi wajib para wisatawan saat liburan ke Bali. Di sini, Anda akan menjumpai pura dengan lokasi yang spesial, di tepi pantai dan berdiri di atas batu karang raksasa. Saat berada dalam situasi air pasang, Pura Tanah Lot pun terlihat seperti berada di tengah lautan.

aktivitas di tanah lot Bali 2 » 5 Aktivitas Wisata Asyik dan Seru saat Berlibur ke Tanah Lot Bali

Saat berlibur ke Tanah Lot Bali, Anda bakal memperoleh pengalaman wisata yang menarik. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Dari sekian banyak aktivitas, berikut ini 5 pilihan kegiatan pengisi waktu liburan yang sering dilakukan para wisatawan saat berada di Tanah Lot:

1. Berkunjung ke Gua Ular Suci

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan saat liburan ke Tanah Lot adalah mengunjungi Gua Suci. Di sini, terdapat ular suci yang dianggap sebagai penjaga dari Gua Suci. Ular ini merupakan ular laut berbisa. Namun, dengan pawang yang menyertai, para wisatawan dapat menyentuh ular suci dengan aman.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengambil air suci yang ada di dalam gua. Air suci ini merupakan air tawar yang teras segar. Masyarakat Hindu Bali percaya kalau air suci di gua yang terletak di Tanah Lot punya khasiat tertentu. Tak heran kalau wisatawan kerap menyempatkan waktu untuk membasuh atau meminumnya.

Saat berkunjung ke Gua Ular Suci, ada baiknya Anda terlebih dahulu membayar tiket masuk. Tidak ada besaran yang ditentukan. Namun, Anda bisa memberi uang secara sukarela pada kotak yang sudah tersedia. Selain itu, Anda juga perlu mengenakan pakaian yang sopan, karena wilayah ini merupakan area pura.

baca juga: Mengenal Lebih Dekat Sosok Raja Udayana, Penguasa Bali dari Wangsa Warmadewa

2. Menyaksikan upacara keagamaan

Tanah Lot merupakan pura suci yang kerap dipilih sebagai tempat pelaksanaan upacara keagamaan akbar. Di sini, Anda bisa menjumpai Piodalan atau yang dikenal hari jadi pura. Pelaksanaan Piodalan Pura Luhur Tanah Lot dilaksanakan setiap 210 hari sekali, atau berjarak 4 hari setelah perayaan Kuningan.

Pada perayaan piodalan tersebut, Anda akan menjumpai suasana yang sangat ramai di Pura Tanah Lot. Mereka yang datang dan beribadah, berasal dari berbagai wilayah di Bali.

3. Berburu sunset cantik

Tips selanjutnya, Anda dapat mengisi waktu liburan dengan menikmati pemandangan sunset terbaik di Bali. Pura Tanah Lot memang dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan panorama matahari terbenam. Pemandangan pura secara siluet, menimbulkan kesan yang istimewa saat menyaksikannya.

baca juga: Sejarah Desa Pejeng Gianyar, Pusat Pemerintahan Kerajaan Bali Kuno

4. Menjelajah pura

Aktivitas selanjutnya adalah menjelajahi pura. Di sini, Anda tidak hanya bisa berkunjung ke Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Batu Bolong. Ada pula beberapa pura lain yang lokasinya berada tidak jauh dari Tanah Lot. Pura-pura tersebut di antaranya adalah Pura Jero Kandang, Pura Pentran, Pura Batu Mejan, Pura Pekedungan, ataupun Pura Enjung Galuh.

5. Hunting foto dan bermain air

Terakhir, jangan lupa untuk bermain air dan puas berburu foto. Pura ini berlokasi di tepi pantai, yang memungkinkan Anda untuk bisa puas bermain air. Selain itu, jangan lupa pula untuk berburu foto dengan latar belakang pura yang fenomenal dan terkenal ini.

baca juga: Info Lengkap Jadwal dan Tarif Kapal Ferry Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Nah, itulah 5 aktivitas seru yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu ke Pura Tanah Lot di Bali. Selamat liburan dan semoga perjalanannya menyenangkan, ya!

Foto via Shutterstock