5 Galeri Lukisan Di Bali yang Wajib Dikunjungi


Di Bali, ada banyak galeri lukisan yang dibuka untuk umum dengan koleksi lengkap. Seperti layaknya galeri karya seni lain, galeri lukisan di Bali pun memamerkan berbagai hasil karya seniman lokal yang indah dan memanjakan mata. Selain beragam karya lukis, di sana juga ada guide yang bisa diminta untuk menceritakan proses kreatif maupun hal lain terkait lukisan yang ada. Keren sekali bukan? 

Lukisan merupakan sebuah karya seni yang memiliki makna luas dengan berbagai aliran serta style. Saat ini ada sekitar dua puluh macam aliran seni lukis yang dipakai para seniman. Misalnya saja aliran surealisme, abstraksionisme, naturalisme, romantisme, futurism dan banyak lagi lainnya. Nah, di beberapa galeri memang ada lengkap, namun di tempat lainnya hanya menspesifikkan aliran tertentu. 

Cek 5 Galeri Lukisan di Bali Recomended Ini

Bayangkan saja, menyusuri lorong-lorong artistic dengan pajangan berbagai benda seni. Kemudian mata dimanjakan dengan beragam karya lukis luar biasa milik seniman lokal maupun para maestro. Menyesap makna dari goresan kuas di atas kanvas dengan segenap inspirasi yang menyertainya. Menakjubkan sekali bukan? Jadi, mari berkunjung ke galeri lukisan di Bali berikut ini.

1. Museum Puri Lukisan

galeri lukisan di bali 1 » 5 Galeri Lukisan Di Bali yang Wajib Dikunjungi
(sumber : tiket.com)

Berkunjung dan berwisata ke Ubud, seolah nggak akan ada habisnya. Karena dari ujung ke ujung, banyak hidden gems wisata yang bisa dijadikan tempat melepas penat dan kesibukan sehari-hari. Mulai dari hamparan pantai yang menakjubkan, pegunungan yang sejuk hingga pasar-pasar dan galeri seni yang bertebaran di banyak tempat. 

Bagi yang memiliki ketertarikan khusus terhadap lukisan, maka disarankan untuk mengunjungi Museum Puri Lukisan milik Yayasan Ratna Wartha. Karena di ke galeri lukisan di ubud Bali ini memiliki desain eksterior dan interior yang unik. Dari ketiga bangunan yang ada, masing-masing memiliki spesifikasi karya seni yang dihubungkan dengan perkembangan karya seni di Ubud. 

Lokasinya sangat mudah ditemukan karena sudah terpasang di Google Maps. Selain itu, letaknya pun tidak jauh dari jalan raya, sehingga sangat mudah dijangkau oleh pengunjung yang hendak ke galeri lukisan di ubud Bali ini. 

2. Agung Rai Art Gallery

Museum Seni Agung Rai Ubud 1 » 5 Galeri Lukisan Di Bali yang Wajib Dikunjungi
via Kura Kura Guide

Bagi pecinta lukisan aliran klasik atau tradisional, kemudian aliran abstrak dan modern, sangat disarankan untuk singgah di sini. Sebab galeri yang berada di Peliatan – Peliatan – Ubud ini, memang mengkhususkan diri untuk memamerkan karya lukis dengan aliran tersebut. Ditambah lagi, di sini juga bisa dijumpai lukisan dengan gaya young artist, yang segar dan penuh kreatifitas unik. 

Baca Juga: Museum Seni Agung Rai, Sajian Koleksi Seni Terbaik di Pulau Dewata

Secara garis besar, saat mengunjungi galeri lukisan di Bali yang tidak hanya menampung seniman lokal ini, pengunjung akan dimanjakan dengan goresan-goresan seniman mancanegara. Namun, uniknya adalah semua memiliki benang merah berupa lukisan yang sarat dengan nilai-nilai kebudayaan Indonesia. Menarik sekali bukan? 

3. Nyaman Gallery

galeri seni lukisan di bali » 5 Galeri Lukisan Di Bali yang Wajib Dikunjungi
(sumber: facebook)

Seperti namanya, disini memang sangat nyaman. Sebab galeri seni yang ada di Seminyak, Bali ini memang sangat hommy namun artistic. Desain interiornya unik dengan ornamen-ornamen seni pahat dan patung, juga penggunaan komponen kayu, semakin mempertegas kesan ramahnya. 

Lukisan monokrom hitam-putih, warna-warna kontemporer dan naturalis, berpadu sempurna di sini. Belum lagi kreasi seniman-seniman Bali dan dari negara-negara lain pun turut hadir menyempurnakan pameran seni berkualitas. Jangan heran jika sepulang dari sana, seolah ingin dan ingin kembali. Sebab, semuanya diatur sedemikian rupa demi kenyamanan pengunjung. 

4. Reservoart

galeri lukisan Reservoart » 5 Galeri Lukisan Di Bali yang Wajib Dikunjungi
sumber: reservo-art

Pengagum karya seni aliran kontemporer? Jangan ragu meluncur ke daerah Seminyak tepatnya di nomor 54-56. Karena di sana ada Reservoart adalah salah satu galeri seni kontemporer di Bali. Mulai dari lukisan-lukisan luar biasa, patung dan foto, semua bersatu dalam sebuah display yang memanjakan mata. Siap-siap saja merasa sebentar ternyata sudah capek berdiri menikmati satu per satu karya keren di sana. Selain di Seminyak, galeri lukisan Reservoart juga terdapat di beberapa lokasi di Bali.

5. Tonyraka Art Gallery

galeri lukisan Tonyraka » 5 Galeri Lukisan Di Bali yang Wajib Dikunjungi
sumber: coolhunting

Siap menikmati seni dari persepsi yang berbeda? Jika bosan dengan galeri lukisan di Bali yang begitu-begitu saja, coba untuk berkunjung ke arah Ubud, tepatnya di Jalan Raya Mas nomor 86. Sebab ke galeri lukisan di ubud Bali ini menampilkan beragam karya seni aliran kontemporer, modern serta tribal. Desain interior yang tidak biasa, koleksi yang indah dan ambience yang tidak terlupakan, akan menjadi kenangan tersendiri saat berkunjung ke sana. 

Jadi, sudah siap berpetualang ke lima galeri lukisan di Bali di atas? Siapkan koper atau ransel patuhi protokol kesehatan, lalu jelajahilah Bali dengan kegembiraan. Selamat berlibur ya! 


Like it? Share with your friends!

Jarot is a content writer at Kintamani. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about travel