5 Kuliner Sate Khas Bali yang Enak dan Menggoda untuk Dicicipi

sate khas Bali

via sharpholidays.in

Kuliner sate menjadi jenis makanan yang begitu banyak dijumpai di Indonesia. Bahkan, tak jarang satu wilayah bisa memiliki beragam jenis sate. Kondisi seperti ini juga bisa Anda temukan selama berlibur ke Bali. Anda dapat menjumpai deretan sate khas Bali yang terkenal enak dan menggugah selera.

Kuliner sate khas Bali ini secara khusus menjadi daya tarik tersendiri untuk para pencinta kuliner sate. Anda bisa menjumpai sate yang dibuat dari bahan halal ataupun haram. Nah, berikut ini 5 pilihan sate yang bisa Anda temukan saat berlibur ke Bali:

1. Sate lilit

Sate Khas Bali 1 1024x682 » 5 Kuliner Sate Khas Bali yang Enak dan Menggoda untuk Dicicipi

via theculturetrip.com

Berbicara mengenai sate khas Bali, maka tidak bisa lepas dari sate lilit. Sate yang satu ini menjadi opsi kuliner yang aman dikonsumsi siapa saja, terutama bagi wisatawan muslim. Apalagi, bahan utama dari sate lilit adalah daging ikan yang telah dihaluskan. Biasanya, daging ikan itu telah dicampur dengan parutan kelapa dan kemudian dililitkan pada tusuk sate yang berbahan pelepah kelapa ataupun batang serai.

baca juga: Sate Lilit Be Pasih, Cita Rasa Kuliner Khas yang Ngangenin di Bali

2. Sate babi
Sesuai dengan namanya, sate babi merupakan kuliner non halal yang bukan ditujukan untuk traveler muslim. Sate ini dibuat dengan bahan utama daging babi. Warung sate babi yang paling terkenal di Bali adalah Sate Bawah Pohon yang bisa dijumpai di area parkir Gelora Trisakti yang ada di Legian.

Sate Khas Bali 2 1 » 5 Kuliner Sate Khas Bali yang Enak dan Menggoda untuk Dicicipi

via Vkeong

baca juga: Sate Babi Bawah Pohon, Kuliner Jalanan Favorit di Pulau Bali

Daging pada sate khas Bali ini memiliki tekstur yang empuk. Dalam setiap gigitannya, Anda akan menemukan kombinasi rasa yang manis, gurih, serta pedas. Cara terbaik untuk menyantap sate babi khas Bali ini adalah dengan menyertakan ketupat, garam, serta cabe rawit.

3. Sate plecing
Sate khas Bali yang satu ini memiliki ciri yang unik. Ciri unik tersebut adalah penggunaan bumbu plecing sebagai pelengkapnya. Bumbu plecing dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan berupa terasi, kemiri, bawang putih, serta cabe. Cita rasa kuliner khas Bali ini akan terasa lebih lezat ketika disiram menggunakan minyak dan jeruk nipis.

Sate Khas Bali 3 » 5 Kuliner Sate Khas Bali yang Enak dan Menggoda untuk Dicicipi

via Tripadvisor.co.uk

Hanya saja, Anda harus berhati-hati ketika tertarik menyantap kuliner ini. Apalagi, biasanya sate plecing dibuat dengan bahan utama daging babi. Meski, tak menutup kemungkinan ada pula sate plecing dengan bahan daging sapi. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi wisatawan muslim untuk menanyakan jenis daging yang digunakan terlebih dahulu.

4. Sate languan

Sate Khas Bali 4 » 5 Kuliner Sate Khas Bali yang Enak dan Menggoda untuk Dicicipi

via sharpholidays.in

Sate languan menjadi jenis sate khas Bali yang memang begitu mirip dengan sate lilit. Hanya saja, sate ini secara khusus dibuat dengan bahan daging ikan tongkol. Dalam penyajiannya, sate languan biasanya disajikan bersama dengan lempet atau pepes ikan tongkol, sup ikan bumbu rempah, sambal matah, sayur kacang panjang, serta nasi putih.

5. Sate kakul

Sate Khas Bali 5 1024x736 » 5 Kuliner Sate Khas Bali yang Enak dan Menggoda untuk Dicicipi

via flickr.com

Opsi sate khas Bali yang terakhir menjadi pilihan bagi Anda yang suka dengan makanan ndeso. Kakul dalam bahasa Bali memiliki arti keong sawah. Jadi, sate kakul merupakan sate dari bahan keong sawah. Anda akan menjumpai sate jenis ini begitu banyak dijumpai di kawasan Ubud yang terkenal dengan hamparan sawahnya yang hijau.

Itulah 5 pilihan sate khas Bali yang bisa Anda cicipi selagi berlibur ke Bali. Selamat mencoba dan semoga bisa bersenang-senang, ya! Jangan lupa untuk tetap menjaga berat badan, biar tidak terlalu gemuk. Biar tetap sehat dan bisa jalan-jalan lagi.