5 Buah-buahan Khas Bali Sebagai Alternatif Oleh-Oleh


Pulau Bali memiliki cukup banyak buah-buahan yang menjadi ciri khas wilayahnya. Apalagi, tanah yang ada di Pulau Bali terkenal sebagai tanah subur. Dengan situasi seperti itu, tak heran kalau Kamu bisa menjumpai begitu banyak opsi buah sebagai oleh-oleh. Nah, kalau ingin tahu apa saja pilihannya, berikut adalah informasi lengkapnya.

Memilih untuk menggunakan buah-buahan khas Bali sebagai oleh-oleh makanan yang diberikan kepada teman, sanak saudara, serta sahabat bisa jadi hal yang menarik.

Daftar Buah Khas Bali

1. Salak bali

Buah-buahan Khas Bali

Buah-buahan khas Bali pertama adalah salak. Kabupaten Karangasem menjadi wilayah yang dikenal sebagai sentra kebun salak terbesar di Bali. Salak yang bisa Anda dapatkan dari Karangasem memiliki ciri khas dengan rasa buah yang manis dan segar. Selain itu, salak bali memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan salak jenis lain.

Rasa manis yang begitu terasa ketika mencicipi salak bali, membuat buah ini punya sebutan lain, yakni salak gula pasir. Selain bisa disantap secara langsung, salak bali juga kerap diproses menjadi wine salak. Wine dari buah salak, memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi, tak kalah dibandingkan dengan wine anggur, sekitar 13,5 persen.

baca juga: Laklak Men Gabrug Denpasar, Sajikan Jajanan Tradisional Khas Bali Fresh From The Oven

2. Durian bali

Buah-buahan Khas Bali

Ketika liburan ke Pulau Dewata, Anda dapat pula mempertimbangkan untuk membawa pulang buah durian. Buah durian dari Bali terkenal memiliki tekstur daging yang lembut. Seperti halnya durian dari tempat lain, durian bali juga memiliki bau yang sangat menyengat. Anda juga bisa menemukan penjual yang menawarkan raja buah ini dengan mudah, bisa dijumpai di pinggir-pinggir jalan.

3. Jeruk Kintamani

Buah-buahan Khas Bali

Selain jeruk bali, ada pula jenis jeruk lain yang menjadi identitas Pulau Bali, yakni jeruk kintamani. Jeruk ini punya rasa yang unik, perpaduan antara manis dan asam. Selain dimakan langsung dan dibuat menjadi jus, jeruk kintamani juga dikenal sebagai salah satu buah yang dipakai untuk sarana pelengkap upacara keagamaan.

Baca Juga: Wisata Petik Buah Jeruk Kintamani Yang Mengasyikan

4. Manggis

Buah-buahan Khas Bali

Buah-buahan khas Bali berikutnya adalah buah manggis yang kerap memperoleh sebutan sebagai ratu buah. Buah ini memiliki ciri khas pada kulitnya yang tebal dan keras berwarna ungu. Buah manggis kerap disebut sebagai buah dengan kandungan antioksidan sangat tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan. Wilayah Bali Barat dan Bali bagian timur menjadi kawasan yang dikenal sebagai produsen buah manggis berkualitas.

5. Jeruk bali

Buah-buahan Khas Bali

Oleh-oleh khas Bali berikutnya bisa Anda dapatkan dengan belanja jeruk bali. Jeruk yang satu ini memiliki penampilan fisik yang sangat kontras dibandingkan dengan jenis jeruk lain. Jeruk bali memiliki ukuran yang besar dengan daging sangat tebal serta memiliki rasa manis. Selain bisa dinikmati secara langsung, jeruk bali juga enak kalau dipakai sebagai bahan membuat rujak.

Itulah informasi mengenai 5 pilihan buah-buahan khas Bali yang dapat Anda manfaatkan sebagai oleh-oleh. Anda dapat menjumpai penjual buah khas Bali tersebut dengan berkunjung ke berbagai pasar tradisional serta pasar buah yang ada di Bali. Sudah memiliki bayangan bakal membawa pulang oleh-oleh apa dari liburan ke Bali?


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki