5 Tips Belanja Oleh-Oleh Hemat Khas Bali di Pasar Sukawati

Pasar Seni Sukawati

via obyekwisataterlengkap

Saat sedang liburan di Bali tidak akan lengkap jika tidak berbelanja. Salah satu pasar yang akan memuaskan hasrat berbelanja anda yaitu Pasar Seni Sukawati. Beragam barang dan cinderamata khas Bali diperjualkan di Pasar Sukawati.

Barang-barang tersebut seperti, baju pantai, kaos oblong, daster, baju batik. Selain pakaian juga terdapat beberapa karya seni seperti patung, aneka aksesoris, sandal, gantungan kunci, lukisan, dan masih banyak lagi.

Lokasi Pasar Seni Sukawati

Pasar yang banyak diburu oleh para turis domestik ataupun mancanegara ini terletak di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar. Apabila dari pusat kota Denpasar jaraknya sekitar 25 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit perjalanan.

Pasar yang tak pernah sepi dari pengunjung ini terdiri3 tempat yang berbeda, yaitu Pasar Sukawati satu, dua, dan tiga. Ketiga tempat itu letaknya tidak berjauhan.

5 Tips Berbelanja di Pasar Seni Sukawati Bali

Saat anda berbelanja di tempat manapun, tentunya anda ingin mendapatkan barang yang bagus namun dengan harga yang ramah di kantong anda. Begitupula saat berada di Pasar Sukawati ini, anda juga bisa berbelanja hemat dan mendapatkan barang-barang yang anda inginkan. Berikut terdapat tips-tips yang dapat anda coba agar dapat berbelanja hemat saat di Pasar Sukawati :

Pasar Seni Sukawati 1 1024x682 » 5 Tips Belanja Oleh-Oleh Hemat Khas Bali di Pasar Sukawati

via enjoybalitravel

1. Berbelanjalah di saat jam awal pasar buka. Pasar Sukawati ini mulai beroperasi pada pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore. Agar anda bisa mendapatkan potongan harga anda perlu berbelanja pada jam 6 pagi sampai 10 pagi.

Para pedagang disana mempercayai bahwa pelanggan pertama yang datang membeli dagangaan mereka adalah seorang penglaris yang nantinya dapat membuat dagangan mereka ramai dikunjungi oleh pelanggan lainnya. Jadi saat jam awal buka seperti itu anda bisa mendapatkan potongan harga sebagai pelanggan pertamanya.

2. Menyurvei harga. Apabila anda menginginkan harga yang murah, maka sempatkan diri anda untuk berkeliling dari satu toko ke toko lainnya. Dengan begitu anda dapat membandingkan harga dari pedagang-pedagang lainnya.

Pasar Seni Sukawati 3 » 5 Tips Belanja Oleh-Oleh Hemat Khas Bali di Pasar Sukawati

via obyekwisataterlengkap

Namun, pastikan anda tetap menjaga berhati-hati ketika hendak bertanya-tanya. Jangan sampai menyinggung kearifan lokal masyarakat Bali.

3. Bersikaplah ramah kepada para penjual. Membangun hubungan yang akrab dengan bersikap ramah pada para penjual juga dapat membantu anda mendapatkan potongan harga. Agar suasana dapat terasa lebih dekat dan akrab.

Anda dapat menggunakan sapaan-sapaan atau panggilan yang biasa orang Bali gunakan, seperti memanggil “bli” untuk laki-laki dan “mbok” untuk perempuan. Dengan seperti itu pedagang akan merasa ada hubungan yang menyenangkan dan mereka akan senang hati memberikan harga lokal kepada anda.

4. Berbelanja dalam jumlah banyak atau borongan. Berbelanja dalam bentuk satuan terkadang akan sulit mendapatkan harga yang murah. Salah satu jalan yang dapat anda lakukan adalah membeli barang dalam jumlah tertentu, seperti berbelanja tiga potong agar anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Anda harus pandai menawar. Kunci utama agar anda dapat berbelanja dengan harga yang murah adalah menawar. Sebagai pembeli anda harus berani menawar barang- barang yang hendak anda beli tersebut. Pastikan jangan ragu-ragu dalam tawar menawar ini. Bersikaplah tegas dan jangan terburu-buru menyetujui penawaran yang diberikan pembeli.

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat anda coba apabila sedang berada di Pasar Sukawati. Anda juga dapat melakukan beberapa tips berikut ke pasar-pasar yang ada di Bali lainnya. Pastikan anda memiliki waktu yang menyenangkan dengan mendapatkan barang yang anda inginkan dengan harga yang pas di kantong anda.