makanan halal di bali

Bali sendiri merupakan pulau dengan penduduknya yang rata-rata mememluk agama Hindu. Warga muslimnya tidak begitu dominan. Hal tersebut juga mempengaruhi terhadap kuliner atau makanan halal di Bali.

Karena bukan orang muslim atau Islam, para pedagang makanan juga kurang memperhatikan kehalalan makanan. Anda mungkin juga pernah menjumpai makanan berbahan atau terbuat dari babi. Dalam Islam babi itu haram. Namun, tidak semuanya juga pedagang makanan di Bali menjual babi, ada juga yang tidak.

baca juga: 7 Tempat Makan Halal di Bali yang Cozy Banget

Bagi wisatawan yang beragama Islam wajib mewaspadai situasi seperti ini. Bagi anda para wisatawan muslim wajib memilih-milih tempat makan agar tahu kehalalannya. Mencari tempat makanan halal di Bali juga terbilang lumayan susah.

Meskipun sang pedagang tidak menjual babi, seperti menjual menu dari ayam atau bebek, apakah mereka memasak tidak menggunakan minyak babi, anda pastinya juga meragukannya. Jadi bagi anda warga muslim yang hendak berpergian ke Bali dan ingin mendapatkan tempat bersantap yang halal, terdapat tips sederhana ;

1. Agar lebih pasti akan kehalalan makanan, anda dapat memilih restoran fastfood. Contohnya seperti KFC, Mc Donald, AW yang rata-rata sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Restoran-restoran seperti ini karena sudah mengantongi sertifikat halal, sudah dipastikan akan kehalalannya.

Jadi anda tidak perlu khawatir lagi. Harga makanan halal di Bali ini pun sudah tertera sehingga dapat memudahkan anda untuk makan sambil menyesuaikan isi kantong.

2. Memilih restoran masakan Padang. Masakan Padang juga dapat dengan mudah ditemui di kawasan-kawasan yang ada di Bali. Masakan Padang juga dapat anda pilih sebagai alternatif kuliner anda. Apalagi, cita rasa makanan padang juga sudah terbiasa dengan lidah masyarakat umum Indonesia.

3. Ketika datang ke tempat makan, selidiki dulu menu-menunya. Anda dapat melihat-lihat terlebih dahulu menu yang tertera. Jika anda melihat menu mungkin dengan kalimat asing seperti Pork, maka anda jangan memilihnya karena itu berarti babi.

baca juga: The Halal Boys Petitenget, Sajian Menu Makanan Halal dengan Balutan Suasana Unik

Apabila anda penggemar mie, apabila anda melihat istilah ‘Bak, Char siu, Cu nyuk, Zhu rou’ maka mie tersebut mengandung babi.

4. Memilih restoran yang tertera label halalnya. Terkadang tempat makan halal yang ada di Bali akan memberikan tanda halal pada sebuah plang. Sehingga para wisatawan yang mencari makanan halal di Bali dapat berkunjung dan bersantap disana.

5. Beranikan diri anda untuk bertanya. Untuk dapat meyakinkan kehalalannya anda bertanya saja pada sang pedagang tersebut. Bahan apa yang digunakan, halal atau tidak. Selain bahan yang mengandung babi, Anda yang muslim juga wajib waspada kepada daging olahan yang di masak menggunakan wine.

baca juga: Wisata Kuliner Halal Bali: Restoran Grand Puncak Sari 2 Kintamani

Berikut tadi beberapa tips sederhana yang dapat anda coba dalam mencari makanan halal di Bali. Di Bali sendiri sekarang juga sudah banyak tempat makan yang menyediakan menu halal.

Beberapa rekomendasi tempat makan halal yang dapat anda datangi saat di Bali, adalah Warung Muslim Dapur Madura di Kuta Raya, Warung Muslim HARSI di dekat Kuta, Rumah Makan Ayam Taliwang Kuta Raya di sebelah Masjid Raya Kuta Ar-Rahmah, dan beberapa tempat lainnya.

Untuk dapat menemukan tempat makan halal lainnya, anda mungkin dapat mencari-cari rekomendasi di internet. semoga tips sederhana tadi dapat membantu anda.