7 Tips Fotografi Sederhana Biar Foto Liburan ke Bali Terlihat Cantik di Instagram

tips fotografi

Memajang foto liburan di Instagram kini menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh para wisatawan. Apalagi, kesempatan liburan tersebut dilakukan ke Bali yang terkenal sebagai tempat liburan populer di tanah air. Hanya saja, tak jarang foto yang didapatkan ternyata tidak sesuai dengan harapan.

tips fotografi 2 » 7 Tips Fotografi Sederhana Biar Foto Liburan ke Bali Terlihat Cantik di Instagram

via Tripzilla

Biar bisa memperoleh foto liburan di Bali yang bagus, Anda perlu memiliki sedikit pengetahuan tentang fotografi. Apalagi, saat ini kamera smartphone sudah sangat cukup untuk bisa memperoleh foto liburan yang bagus dan instagramable. Untuk membantu Anda dalam memperoleh foto bagus, berikut ini 7 tips yang bisa dipraktikkan:

1. Tentukan ide tema foto

Saat berfoto, Anda perlu menentukan ide tema foto yang ingin diambil. Oleh karena itu, ketika liburan ke tempat tertentu di Bali, Anda dapat terlebih dahulu melakukan riset kecil-kecilan. Dengan begitu, saat berada tempat wisata, Anda tidak akan kebingungan mencari tema atau tempat berfoto yang bagus.

2. Rule of third

Rule of third atau aturan sepertiga menjadi landasan penting dalm mengambil foto. Dalam aturan ini, Anda perlu menempatkan objek di sepertiga bagian foto. Tujuannya, biar foto enak dipandang. Setelah menguasai teknik rule of third, Anda dapat melakukan eksperimen terkait sudut pandang, komposisi, serta berbagai metode fotografi lain.

3. Sudut pandang

Sudut pandang atau angle menjadi faktor penting dalam memperoleh foto liburan yang bagus. Anda perlu memilih angle yang pas. Caranya mudah, cukup dengan mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan angle berbeda. Semakin banyak foto, semakin besar peluang kamu belajar mengetahui angle yang baik.

4. Jangan terlalu jauh dari kamera

Tips selanjutnya adalah menjaga jarak agar tidak terlalu jauh dengan kamera. Hal ini untuk menghindari adanya hasil foto yang blur. Selain itu, hindari pula pemakaian zoom digital pada kamera, karena bisa berakibat gambar menjadi tidak tajam.

baca juga: 5 Rekomendasi Hotel Nyaman dan Murah dekat GWK Bali untuk Pengalaman Liburan Memuaskan

5. Manfaatkan tripod

Saat berburu foto, Anda juga perlu membekali diri dengan tripod. Keberadaan aksesori ini memang kurang disukai, karena orang lebih banyak yang memakai tongkat selfie. Namun, tripod bisa membantu kamu memperoleh foto yang stabil dan seimbang, serta bebas dari blur. Ditambah lagi, tripod saat ini juga tersedia dalam ukuran mini yang mudah dibawa.

6. Manfaatkan aplikasi editing

Foto yang jelek, terkadang bisa ditampilkan menjadi jauh lebih bagus kalau diolah dengan baik. Salah satu cara penting yang bisa dilakukan dalam mengolah hasil jepretan gambar adalah menggunakan aplikasi editing. Dari pemakaian aplikasi ini, Anda bisa mengetahui berbagai elemen yang membuat foto terlihat bagus, seperti kontras, warna, pencahayaan, dan sebagainya.

baca juga: Kampung Loloan di Bali, Kampung Kuno Tempat Berkembangnya Komunitas Muslim Terbesar Jembrana

7. Ambil gambar sebanyak-banyaknya dan pilih hasil terbagus

Terakhir, Anda perlu mengabadikan gambar dengan jumlah banyak. Tidak perlu khawatir space di kartu memori atau memori internal habis. Hal ini berguna karena Anda bisa memilih hasil yang terbaik dari begitu banyak foto yang telah didapatkan.

Apalagi, kesempatan liburan ke Bali tidak terjadi setiap waktu. Oleh karena itu, kesempatan berburu foto harus Anda manfaatkan secara maksimal. Dengan begitu, pengalaman liburan bisa terasa puas dan Anda tidak merasa menyesal di kemudian hari.

baca juga: Info Lengkap Jadwal dan Tarif Kapal Ferry Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Selamat mencoba dan semoga Anda bisa memperoleh foto yang bagus saat liburan, ya!