Agrowisata Abian Salak Karangasem, Tempat Liburan Edukatif Menjelajah Kebun Salak


Salak menjadi salah buah yang dapat ditemukan dengan mudah di Bali. Bahkan, Anda bisa menemukan salak khas Bali yang punya ciri unik dibandingkan dengan salak dari tempat lain. Agrowisata Abian Salak Karangasem menjadi salah satu tempat wisata yang secara khusus didedikasikan secara khusus untuk buah salak.

Agrowisata Abian Salak Karangasem 2 1024x576 » Agrowisata Abian Salak Karangasem, Tempat Liburan Edukatif Menjelajah Kebun Salak
via Google

Agrowisata Abian Salak merupakan wisata agro yang mengajak Anda untuk mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan buah salak. Lokasinya berada di Karangasem, dan kerap disebut sebagai satu-satunya wisata agro buah salak yang ada di Pulau Bali. Tidak hanya bisa berkeliling kebun salak, Anda juga bisa melihat berbagai cara pengolahan buah salak.

Agrowisata Abian Salak Sebagai Upaya Menyejahterakan Hidup Petani

Agrowisata Abian Salak merupakan wisata agro milik swasta yang didirikan oleh pria Bali bernama I Nyoman Mastra. Latar belakang Nyoman Mastra dalam mendirikan wisata agro ini adalah keprihatinan terhadap nasib petani. Pada berbagai kesempatan, harga jual buah salak sangat merugikan mereka. Apalagi, ketika memasuki panen raya.

Agrowisata Abian Salak Karangasem 1 » Agrowisata Abian Salak Karangasem, Tempat Liburan Edukatif Menjelajah Kebun Salak
via Tokopedia

Harga jual yang rendah itu pun tidak sesuai upaya serta modal yang dikeluarkan selama proses penanaman buah salak. Apalagi, perawatan pohon salak bukanlah hal yang sulit. Ditambah lagi, buah salak merupakan buah yang memiliki tanaman berduri. Di samping itu, Nyoman Mastra juga mengajak para petani mengolah buah salak untuk meningkatkan nilai jualnya.

baca juga: Agrowisata Belayu Florist Tabanan, Destinasi Kekinian Berburu Foto Instagramable Kebun Bunga

Menariknya lagi, Nyoman Mastra merupakan sosok yang sangat kreatif. Sebagai buktinya, Nyoman Mastra dapat melakukan pengolahan hasil kebun salak secara maksimal. Bahkan, dari hasil perkebunan buah salak, Nyoman Mastra mampu memanfaatkan semua bagian dari pohon salak. Bisa dibilang, tidak ada bagian dari salak yang terbuang sia-sia.

Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan di Agrowisata Abian Salak Karangasem

Selama berkunjung ke Agrowisata Abian Salak, para wisatawan dapat mencoba berbagai aktivitas menarik. Aktivitas utama yang bisa Anda lakukan tentu saja adalah berkeliling kebun salak. Kebun ini memiliki ukuran yang luas, mencapai 1 hektare. Namun, aktivitas paling seru yang dapat Anda lakukan di Abian Salak adalah wisata kuliner. Menariknya lagi, wisata kuliner yang dapat Anda lakukan di sini sepenuhnya tersajikan dengan deretan makanan berbahan buah salak.

baca juga: Sustaining Lab Potato Head, Upaya Pengelolaan Sampah Mandiri oleh Kafe Kekinian yang Trendi

Di sini, Anda bisa menjumpai sajian berupa minuman kopi yang secara khusus dibuat dari biji salak. Sementara itu, bagian kulit salak bisa dimanfaatkan menjadi minuman teh. Sementara itu, pemanfaatan daging buah salak dapat dilakukan menjadi berbagai bentuk olahan. Anda bisa menemukan daging buah salak dibuat menjadi keripik, kurma salak, pia, minuman yang semanis madu, dan sebagainya.

Menariknya lagi, duri pohon salak yang terlihat tidak berguna juga bisa berguna dan bernilai secara ekonomi di tangan Nyoman Mastra. Duri salak, dimanfaatkannya menjadi produk berupa tusuk gigi. Tidak ketinggalan, Anda juga dapat menjumpai makanan olahan salak lainnya seperti embung salak yang diolah bersama dengan sayur paku. Seporsi wisata kuliner di sini, biayanya murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp75 ribu.

Untuk memperoleh pengalaman liburan yang menarik di Agrowisata Abian Salak, Anda dapat berkunjung secara langsung ke Desa Sibetan. Desa ini berada di kawasan dataran tinggi yang berada di lingkup Kabupaten Karangasem.


Like it? Share with your friends!