Air Terjun Blemantung Tabanan, Wisata Alam Indah di Bali yang Sejuk dan Menyegarkan

Air Terjun Blemantung Tabanan

Bagi anda yang bosan dengan keadaan hiruk pikuk yang ada di kota, maka cobalah untuk datang ke tempat wisata alam, salah satunya adalah Air Terjun Blemantung Tabanan. Jika anda hanya membayangkan Bali hanya memiliki pantai yang indah, maka anda salah. Karena Bali juga memiliki wisata alam yang menakjubkan lainnya seperti Air terjun Blemantung ini.

Air Terjun Blemantung berada di daerah daerah Tabanan. Tabanan dikenal memiliki beragam objek wisata yang menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun Blemantung inilah yang juga salah satu objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi ketika anda sedang berada di daerah Tabanan.

Air Terjun Blemantung Tabanan 2 1024x684 » Air Terjun Blemantung Tabanan, Wisata Alam Indah di Bali yang Sejuk dan Menyegarkan

via Putu Eka Jalan-Jalan

Panorama Air Terjun Blemantung Tabanan

Air terjun Blemantung memiliki keindahan panorama yang begitu menakjubkan dan menyenangkan mata. Seperti air terjun lainnya, Air Terjun Blemantung Tabanan juga berada di antara tebing-tebing tinggi. Dikelilingi dengan pepohonan dan tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Udara disekitar yang sejuk serta dinginnya air menjadikan hawa disekitar sini terasa segar.

Anda dapat melihat-lihat keindahan pemandangan disekitar sambil merasakan wajah anda yang terkena cipratan air terjun. Anda juga dapat mencoba segarnya air terjun dengan merendamkan diri di kolam yang ada di bawah air terjun. Dijamin berendam disana membuat badan anda terasa rileks.

Air Terjun Blemantung Tabanan 4 » Air Terjun Blemantung Tabanan, Wisata Alam Indah di Bali yang Sejuk dan Menyegarkan

via Bali Woow

Pada kawasan air terjun Blemantung ini sebenarnya terdapat tiga buah air terjun. Air terjun yang pertama dan yang paling tinggi terletak di dekat pura dengan ketinggian sekitar 50 meter. Sedangkan air terjun yang kedua lebih kecil terpisah sekitar 200 meter di bawah air terjun pertama. Untuk menuju ke air terjun kedua, anda perlu menyusuri sungai ke arah bawah.

Kemudian air terjun yang ketiga, untuk mencapai air terjun ini anda perlu mengambil arah ke kiri melewati sebuah jembatan miring. Setelah itu menyusuri jalan setapak di samping sebuah anak sungai hingga akhirnya tiba di bendungan irigasi Sabah Hulu. Letak air terjun ketiga ini berada di seberang bendungan tersebut.

Akses menuju ke air terjun Blemantung bisa dibilang tidak begitu sulit. Kondisi jalanan yang ada tidak begitu buruk untuk dilalui, sehingga saat menuju ke air terjun anda tidak terlalu kesulitan.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Blemantung Tabanan

Air Terjun Blemantung berlokasi di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 70 km dari kota Denpasar atau sekitar 2 jam perjalanan. Dari arah Denpasar anda dapat mengarahkan kendaraan anda menuju Tabanan/Gilimanuk. Anda tingga mengikuti Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk hingga kemudian anda sampai di pertigaan Desa Antosari.

Dari pertigaan tersebut, silahkan anda untuk belok ke arah kanan dan ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di Desa Pujungan. Begitu anda telah sampai di Desa Pujungan anda akan menemui petunjuk arah ke air terjun Blemantung di sebelah kanan jalan, beloklah kanan. Ikuti jalan tanah yang belum diaspal itu hingga kira-kira sekitar 1400 meter sampai tiba di dekat sebuah jembatan menanjak.

Perjalanan berlanjut, ketika anda telah memarkirkan kendaraan anda di dekat jembatan, dengan berjalan kaki sekitar 400 m melalu jalan setapak, menanjak diantara perkebunan kopi milik penduduk sekitar. Kondisi jalan setapaknya sudah dilapisi semen serta berundak-undak menyerupai tangga yang dilengkapi pula dengan pegangan pada tepiannya. Mungkin untuk masuk ke area air terjun ini anda tidak akan dikenai biaya masuk.

Seperti pada umumnya menuju ke air terjun, butuh perjalanan yang cukup panjang. Namun, panjangnya perjalanan tersebut akan terbayar dengan indahnya Air Terjun Blemantung. Dijamin, bakal merasa puas dengan keindahan pemandangan alami yang ditawarkan oleh salah satu air terjun terindah di Bali ini.