10 Air Terjun di Bali Paling Indah Wajib Kamu Kunjungi


Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai, alam dan budayanya saja. Dibalik keeksotisan pulaunya, Bali juga menyimpan banyak wisata air terjun yang indah. Air terjun di Bali bisa menjadi destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bali. 

Keindahan berbagai air terjun ini bahkan juga telah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Jumlah kunjungan ke lokasi wisata ini pun selalu meningkat setiap harinya, terlebih saat musim liburan tiba.

Daftar Referensi Air Terjun di Bali yang Wajib Dikunjungi

Berkunjung ke Bali jangan hanya berwisata ke pantainya saja. Bali punya banyak destinasi wisata yang sayang sekali jika dilewatkan. Termasuk salah satunya adalah air terjun di Bali yang mempesona. Ingin tahu air terjun apa saja yang ada di Bali? Inilah beberapa air terjun tersebut: 

1. Air Terjun Kanto Lampo

air terjun di Bali
(sumber gambar: Kintamani.id)

Air Terjun Kanto Lampo atau disebut juga dengan Kanto Lampo Waterfall adalah sebuah air terjun yang berada di dataran rendah. Alhasil untuk mencapai lokasi wisata ini cukup mudah. Keunikan dari air terjun ini adalah bentuknya yang berundak-undak.

Baca Juga: Kanto Lampo, Air Terjun Indah di Gianyar

Nama air terjun ini diambil dari hadirnya pohon yang tumbuh di sekitar sungai. Buah dari pohon itu selalu berubah warna mulai dari hijau, kuning dan ketika matang akan berubah menjadi merah. Air terjun ini dianggap suci oleh komunitas adat di sana.

Hal ini dikarenakan tempat tersebut dianggap tempat suci untuk upacara Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya. Lokasi air terjun di Bali ini berada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Bali. 

Untuk rutenya, jika berangkat dari Denpasar diperkirakan akan menempuh perjalanan sekitar 30 km dan berjarak 1 km dari Taman Kota Gianyar. Agar bisa mencapai lokasi dengan mudah bisa menyewa mobil atau motor yang banyak disediakan agen travel di sana.

2. Air Terjun Jembong

Air terjun Jembong merupakan salah satu objek wisata air terjun di Bali yang dapat dikunjungi. Keunikan air terjun ini telah menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung. Keunikannya adalah mungkin air terjun ini adalah satu-satunya objek wisata yang tertata di Bali.

Baca Juga: Air Terjun Jembong

Taman yang ada di sini penataannya dijaga dengan baik, mulai dari keindahan dan kebersihannya. Sesampai di sini wisatawan akan disambut dengan taman mini yang indah serta kolam ikan yang cantik. selanjutnya akan disambut oleh panorama air terjun yang menawan. Air terjun Jembong berada di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.  Terletak 15 km dari kawasan wisata Bedugul dan berjarak 65 km dari Denpasar. 

3. Air Terjun Nungnung

Air terjun ini terletak di Banjar Nungnung Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali dan berjarak sekitar 45 km dari kota Denpasar. Jika ingin berwisata ke tempat ini harus menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Bisa menggunakan mobil pribadi atau motor.

Baca Juga: Air Terjun Nungnung, Wisata Eksotis di Badung

Keistimewaan wisata air terjun ini adalah letaknya yang berada di dataran tinggi dengan debit air yang tinggi pula. Deburan airnya yang kencang menjadikannya semakin sejuk dan indah. Utamanya jika menyaksikannya saat pagi hari, cocok digunakan sebagai spot foto.

4. Air Terjun Aling-Aling

air terjun di Bali
(sumber gambar: Kintamani.id)

Salah satu destinasi wisata air terjun di Bali adalah Air Terjun Aling-Aling. Terletak Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Meskipun popularitasnya masih kalah dari Air Terjun Sekumpul atau Air Terjun Git-Git, tapi keindahan alamnya tetap cantik.

Baca Juga: Fakta Unik Air Terjun Aling-Aling

Ditambah dengan adanya perosotan air terjun, pastinya seru bermain di sini. Jam buka tempat wisata ini adalah mulai pagi hingga sore hari. Untuk masuk ke sini, para wisatawan tidak dipungut biaya sepeserpun.

5. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul terletak di Desa Sekumpul, Kec. Sawan, Kabupaten Buleleng. Berada sekitar 85 km dari bandara Ngurah Rai, terdapat beberapa pilihan rute yang bisa diambil wisatawan. Untuk mencapai lokasi air terjun harus naik turun melewati jalan setapak serta menyeberangi sungai.

Baca Juga: Air Terjun Sekumpul, Keindahan Tersembunyi di Buleleng

Oleh sebab itu, air terjun di Bali ini sangat istimewa karena lokasinya yang tersembunyi. Warga sekitar air terjun menamakannya demikian karena Sekumpul memiliki arti sekumpulan air terjun. Di sini memang terdapat banyak air terjun dengan pemandangan yang indah.

6. Air Terjun Jagasatru

Satu lagi air terjun di Bali yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Jagasatru yang berlokasi di di Dusun Puteh, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem. Lokasi wisata ini masih terlihat sangat alami karena belum mendapat sentuhan pembangunan sebagai penunjang fasilitas.

Baca Juga: Pesona Keindahan Air Terjun Jagasatru Karangasem

Tidak heran jika aura mistis dan spiritualnya kental terasa. Cocok sekali jika ingin melakukan meditasi atau mendapatkan ketenangan. Masih minim pembangunan, disarankan bagi wisatawan yang berkunjung untuk membawa bekal makanan dan minuman.

7. Air Terjun Ambengan

Berlokasi di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali, keberadaan air terjun ini sedikit tersembunyi dari keramaian pedesaan. Termasuk salah satu wisata air terjun paling indah di Buleleng, mulai terkenal setelah viral di media sosial.

Baca Juga: Air Terjun Ambengan Paling Indah di Buleleng

Keunikan Air Terjun Ambengan adalah aliran airnya yang sangat deras, tapi tidak terlalu tinggi sehingga terlihat menawan. Dari tempat parkir membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk bisa melihat keberadaan air terjun.

8. Air Terjun Pengempu

air terjun di Bali
(sumber gambar: Travelingyuk.com)

Air terjun di Bali lain yang direkomendasikan adalah yang berlokasi di Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Bernama Air Terjun Pengempu, wisata ini akan ramai kedatangan wisatawan saat akhir pekan.

Baca Juga: Air Terjun Pengempu

Air terjun ini akan menyuguhkan pemandangan yang sungguh menarik, tenang dan nyaman. Memiliki ketinggian hanya 15-20 meter saja, tetap tidak menghilangkan keindahannya. Sepanjang perjalanan menuju tempat ini pun pemandangannya tak kalah indah.

9. Air Terjun Blahmantung Tabanan

Air Terjun Blahmantung adalah termasuk salah satu air terjun yang juga ramai pengunjung. Terletak di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali, air terjun ini memiliki ketinggian 25 meter. Keindahan air yang mengalir berasal dari sela-sela tebingnya yang tinggi.

Baca Juga: Air Terjun Blahmantung, Air Terjun dengan Tinggi 25 Meter

Tidak hanya itu, Air Terjun Blahmantung juga dikelilingi perkebunan kopi dan cacao yang jauh dari pemukiman warga. Di sini terdapat tiga air terjun yang tidak kalah menarik. Pertama dekat dengan pura, kedua berada sekitar 200 meter dari air terjun pertama, sedangkan yang terakhir tidak berada dalam satu kawasan air terjun ini.

10. Air Terjun Tukad Cepung

Air terjun eksotis ini berlokasi di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Untuk bisa menikmati keindahan alam dan panorama yang memukau, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya, hanya membayar donasi sukarela untuk mengelola tempat wisata ini.

Baca Juga: Terjun Tukad Cepung, Air Terjun Eksotis dengan Panorama Memukau

Termasuk lokasi wisata air terjun Bali yang baru, oleh sebab itu belum ramai pengunjung. Fasilitas yang tersedia juga belum memadai. Begitu pula dengan akses jalannya yang sulit. Namun, setelah melihat keindahannya rasanya semuanya akan terbayar.

Itulah berbagai air terjun di Bali yang sayang untuk Anda lewatkan. Mengingat pulau Bali menyimpan keindahan alam tersembunyi yang beberapa belum terurus. Jika berkunjung ke lokasi wisata di atas jangan lupa untuk membawa bekal serta menjaga kesopanan demi keselamatan Anda dan selamat berlibur! 


Like it? Share with your friends!

Jarot Triguritno
Jarot is a content writer at Kintamani. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about travel

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *