Air Terjun Jembong Ambengan, Wisata Air Terjun dengan Nuansa Alami yang Tertata Rapi

Air Terjun Jembong Ambengan

Air Terjun Jembong Ambengan merupakan salah satu objek wisata di Bali yang dapat anda kunjungi. Air terjun yang satu ini memiliki daya tarik yang unik dan dapat anda jadikan destinasi liburan anda.

Ketika liburan di Bali mungkin anda selalu mengunjungi pantai saja. Untuk mengobati rasa bosan anda, anda dapat liburan dengan menikmati pemandangan dari air terjun. Air Terjun Jembong memiliki pemandangan alam yang mengesankan serta air yang begitu segar. Berada disini anda dapat merilekskan diri anda dengan berendam.

Daya Tarik Air Terjun Jembong Ambengan

Air Terjun Jembong sendiri mungkin menjadi satu-satunya objek wisata air terjun yang sangat tertata di Bali. Di kawasan wisata ini terdapat taman yang penataannya dijaga sangat baik, baik dari segi kebersihan dan keindahannya.

Ketika baru sampai akses masuk air terjun Jembong, anda akan disambut oleh taman mini yang indah. Terdapat juga beberapa kolam ikan yang semakin mempercantik taman mini tersebut. Tanaman yang ada ditata secara rapi.Air terjun Jembong ini dikelola bersama oleh penduduk yang ada di Desa Jembong.

Air Terjun Jembong Ambengan 1 » Air Terjun Jembong Ambengan, Wisata Air Terjun dengan Nuansa Alami yang Tertata Rapi

via Obyek Wisata Terlengkap

Setelah anda melewati jalan setapak berbatu sekitar 200 meter, selanjutnya untuk menuju ke air terjun terdapat dua alternatif jalan, anda dapat memilih jalan yang halus atau jalan tangga. untuk menuju ke lokasi utama dari air terjun ini anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga ekstra dan selanjutnya anda akan disambut oleh panorama air terjun yang menawan dan asri.

Aroma dari udara yang sejuk dan air yang segar benar-benar menjadikan diri anda tenang dan nyaman. Air terjun Jembong menawarkan kepada anda pemandangan asri, terdapat tanaman-tanaman tumbuh mengelilingi air terjun Jembong.

Air Terjun Jembong Ambengan memiliki keunikan, dimana biasanya air terjun berada di tebing tinggi dengan aliran air yang jatuh secara tegak. Namun, berbeda dengan air terjun Jembong, dimana air terjun ini terletak di dataran tanah yang miring dengan kemiringan lebih dari 75 derajat.

Air Terjun Jembong Ambengan 2 » Air Terjun Jembong Ambengan, Wisata Air Terjun dengan Nuansa Alami yang Tertata Rapi

via Punapi Bali

Air Terjun Jembong Ambengan memiliki dua tingkat, pada air terjun pertama memiliki tinggi sekitar 15 meter. Airnya tidak terjun secara bebas, melainkan mengalir di bebatuan dan dibawahnya terdapat kolam penampungan alami dengan kedalaman sekitar 1 meter.

Airnya yang jernih dan sebening kristal terasa begitu segar. Anda dapat merileksakan tubuh anda dengan berendam atau berenang di kolam tersebut. Di kawasan ini disediakan tempat untuk ganti baju, jadi bagi anda yang telah selesai berenang tidak perlu khawatir akan berganti pakaian.

Selain itu, bagi anda yang ingin bersantai terdapat juga tempat untuk bersantai. Disediakan bale-bale dimana anda dapat duduk santai sambil mengamati pemandangan yang ada atau ingin berkumpul dan mengobrol bersama teman anda.

Alam yang disuguhkan di kawasan air terjun Jembong begitu asri. Udaranya begitu bersih dan jauh dari polusi. Bagi anda yang berkunjung pastikan tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Di setiap sudut kawasan ini telah disediakan tempat sampah, jadi anda harus membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Lokasi Air Terjun Jembong Ambengan

Air terjun Jembong berada di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Lokasi air terjun dengan area parkir berjarak sekitar 200 meter. Letak air terjun Jembong berada di atas bukit, anda perlu menempuhnya dengan jalan kaki. Ketika sampai di pos tiket penjagaan, anda tidak akan diberi patokan harga untuk membayar sebuah tiket. Anda hanya perlu memberi sumbangan seikhlasnya.

Cara Menuju Air Terjun Jembong Ambengan

Untuk dapat menuju ke Air Terjun Jembong, tempat ini berjarak sekitar 15 km dari kawasan wisata Bedugul atau berjarak sekitar 65 km dari Denpasar. Apabila anda berangkat dari Denpasar, maka arahkan kendaraan anda menuju Bedugul/Singaraja.

Setelah melewati Bedugul, anda terus melanjutkan perjalanan ke arah Gitgit. Sekitar 4 km setelah air terjun Gitgit, anda akan melihat pertigaan dengan tikungan tajam ke arah kiri. Setelah belok kiri ikuti jalan tersebut hingga sejauh 4 km dan akan menemui lokasi air terjun Jembong.