Air Terjun Singsing Buleleng, Hadirkan Wisata Alam Indah yang Menyegarkan

Air Terjun Singsing Buleleng

Air Terjun GitGit memang begitu terkenal di Bali. Namun, Anda juga bisa menjumpai air terjun lain yang tak kalah indahnya. Air Terjun Singsing Buleleng adalah salah satunya. Tempat wisata ini menawarkan suasana alami yang tak hanya indah, tapi juga begitu menyegarkan. Apalagi, akses transportasi menuju ke tempat wisata alami ini juga sangat mudah.

Air Terjun Singsing Buleleng memang memiliki nama yang kurang begitu populer dibandingkan dengan air terjun lainnya di Bali. Apalagi, nama Air Terjun Singsing juga bisa dijumpai di tempat lainnya di Bali. Total, ada 2 air terjun lagi yang memiliki nama serupa, masing-masing berada di Desa Gunung Salak, Tabanan dan Desa Belimbing, Tabanan.

Air Terjun Singsing Buleleng 3 1024x678 » Air Terjun Singsing Buleleng, Hadirkan Wisata Alam Indah yang Menyegarkan

Nuansa Alami di Air Terjun Singsing Buleleng

Memasuki kawasan air terjun, suasana yang alami bakal begitu terasa. Karena tak begitu familier, tak heran kalau sangat sedikit pengunjung yang menyempatkan waktunya untuk singgah ke air terjun ini. Namun, bisa dipastikan, Anda tak akan merasa kecewa dengan suguhan pemandangan yang dapat disaksikan di Air Terjun Singsing ini.

Ketinggian air terjun Buleleng yang satu ini memang tak begitu tinggi. Namun, keindahannya bukan terletak pada ketinggian air terjunnya. Air terjun ini memiliki struktur sebagai air terjun bertingkat. Total, ada 2 tingkat air terjun yang bisa Anda saksikan selama berada di sini.

Air Terjun Singsing Buleleng 2 » Air Terjun Singsing Buleleng, Hadirkan Wisata Alam Indah yang Menyegarkan

Jarak antara masing-masing tingkatan air terjun juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 100 meter. Jadi, Anda bisa menghabiskan waktu untuk berkunjung ke keduanya. Kedua air terjun tersebut, secara total memiliki ketinggian hanya sekitar 12 meter.

baca juga: Air Terjun Sekumpul Buleleng, Keindahan Tersembunyi di Bali

Suara gemericik air yang bisa dijumpai di sini juga bakal terasa begitu menenangkan hati. Anda bisa menghabiskan waktu untuk berendam di area kolam yang ada di bagian bawah air terjun. Aktivitas berendam semakin asyik ketika Anda mendengarkan suara musik alami berupa kicauan burung yang ada di sekitar air terjun.

Pemandangan di sekitar air terjun memang masih sangat alami. Anda bisa mendapati keberadaan pohon rindang yang mengelilingi air terjun. Karena itu, Anda bisa berendam di sini dengan tanpa harus terpancar sinar matahari secara langsung. Bakal adem, deh!

baca juga: Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Wisata Alam yang Instagramable Banget

Selama berada di sini, Anda memang tak akan menemukan fasilitas pendukung yang komplet. Namun, keterbatasan tersebut membuat suasana alami di air terjun ini terus terjaga. Sebagai tambahan, Anda juga akan kesulitan untuk menjumpai hotel yang berada dekat dengan wisata air terjun. Jadi, pastikan untuk mencari hotel yang agak jauh dari sini.

Lokasi Air Terjun Singsing Buleleng

Untuk menuju lokasi Air Terjun Singsing Buleleng, caranya sangat mudah. Air terjun ini berada di kawasan Desa Temukus, Kecamtan Banjar, Kabupaten Buleleng. Jarak antara air terjun dengan pusat Kota Singaraja juga sangat dekat, hanya 13 km.

baca juga: Air Terjun Jembong Buleleng, Wisata Alam Wajib untuk Para Pencinta Air Terjun

Untuk masuk ke area air terjun, Anda juga harus waspada terhadap tindakan tak menyenangkan yang dilakukan oleh oknum warga setempat. Menurut pengakuan wisatawan asing yang datang ke tempat ini lewat TripAdvisor, ada beberapa orang yang bakal memaksa para pengunjung membayar tur dengan biaya mencapai Rp200 ribu sampai Rp300 ribu. So, waspada ya.

Foto via Anything Bali