Air Terjun Sumampan Gianyar, Destinasi Kekinian yang Menjadi Favorit Generasi Muda

Air Terjun Sumampan Gianyar

via instagram.com/mustafa_magdy

Gianyar dengan keindahan alam yang dimilikinya, selalu membuat para wisatawan berdatangan. Keindahan alam yang dimiliki oleh Gianyar tidak hanya bisa dijumpai di wilayah Ubud. Anda juga dapat menemukan pesona tak kalah menariknya di lokasi lain. Salah satunya adalah dengan menyaksikan panorama Air Terjun Sumampan Gianyar yang saat ini ramai dikunjungi oleh para generasi muda.

Air Terjun Sumampan Gianyar 1 » Air Terjun Sumampan Gianyar, Destinasi Kekinian yang Menjadi Favorit Generasi Muda

via instagram.com/dedik_armawann

Air terjun ini merupakan sebuah destinasi baru yang kini popularitasnya mengalami peningkatan. Apalagi, saat di sini Anda bisa menemukan suasana air terjun yang eksotis. Anda bisa mendapati adanya air terjun setinggi 15 meter yang dikelilingi oleh tumbuhan liar di kanan kirinya. Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan keunikan pada keberadaan batu-batu dengan ukiran unik di sekitar air terjun.

Air Terjun Sumampan di Gianyar Ternyata adalah Air Terjun Buatan

Air Terjun Sumampan Gianyar 2 » Air Terjun Sumampan Gianyar, Destinasi Kekinian yang Menjadi Favorit Generasi Muda

via instagram.com/mustafa_magdy

Berbeda dengan air terjun lain di Bali, Air Terjun Sumampan merupakan sebuah air terjun yang keberadaannya bisa tercipta dengan bantuan tangan manusia. Aliran air yang berada di air terjun ini, merupakan air yang bersumber dari irigasi sawah milik warga. Dengan sumber air yang berasal dari sawah, Anda akan menemukan kalau air yang ada di Air Terjun Sumampan terlihat jernih dan bersih.

baca juga: Sate Ayam Babi Oka Bali, Warung Makan Spesalis Sate yang Enak di Pulau Dewata

Selain itu, keberadaan air terjun ini juga tidak lepas dari aktivitas pengerukan batu padas yang sempat dilakukan oleh masyarakat setempat beberapa waktu lalu. Pengerukan tersebut berlangsung cukup lama, sehingga membentuk tebing yang kini bisa ditemukan berada di sebelah timur dari Tukad Petanu. Karena pengerukan tersebut, ketinggian tebing yang tercipta mencapai belasan meter.

Pengerukan ini kemudian dianggap ilegal oleh pemerintah dan dihentikan secara paksa. Di waktu yang sama, dulunya sudah ada aliran air irigasi yang berasal dari sawah. Hanya saja, waktu itu ketinggiannya hanya 2 meter. Namun, seiring dengan kemunculan tebing akibat pengerukan, terciptalan Air Terjun Sumampan yang punya ketinggian mencapai 15 meter.

Keunikan Air Terjun Sumampan Bali

Sebagai air terjun yang tercipta karena campur tangan manusia, Anda akan menjumpai kalau tempat ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lain. Keunikan tersebut bisa dilihat pada batu-batu berukuran besar yang ada di bawah air terjun. Terlihat batu-batu itu memiliki pola ukiran unik yang kerap menarik perhatian para wisatawan.

Air Terjun Sumampan Gianyar 3 » Air Terjun Sumampan Gianyar, Destinasi Kekinian yang Menjadi Favorit Generasi Muda

Ukiran-ukiran tersebut merupakan hasil karya dari seniman setempat yang bernama Nyoman Retana, dibuat pada sekitar tahun 2018. Nyoman Retana sengaja mengukir batu-batu di sekitar air terjun dengan ukiran berbentu topent yang unik. Tujuan pembuatan ukiran itu sangat sederhana, yakni agar bisa menarik perhatian wisatawan.

Tujuan tersebut kemudian memperoleh hasil yang positif. Saat ini, para wisatawan benar-benar tertarik dan ramai berkunjung ke Air Terjun Sumampan. Ukiran topeng buatan Nyoman Retana, menjadi salah satu daya tarik para wisatawan. Keberadaan ukiran-ukiran tersebut, menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto selfie yang menarik.

Lokasi Air Terjun Sumampan Gianyar

Tempat wisata alami terbaru di Gianyar ini bisa Anda temukan berada di wilayah Desa Kemenuh yang ada di Kecamatan Sukawati. Untuk menuju ke sini sangat mudah, karena kondisi jalanan yang bagus, bisa dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat. Bakal unik, lho kalau berfoto selfie dengan latar belakang air terjun kekinian ini!