Air Terjun Wana Ayu Sukasada, Wisata Alam Tersembunyi di Buleleng

Air Terjun Wana Ayu Sukasada

Bagi anda yang sedang ingin mencari tempat liburan yang dekat dengan alam, maka anda bisa datang ke Air terjun Wana Ayu yang ada di Pulau Bali. Bali tidak hanya dkenal memiliki pantai yang indah saja, melainkan di Bali juga banyak wisata air terjun yang bisa anda kunjungi, dan salah satunya adalah Air Terjun Wana Ayu Sukasada.

Air Terjun Wana Ayu Sukasada berada di kawasan Bali Utara, tepatnya di Kabupaten Buleleng. Anda mungkin kurang familiar dengan air terjun ini, air terjun Wana Ayu sendiri juga belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Letak dari air terjunnya sendiri bisa dibilang cukup tersembunyi. Keindahan yang dimiliki air terjun  Wana Ayu tidak kalah dengan air terjun lainnya yang terkenal di Bali.

Air Terjun Wana Ayu Sukasada 2 » Air Terjun Wana Ayu Sukasada, Wisata Alam Tersembunyi di Buleleng

via Bali Tours Club

baca juga: Gak Hanya Pantai, 7 Air Terjun di Bali ini Suguhkan Pemandangan yang Mengagumkan Lho!

Air terjun Wana Ayu memiliki tinggi kurang lebih 35 meter. Debit airnya pun cukup besar. Airnya yang jernih dan segar turun deras ke kolam yang ada di bawahnya. Kolam yang ada dibawah air terjun ini begitu menggoda, membuat siapapun yang melihat ingin masuk dan merendamkan diri merasakan kesegarannya. Tinggi air yang ada di kolamnya hanya sebatas pinggang orang dewasa. Anda dapat berenang merasakan segarnya air terjun yang sumbernya berasal dari pegunungan ini.

Panorama di sekitar air terjun Wana Ayu juga benar-benar memanjakan mata. Tebingnya yang tinggi dan juga terdapat semak-semak serta pepohonan hijau. Pastinya alam yang ada di sekitar masih asli dan asri. Indahnya pemandangan sekitar pas sekali jika anda gunakan sebagai tempat untuk berselfie. Air Terjun Wana Ayu ini dikelola oleh sebuah keluarga yang tinggal dekat dengan lokasi air terjun, yaitu Wayan Sudami. Keluarga dari Wayan Sudami ini yang pertama kali menemukan Air Terjun Wana Ayu Sukasada.

baca juga: Air Terjun Aling-Aling Buleleng, Air Terjun Unik dan Menarik di Bali

Mereka juga yang merawat dan membersihkan lokasi air terjun, selain itu keluarga ini juga membuatkan akses jalan menuju tempat air terjun. Keluarga Wayan Sudami pun juga tidak mematok harga yang pasti bagi para pengunjung yang datang. Para pengunjung cukup memberikan sumbangan sukarela. Air terjun Wana Ayu ini juga sering digunakan oleh para warga untuk kegiatan melukat atau mandi dengan air suci. Karena para warga mempercayai bahwa air terjun Wana Ayu mempunyai air yang suci.

baca juga: Air Terjun Jembong Buleleng, Wisata Alam Wajib untuk Para Pencinta Air Terjun

Lokasi Air Terjun Wana Ayu Sukasada

Bagi anda yang tertarik ingin datang juga ke air terjun Wana Ayu ini, maka anda bisa langsung menuju ke lokasinya. Lokasi air terjun Wana Ayu ini berada di Dusun Runuh Kubu, Desa Padang Bulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Akses menuju ke lokasi air terjun anda perlu untuk melewati anak tangga dan jalan setapak.

Saat musim hujan anda harus menyiapkan energi ekstra, meskipun telah dibangun tangga, ketika anda melewatinya anda juga harus berhati-hati. Karena medannya cukup terjal dan licin. Walaupun seperti itu, semua lelah perjalanan anda akan terbayar oleh keindahan air terjun Wana Ayu. Bagi anda yang merupakan pecinta alam atau penyuka kegiatan berpetualang, berkunjung ke air terjun Wana Ayu ini juga sangat cocok.