Air Terjun Yeh Pikat, Destinasi Wisata Air Terjun Mini yang Cantik di Desa Taro

Air Terjun Yeh Pikat

via Pande Tresna

Keindahan alam Desa Wisata Taro memang begitu memesona. Desa dengan nilai sejarah tinggi ini memiliki begitu banyak spot yang layak menjadi destinasi wisata populer. Air Terjun Yeh Pikat merupakan salah satu bukti keindahan alam yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Desa Taro di Gianyar.

Air Terjun Yeh Pikat 1 1024x680 » Air Terjun Yeh Pikat, Destinasi Wisata Air Terjun Mini yang Cantik di Desa Taro

via Desa Taro

Yeh Pikat merupakan sebuah air terjun berukuran mini yang menawarkan pemandangan cantik. Anda akan menjumpai sebuah air terjun dengan ketinggian tak lebih dari 6 meter di sini. Meski begitu, penampilan dari air terjun mini tersebut begitu cantik dengan keberadaan tebing batu yang mengapitnya.

Bentuk air terjun yang cantik dengan dikelilingi tebing batu, membuat Air Terjun Yeh Pikat menjadi lokasi menarik berburu foto. Aliran air yang ada di air terjun ini juga tidak terlalu deras. Dengan begitu, Anda dapat berkunjung ke tempat wisata alam ini dengan aman.

Air Terjun Yeh Pikat Desa Taro Sebagai Sumber Mata Air Penyembuhan

Mata air yang satu ini bukan sekadar sumber mata air biasa. Masyarakat Desa Taro menganggap Yeh Pikat sebagai sebuah mata air yang spesial. Bahkan, mereka beranggapakn kalau air yang bisa didapatkan di tempat ini memiliki kemampuan dalam menyembuhkan berbagai tipe penyakit. Di waktu yang sama, air dari Yeh Pikat juga memiliki fungsi sebagai sarana penyucian.

baca juga: Serunya Pengalaman Naik Gajah di Taro Elephant Safari Park Ubud

Dengan fungsi yang begitu penting tersebut, tidak heran kalau Yeh Pikat kerap menjadi tempat pelaksanaan ritual serta upacara keagamaan masyarakat setempat. Salah satu tradisi yang kerap melibatkan air suci dari Yeh Pikat adalah ketika proses kremasi mayat. Ritual penyucian mayat pada proses kremasi, yang disebut dengan memanah dilakukan dengan membersihkan mayat di aliran sungai ini.

baca juga: Lembah Bidadari Ubud, Destinasi Wisata Tersembunyi Bali yang Begitu Menyegarkan

Air Terjun Yeh Pikat 2 » Air Terjun Yeh Pikat, Destinasi Wisata Air Terjun Mini yang Cantik di Desa Taro

via Pande Tresna

Proses penyucian mayat yang akan dikremasi tersebut biasanya disertai dengan permainan alat musik tradisional, seperti gong serta angklung. Ketika sudah menjalani proses penyucian di Sungai Yeh Pikat, maka mayat yang akan dikremasi dianggap sudah suci dan siap menyatu dengan sumber segala kehidupan, “Ida Sanghyang Widhi Wasa”.

Fakta menarik lain yang bisa dijumpai terkait efek penyembuhan dari Air Terjuh Yeh Pikat adalah karena mata air di sini merupakan mata air campuhan. Artinya, Yeh Pikat merupakan tempat bertemunya 2 aliran sungai. Pada titik pertemuan antara dua aliran sungai itu, masyarakat Bali percaya kalau air di sana punya kemampuan magis dalam membersihkan unsur spiritual manusia.

baca juga: Desa Wisata Taro, Wisata Budaya ke Desa Tertua di Pulau Dewata

Dengan kemampuannya dalam membersihkan tubuh dari unsur negatif, maka air yang ada di air terjun ini dapat membantu tubuh seseorang dalam mengumpulkan energi positif. Dengan fungsi yang begitu penting seperti itu, tidak heran kalau air yang berasal dari Yeh Pikat Waterfall ini memiliki peran lebih dari sekadar sumber mata air biasa bagi warga Desa Taro.

Lokasi Air Terjun Yeh Pikat Desa Taro

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Yeh Pikat, dapat terlebih dahulu mengarahkan kendaraan ke Desa Taro di Gianyar. Dari lokasi desa, Anda dapat menuju ke Sungai Yeh Pikat yang dapat dijangkau cukup dengan berjalan kaki. Selanjutnya, Anda perlu berjalan kaki kembali menuju ke sebuah tebing yang menjadi lokasi keberadaan Yeh Pikat Waterfall.